Cara Konversi PDF ke Word Tanpa Software Khusus

794

Cara mudah konversi pdf ke Word tanpa software khusus

Saat ini penggunaan file dokumen sudah menjadi hal yang sangat umum dan dapat ditemukan dimana saja. File dokumen digunakan sebagai media untuk bertukar informasi, media penyimpanan hasil tulisan, maupun untuk keperluan lain. Salah satu format file dokumen yang sering digunakan adalah format PDF.

Pada era digital yang sangat pesat perkembangannya, penggunaan e-book yang menggunakan format pdf sudah sangat sering digunakan. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab meningkatnya kepopuleran format dokumen pdf. Alasan lain yang membuat orang lebih memilih menyimpan dokumen dalam format pdf dibanding format lain adalah karena bentuknya yang simpel dan juga menarik. Selain itu, isi atau konten dari dokumen pdf tidak akan berubah meskipun dibuka pada perangkat atau software pembaca pdf yang berbeda.

Namun, dibalik kemudahan dan daya tarik yang ditawarkan pada penggunaan dokumen pdf, terdapat juga kekurangan. Jika anda menyimpan dokumen dalam format pdf, maka anda hanya bisa melakukan copy-paste terhadap isi dokumen tersebut. Anda tidak akan bisa mengedit atau mengubah isi dokumen pdf secara langsung, baik itu sebagian maupun secara keseluruhan. Namun jangan khawatir, anda bisa mengedit isi dokumen pdf setelah melakukan konversi pdf ke Word.

Jika anda hendak melakukan konversi pdf ke Word, maka sebenarnya anda tidak perlu melakukan persiapan khusus, termasuk tidak perlu menginstall software khusus pada Laptop yang digunakan. Anda bisa melakukan konversi pdf ke Word tanpa software yang memiliki fungsi khusus.

Melakukan Konversi PDF ke Word Tanpa Software Khusus

Untuk melakukan konversi pdf ke Word, sebenarnya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Anda bisa menggunakan software yang sudah pasti tersedia pada Laptop Windows dan tidak perlu menginstall software tambahan. Selain itu, anda juga bisa mengubah file pdf ke Word menggunakan tool online (convert pdf to word online).

1. Konversi PDF ke Word Menggunakan Microsoft Word

Jika anda hendak melakukan konversi pdf ke Word menggunakan software Microsoft Word yang sudah terinstall pada Laptop anda, maka anda harus memastikan satu hal. Hal tersebut adalah, pastikan bahwa Microsoft Word yang anda gunakan adalah versi 2013 keatas (2013, 2016, atau yang lebih baru). Hal ini karena jika anda menggunakan Microsoft Word 2010 kebawah, fitur konversi pdf ke Word belum tersedia. Jika anda sudah menggunakan versi 2013 keatas, anda bisa simak langkah-langkah cara pertama berikut. Namun, jika sebaliknya silahkan anda coba gunakan cara yang kedua.

Silahkan buka Microsoft Word 2013 atau Microsoft Word 2016 yang terdapat pada Laptop Windows anda.

Pada halaman pertama jendela Microsoft Word, anda akan disuguhkan dengan tampilan default Microsoft Word. Pada halaman ini silahkan klik Open Other Documents pada panel kiri.

Membuka dokumen pdf yang akan diubah ke Word

Pada jendela yang muncul, silahkan anda cari dan pilih file dokumen pdf yang hendak dikonversi ke Word. Setelah itu, silahkan klik Open.

Memilih file pdf yang akan dikonevert

Selanjutnya akan muncul jendela pop-up, pada intinya pop-up tersebut meminta anda untuk memberikan persetujuan konversi pdf ke Word agar bisa di edit, silahkan klik Ok.

Menyetujuti proses konversi ke Word

Terakhir, silahkan tunggu hingga proses konversi selesai. Jika sudah selesai, dokumen pdf tadi akan muncul pada halaman dokumen Word yang bisa anda edit layaknya dokumen Word pada umumnya.

Konversi pdf ke Word berhasil

Proses konversi pdf ke Word akan berlangsung lama, namun bisa juga sangat singkat tergantung ukuran file pdf yang dikonversi. Semakin besar ukuran file pdf yang dikonversi, maka semakin lama juga prosesnya. Setelah anda mengedit isinya, anda bisa menyimpannya ke format doc/docx atau menyimpannya kembali ke format pdf.

2. Konversi Online Menggunakan Google Docs

Jika sebelumnya anda hendak menggunakan Microsoft Word untuk konversi pdf ke Word, tetapi versi Word yang digunakan adalah 2010ke bawah, maka tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan. Solusi alternatif yang bisa anda gunakan adalah dengan melakukan konversi secara online menggunakan Google Docs.

Hal yang harus anda miliki jika hendak menggunakan cara kedua ini adalah browser pada Laptop dan koneksi internet. Jika syarat sudah terpenuhi, silahkan ikuti langah-langkah berikut.

Silahkan buka Google Docs pada browser anda. Jika anda belum login maka silahkan login menggunakan akun Google terlebih dahulu.

Pada tampilan pertama, akan muncul halaman awal google docs. Pada halaman ini, silahkan klik Open file picker (ikon Folder).

Konversi pdf ke Word menggunakan Google Docs

Pada jendela Open a file yang muncul, silahkan klik tab Upload kemudian klik Select a file from your computer.

Upload file pdf

Selanjutnya, silahkan pilih dokumen pdf yang hendak diubah ke Word. Kemudian klik Open.

Memilih pile pdf yang ingin dikonversi

Tunggu hingga proses upload dokumen pdf selesai. Jika sudah selesai dan dokumen tersebut terbuka di Google Drive, silahkan klik Open with Goole Docs.

Membuka pdf di Google Docs

Pada halaman Google Docs yang berisi dokumen pdf yang telah dikonversi, silahan klik File > Download as > Microsoft Word (.docx). Kemudian tunggu hingga proses download selesai.

Menyimpan pdf sebagai dokumen Word

Selanjutnya, anda bisa membuka dan mengedit file yang terdownload tadi menggunakan Microsoft Word.

Selain menggunakan Google Docs, masih banyak tool online lain yang bisa anda gunakan untuk mengubah format dokumen pdf ke Word agar bisa diedit. Misalnya saja, anda bisa melakukan konversi online pdf ke Word menggunakan Hipdf. Yang jelas, kecepatan proses konvert akan sangat bergantung pada kecepatan koneksi internet yang anda miliki.

Itulah cara konversi pdf ke Word yang bisa anda lakukan tanpa install software khusus. Anda bisa menggunakan Microsoft Word untuk konversi secara offline, atau bisa juga menggunakan Google Docs untuk konversi online. Silahkan anda pilih sesuai kebutuhan dan yang dianggap lebih mudah.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here