Cara Download dan Install Microsoft Visio 2010 di Windows

1
92

Cara download dan install Microsoft Visio 2010 di Komputer Windows

Jika anda sedang memerlukan software yang ringan dan bisa digunakan untuk gambar diagram, flowchart, skema jaringan, dan sejenisnya, maka silahkan gunakan Microsoft Visio 2010. Tapi, seperti perangkat lunak pada umumnya, anda harus install Visio 2010 di Komputer Windows jika ingin menggunakannya.

Sama seperti Microsoft Office yang memiliki banyak versi, Visio juga memiliki banyak versi. Hal ini karena Visio sendiri merupakan bagian dari Microsoft Office yang tentu mengikuti versi Office juga. Salah satu versi Visio yang sangat ringan dan bisa anda gunakan untuk menggambar dan membuat diagram adalah Visio 2010.

Versi terbaru Visio seperti Visio 2013, 2016, atau 2019 memang lebih modern dan memiliki banyak fitur. Namun, Visio 2010 ini juga sudah cukup kalau hanya digunakan untuk menggambar diagram, flowchart, dan sejenisnya. Apalagi jika Laptop / Komputer anda memiliki spesifikasi yang standar, maka paling lancar jika menggunakan Visio 2010 ini. Terlebih lagi jika anda sudah terbiasa menggunakan Office 2010, tentu juga harus menggunakan Visio 2010 karena tampilannya sama.

Cara Download dan Install Office 2010 Gratis di Windows

Microsoft Visio 2010 merupakan bagian dari Office 2010, namun tidak termasuk dalam paket penginstall Office 2010. Jadi, meskipun anda sudah menginstall Office 2010, pada Komputer tersebut tidak akan terdapat Visio 2010, layaknya Word, Excel, Power Point, dan lainnya.

Jadi, jika anda ingin menggunakan program Microsoft Visio 2010, maka anda harus menginstallnya secara terpisah. Tapi, jika ingin menginstall software ini, tentu saja anda harus memiliki file master Visio 2010.

Download File Installer Microsoft Visio 2010 Gratis

Sama seperti perangkat lunak Windows pada umumnya, jika anda ingin menginstall Visio 2010, tentu harus punya file installernya. Jika anda belum memiliki file master installer Visio 2010, maka anda bisa mendownloadnya secara gratis.

Baca Juga :
Cara Download dan Install Microsoft Office 2010 di Windows

Untuk mendownload file master Visio 2010 anda tidak perlu repot mencarinya di internet. Langsung saja klik disini untuk mendownload file master installer Microsoft Visio 2010. Setelah anda mendownload file tersebut, maka anda sudah bisa memasuki tahapan instalasi.

Menginstall Microsoft Visio 2010 di Laptop Windows

Jika anda sudah memiliki file master Microsoft Visio 2010 pada penyimpanan Komputer yang digunakan, maka anda sudah bisa menginstallnya. Proses install ini tidaklah sulit, hampir sama saja dengan cara menginstall Office 2010.

Jadi, jika sebelumnya anda sudah pernah menginstall Office 2010, maka pasti cara berikut akan familiar. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstall Visio 2010 di Laptop atau PC Desktop yang digunakan.

Langkah pertama adalah silahkan anda buka File Explorer kemudian cari file master Visio 2010 yang sudah anda download. Jika sudah ketemu, silahkan ekstrak file rar master Visio tersebut.

Setelah itu, silahkan buka folder hasil ekstrak dan didalamnya anda akan menemukan file installer Visio 2010 beserta serial numbernya. Untuk memulai proses install, silahkan jalankan file Visio 2010 dengan cara klik kanan kemudian klik Run as administrator. Kemudian, pada jendela User Account Control, silahkan klik tombol Yes.

Jalankan file setup Visio 2010

Pada jendela setup yang terbuka, pertama-tama anda akan diminta untuk memasukkan product key atau serial number. Untuk mendapatkan product key, silahkan buka file serial number yang ada di dalam folder hasil ekstrak. Kemudian, Copy 25 digit kode product key yang ada di dalam file tersebut dan Paste pada kolom product key di jendela setup Visio 2010.

Setelah itu, silahkan tunggu proses validasi product key yang anda masukkan. Kemudian hilangkan centang pada bagian checkbox Attempt to automatically activate my product online. Kalau sudah, silahkan klik tombol Continue untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Baca Juga :
Cara Download Office 2016 Gratis dari Server Microsoft

Masukkan product key Visio 2010

Pada jendela Read the Microsoft Software License Terms, silahkan centang checkbox I accept the terms of this agreement. Setelah itu, klik Continue untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Persetujuan lisensi Visio 2010

Selanjutnya, pada jendela Choose the installation you want, silahkan klik Install Now untuk memulai proses install.

Memulai proses install Visio 2010

Setelah itu, proses install Microsoft Visio 2010 akan berlangsung, jadi silahkan tunggu hingga prosesnya selesai.

Proses install Microsoft Visio 2010 sedang berlangsung

Setelah proses install selesai, maka silahkan klik tombol Close pada halaman yang muncul untuk menutup jendela setup Visio 2010.

Visio 2010 sudah selesai terinstall

Sekarang anda sudah bisa membuka dan menggunakan program Microsoft Visio 2010 karena sudah terinstall di Komputer anda.

Visio 2010 sudah bisa digunakan

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Menginstall Visio 2010?

Setelah anda menginstall Microsoft Visio 2010 di Laptop / Komputer Windows yang digunakan, maka anda masih harus melakukan satu hal penting. Anda tidak boleh melewatkan untuk melakukan aktivasi Visio 2010.

Jika anda tidak melakukan aktivasi Visio 2010, maka program tersebut hanya bisa digunakan dalam masa trial selama beberapa hari. Setelah itu anda tidak akan bisa lagi menggunakannya untuk menggambar diagram dan menyimpannya. Selain itu, setiap kali anda membuka program tersebut akan selalu diminta untuk melakukan aktivasi.

Untuk mengaktivasi Visio 2010, anda bisa melakukan cara yang sama saat mengaktifkan Office 2010. Jadi, silahkan ikuti tutorial aktivasi Office 2010 untuk mengaktivasi Visio 2010 tersebut.

Setelah anda melakukan aktivasi, maka anda sudah bisa menggunakan program Visio 2010 tersebut secara permanen. Anda juga tidak akan lagi terganggu dengan jendela permintaan aktivasi yang muncul terus-menerus.

Penutup

Itulah cara mudah download dan install Microsoft Visio 2010 di Laptop atau Komputer Windows. Jadi, jika anda membutuhkan software Visio yang ringan, maka silahkan gunakan cara di atas untuk menginstallnya.

Baca Juga :
Cara Download Visio 2013 Gratis dari Server Microsoft

Meskipun termasuk program yang sudah jadul, tapi Visio 2010 masih dapat dijalankan pada sistem operasi Windows terbaru. Jadi, anda bisa menginstallnya pada Komputer dan Laptop manapun, baik itu yang menggunakan Windows 7, Windows 8.1, ataupun Windows 10.

1 KOMENTAR

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda