Cara Convert PDF ke Gambar Menggunakan Nitro Pro

2657

Ada kalanya anda memiliki sebuah berkas yang menggunakan format pdf. Dokumen pdf tersebut bisa berupa file dokumen penting seperti Ijazah, Akta Kelahiran, Sertifikat, dll atau bisa juga berupa dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan anda. Adanya soft file tersebut tentu saja akan sangat membantu dalam setiap pengurusan administrasi, karena tidak perlu lagi repot membawa hard file nya. Namun bagaimana jika terdapat keperluan dimana yang dibutuhkan adalah file gambar dari berkas tersebut, bukannya file pdf.

Banyak keperluan yang bisa saja mengharuskan anda memiliki file gambar dari file dokumen tersebut. Misalnya saja, untuk keperluan pendaftaran atau registrasi online yang mengharuskan mengupload file gambar dokumen yang dibutuhkan, tentu saja anda tidak mungkin menggunakan file pdf tersebut. Beberapa orang mungkin akan menyiapkan hal ini pada saat melakukan Scan dokumen, yaitu melakukan Scan dalam format pdf dan gambar (misalnya .jpg).

Tetapi, yang jadi masalah adalah ketika anda tidak pernah melakukan scan dalam format gambar terhadap dokumen yang dibutuhkan tersebut. Sementara untuk melakukan scanning ulang sangat tidak memungkinkan. Maka, jalan satu-satunya adalah anda harus mengubah format dokumen pdf tersebut menjadi gambar atau melakukan convert jpg ke gambar.

Convert PDF ke Gambar Menggunakan Nitro Pro

Untuk dapat melakukan convert pdf ke gambar, caranya sebenarnya sangatlah mudah dan tidak butuh waktu lama. Namun, agar dapat melakukan convert pdf ke gambar maka anda membutuhkan software tambahan. Salah satu software yang bisa anda gunakan adalah software Nitro Pro. Maka dari itu sebelum anda melanjutkan cara ini, pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah menginstall Nitro Pro pada PC/laptop yang digunakan.

Jika pada PC/Laptop yang anda gunakan sudah terpasang Nitro Pro, maka selanjutnya adalah siapkan file pdf yang akan diubah formatnya menjadi gambar. Jika sudah siap silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1

Silahkan buka atau jalankan Nitro Pro pada PC/Laptop anda. Pada jendela utama, silahkan klik tab Convert, lalu klik To Image.

Langkah 2

Pada jendela Convert PDF to Images yang muncul, silahkan klik Add Files… untuk menambahkan file pdf yang akan diubah menjadi gambar.

Langkah 3

Pada jendela open silahkan cari dan klik dokumen pdf yang hendak anda ubah menjadi gambar, lalu klik Open.

Langkah 4

Maka anda akan kembali ke jendela Convert PDF to Images, disini anda bisa memilih halaman mana saja yang ingin diconvert ke gambar dengan klik Choose Pages. Kemudian pada jendela Select Page yang muncul silahkan klik opsi Pages lalu ketikkan nomor halaman yang diinginkan. Jika anda ingin convert semua halaman, maka abaikan saja langkah ini.

Langkah 5

Kembali ke jendela Convert PDF to Images, pada frame conversion settings, silahkan ubah format gambar yang diinginkan pada bagian Image Format (Misalnya JPEG) dan bisa juga mengubah DPI (Disarankan menggunakan Keep Original DPI). Selain itu anda juga bisa memilih lokasi penyimpanan file hasil convert yang berbeda dengan penyimpanan file asli pada bagian Output. Setelah itu silahkan klik Convert untuk memulai proses convert pdf ke gambar. Silahkan tunggu sampai proses convert pdf ke gambar selesai.

Langkah 6

Anda akan melihat hasilnya berupa gambar yang jumlahnya sebanyak jumlah halaman file pdf yang diconvert. Misalnya saja pada artikel ini dilakukan convert semua halaman file pdf yang terdiri dari 5 halaman, maka sebagai output akan dihasilkan 5 buah gambar, dimana masing-masing gambar berisi masing-masing halaman.

Itulah cara mudah melakukan convert pdf ke gambar yang bisa anda lakukan dengan cepat. Jadi anda tidak perlu melakukan Scan ulang atau menyiapkan dua atau lebih format file tersebut. Sehingga anda bisa menyelesaikan proses registrasi atau apapun yang membutuhkan file dokumen gambar tersebut tanpa merasa kerepotan.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here