Solusi Jika Aktivasi Microsoft Office Pakai CMD Gagal

0
5943

cara mengatasi gagal aktivasi office dengan mengganti microsoft office

Proses aktivasi Microsoft Office tentu sangat penting agar anda bisa terus menggunakannya. Jika tidak diaktivasi, maka anda hanya akan bisa menggunakan aplikasi Office seperti Word, Excel, dan PPT selama masa trial. Jika sudah lewat masa trial, maka aplikasi-aplikasi tersebut akan terkunci sehingga tidak bisa lagi digunakan.

Jika sudah demikian, maka satu-satunya cara agar bisa terus menggunakan aplikasi Office untuk mengetik dan edit dokumen adalah dengan melakukan aktivasi. Untuk melakukan aktivasi Office maka dibutuhkan product key. Namun, harga product key yang mahal membuat sebagian besar pengguna Office lebih memilih untuk melakukan aktivasi menggunakan CMD atau file batch.

Ketika melakukan aktivasi menggunakan CMD atau file batch, maka sebagian besar akan berhasil, namun tidak sedikit juga yang gagal. Jika proses aktivasinya berhasil, maka masalah sudah terselesaikan dan anda sudah bisa menggunakan aplikasi Microsoft Office lagi. Namun, jika proses aktivasinya gagal, maka anda tetap tidak bisa menggunakan Office 2016, 2019, 2021, 365 sehingga harus mencari solusi agar proses aktivasi bisa berhasil.

Penyebab Aktivasi Office Menggunakan CMD Gagal

Saat anda melakukan aktivasi Office menggunakan CMD atau file batch dan ternyata tidak berhasil, kemungkinan besar karena Microsoft Office yang anda gunakan tidak didukung oleh aktivator CMD tersebut. Biasanya akan muncul keterangan Office not support atau semacamnya.

Perlu diketahui bahwa aktivator menggunakan CMD atau file batch hanya bisa mengaktifkan edisi Office tertentu saja. Dengan kata lain, tidak semua edisi Office bisa diaktivasi menggunakan CMD. Jadi, jika kebetulan anda menggunakan Office yang tidak support oleh aktivator CMD, maka hasilnya adalah proses aktivasi gagal.

Solusi Jika Aktivasi Office Pakai CMD Gagal, Aktifkan Pakai KMS Office

Jika aktivasi Microsoft Office menggunakan CMD atau file batch ternyata tidak berhasil, maka agar bisa mengaktifkan Word, Excel, PPT di Laptop agar bisa kembali digunakan adalah dengan mengaktifkan pakai KMS Office. Cara ini juga bisa dilakukan secara gratis dan mudah, sehingga siapa saja bisa menggunakannya.

Baca Juga : 4 Cara Menyimpan Foto dari Dokumen Word ke File JPG / PNG

Untuk mengaktifkan Microsoft Word, Excel, dan PPT menggunakan KMS Office, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan mematikan Windows Defender atau Antivirus lainnya untuk sementara waktu.
  2. Selanjutnya, silahkan download file KMS Office melalui link di bawah. Download KMS Office
  3. Setelah itu, silahkan ekstrak file rar KMS Office yang sudah anda download sebelumnya.
  4. Buka folder hasil ekstrak dan jalankan file OInstall sebagai admin (klik kanan lalu klik Run as administrator).
    Menjalankan file KMS Office 2019 untuk aktivasi
  5. Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes untuk melanjutkan.
  6. Setelah terbuka, tampilan yang muncul adalah Main Window, agar bisa aktivasi silahkan klik tab Utilities.
  7. Setelah itu, klik Office RETAIL => VL untuk konversi Office Retail ke Office Volume.
  8. Setelah itu proses konversi Office akan berlangsung beberapa menit, tunggu hingga selesai.
  9. Jika prosesnya sudah selesai, maka akan muncul status Completed pada bagian keterangan.
    cara konversi Office 2019 Retail ke Volume license agar aktivasi bisa dilakukan
  10. Setelah itu, silahkan lanjutkan ke proses aktivasi Office dengan cara klik Activate Office.
  11. Jika muncul jendela Windows Security Alert, silahkan klik saja Allow access.
  12. Setelah itu proses aktivasi akan berlangsung beberapa menit, tunggu hingga selesai.
  13. Jika sudah selesai dan berhasil, akan muncul keterangan Product activation successful dan Exiting.
    cara aktivasi microsoft Office 2013 2016 2019 menggunakan KMS Office
  14. Karena aktivasi sudah selesai, maka anda sudah bisa tutup jendela KMS Office tersebut.
  15. Terakhir, jangan lupa mengaktifkan kembali Windows Defender atau Antivirus Laptop.

Karena anda sudah melakukan aktivasi menggunakan KMS Office, maka sekarang Microsoft Office anda sudah aktif dan bisa digunakan kembali. Selanjutnya, silahkan buka dan gunakan salah satu product Microsoft Office, misalnya Microsoft Word, Excel, atau PPT.

Jika Terjadi Error Saat Aktivasi Pakai KMS Office

Kadang kala saat anda menjalankan KMS Office, tiba-tiba muncul masalah atau error sehingga proses mengaktifkan Office tidak dapat dilanjutkan. Salah satu error yang sering muncul adalah CScript Error: Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your administrator for details.

Baca Juga : Cara Cek Microsoft Office Sudah Aktif atau Belum di Windows

Masalah atau error ini biasanya akan muncul jika pada Laptop atau Komputer PC yang digunakan terinstall Antivirus Smadav. Untuk mengatasinya, maka anda harus mengatur agar Smadav mengizinkan Windows menjalankan Script Host. Setelah Windows Script Host bisa dijalankan, maka proses activate Office sudah bisa dilakukan.

Mengecek Office Sudah Teraktivasi atau Belum

Setelah anda melakukan aktivasi menggunakan salah satu cara di atas, maka anda juga perlu mengecek apakah Office sudah benar-benar aktif atau belum. Untuk mengecek status aktivasi Office yang sudah diaktifkan, silahkan buka kembali salah satu produk Office, misalnya Word, Excel, PowerPoint, atau yang lainnya.

Kemudian, silahkan klik menu File lalu klik opsi Account yang terdapat di sebelah kiri. Pada halaman tersebut anda akan menemukan keterangan Product Activated yang artinya Office yang terinstall pada Laptop anda sudah berhasil diaktivasi.

Cek Masa Aktif Office, Permanen atau Tidak

Setelah anda berhasil mengaktifkan Office, mungkin sekarang anda penasaran apakah Office anda teraktivasi secara permanen atau tidak?. Jika ternyata tidak permanen, berapa lama masa aktifnya?.

Secara umum, jika anda melakukan aktivasi menggunakan lisensi original Office, maka Office anda akan aktif secara permanen. Namun, jika anda melakukan aktivasi menggunakan CMD ataupun software KMS Office seperti pada cara di atas, maka masa aktifnya hanya 180 hari atau 6 bulan.

Untuk mengetahui lebih jelas berapa lama lagi masa aktif Office anda, anda bisa mengikuti langkah-langkah yang ada pada tutorial cara cek masa aktif Office. Anda tidak usah khawatir, karena meskipun tidak aktif permanen dan hanya aktif selama 6 bulan, Office tersebut tetap bisa digunakan sampai kapanpun.

Agar bisa terus digunakan, maka anda hanya perlu melakukan aktivasi ulang setiap kali masa aktifnya sudah hampir habis. Dengan kata lain, anda bisa menggunakan Office sampai kapanpun asalkan melakukan aktivasi ulang setiap 6 bulan sekali.

Baca Juga : Cara Aktivasi Office 2010 Permanen GRATIS (100% Work)

Penutup

Demikian penjelasan tentang solusi yang harus dilakukan jika aktivasi Microsoft Office pada CMD gagal. Jadi, jika anda melakukan aktivasi menggunakan CMD atau file batch dan ternyata gagal dengan keterangan tidak support, silahkan coba lakukan aktivasi menggunakan KMS Office seperti pada cara di atas.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda