Cara Download, Install, Aktivasi Adobe CS6 Master Collection di Windows

0
8409

Cara download, install, dan aktivasi Adobe CS6 Master Collection

Jika anda merupakan seorang yang sering mengedit foto, maka tentu sudah tahu yang namanya Adobe. Adobe memiliki beragam software dengan fungsi dan kegunaan tertentu, misalnya pembaca PDF, pengedit foto, pembuat web, pengedit video, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan desain grafis.

Semua software tersebut tertampung dalam sebuah paket yang diberi nama Adobe Creative Suite yang pada artikel ini dibahas versi 6 atau Adobe CS6 master collection. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara install dan aktivasi Adobe CS6 master collection, serta dimana anda dapat download file installernya.

Jadi, jika anda senang dan sering edit foto, maka bisa menggunakan Adobe Photoshop CS6. Atau, jika anda juga senang mengedit video, maka bisa menggunakan Adobe After Effect dan Premiere Pro CS6. Serta jika anda mempunyai kesenangan dan kebutuhan yang lain seperti membuat web, membuat desain, dan lainnya. Semua software yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut dapat diinstall hanya dengan menggunakan satu paket installer.

Download Adobe CS6 Master Collection Secara Gratis

Adobe CS6 master collection merupakan paket installer yang dapat anda gunakan untuk memasang software-software Adobe hanya dengan satu kali proses install. Anda dapat menginstall satu, dua, tiga, atau bahkan semua software Adobe hanya dengan satu kali proses install. Berikut daftar software Adobe CS6 yang dapat anda install menggunakan master collection ini:

  • Adobe Flash Builder
  • Adobe Flash Professional
  • Adobe Acrobat X
  • Adobe After Effect
  • Adobe Audition
  • Adobe Dreamweaver
  • Adobe Encore
  • Adobe Fireworks
  • Adobe Illustrator
  • Adobe InDesign
  • Adobe Photoshop
  • Adobe Prelude
  • Adobe Premiere Pro

Jika ingin menginstall sebuah aplikasi atau software, maka tentu anda harus memiliki file master installernya terlebih dahulu. Begitu juga jika anda ingin menginstall Adobe CS6 Master Collection, anda harus download terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Download, Install dan Aktivasi Matlab R2015a di Windows

Untuk mendapatkan file installer Adobe CS6 Master Collection, maka anda bisa mendownloadnya secara gratis. Silahkan anda langsung saja klik link download di bawah untuk mengunduh file tersebut. Download Installer Adobe CS6 Master Collection

Proses downloadnya akan lumayan lama karena ukuran file yang lumayan besar, yaitu sekitar 6,41 GB. Jadi, pastikan anda mendownload menggunakan jaringan WiFi yang stabil agar proses download bisa selesai dengan lancar. Jika sudah selesai terdownload, maka anda sudah bisa langsung install di Laptop atau Komputer PC yang digunakan.

Cara Install Adobe CS6 Master Collection di Windows 7, 8, 10, dan 11

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa jika anda membutuhkan software-software Adobe untuk menjalankan aktivitas, maka silahkan install Adobe CS6 master collection. Jika anda hendak menginstall salah satu atau beberapa software tersebut, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan anda sudah memilikif file Adobe CS6 master collection, jika belum maka silahkan download terlebih dahulu.
  2. Setelah anda download, silahkan ekstrak file Adobe CS6 master collection tersebut.
  3. Pastikan Laptop atau Komputer yang digunakan tidak sedang tersambung ke internet, jadi jika anda sedang online silahkan disconnect terlebih dahulu.
  4. Silahkan buka folder hasil ekstrak paket software Adobe CS6 master collection.
  5. Pada folder tersebut, silahkan jalankan file Setup untuk memulai proses instalasi.
    Setup Adobe CS6 master collection
  6. Pada jendela Setup yang pertama muncul, silahkan klik Try, ini hanya bisa dilakukan jika Laptop tidak konek internet.
    Cara install Adobe After Effect dan Premiere pro cs6
  7. Pada jendela Adobe Software License Agreement, silahkan klik Accept untuk menyetujui syarat dan ketentuannya.
    Persetujuan lisensi Adobe
  8. Pada jendela Options, silahkan anda pilih software Adobe yang hendak diinstall dengan mencentang setiap software yang ingin diinstall.
  9. Setelah anda memilih semua software Adobe yang ingin diinstall, silahkan klik Install untuk memulai pemasangan software-software tersebut.
    Cara aktivasi Adobe After Effect dan Premiere pro cs6
  10. Silahkan tunggu hingga proses install selesai, biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.
  11. Jika sudah selesai maka akan muncul keterangan Installation Complete, silahkan klik Close untuk menutup jendela Setup tersebut.
    Proses install software adobe selesai
Baca Juga : Cara Download dan Install Aomei Backupper di Windows

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil menginstall software-software Adobe menggunakan Adobe CS6 Master Collection. Sebenarnya anda sudah dapat langsung menggunakannya dalam mode trial, tapi hanya terbatas 30 hari saja.

Jika masa trial sudah habis, maka software Adobe yang sudah anda install tidak akan bisa digunakan lagi. Agar anda tidak menggunakan mode Trial dan aplikasi Adobe bisa terus digunakan, maka silahkan lakukan proses aktivasi.

Cara Aktivasi Adobe CS6 Master Collection yang Sudah Diinstall

Setelah anda menginstall software-software Adobe menggunakan Adobe CS6 master collection, maka silahkan melakukan aktivasi. Aktivasi diperlukan agar anda tidak menggunakan software tersebut dalam mode trial dan masih dapat menggunakannya meskipun sudah lewat 30 hari. Untuk melakukan aktivasi Adobe CS6 Master Collection, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Silahkan buka kembali folder hasil ekstrak file Adobe CS6 Master Collection.
  2. Kemudian, didalam folder tersebut silahkan buka folder Patch.
  3. Didalam folder Patch terdapat sebuah file yang bernama Patch, silahkan copy file tersebut ke direktori dimana anda menginstall software Adobe.
  4. Untuk program Adobe 64 bit, maka direktori tersebut terdapat di C:/Program Files/Adobe dan untuk Adobe 32 bit, direktorinya ada di C:/Program Files (x86)/Adobe.
  5. Silahkan paste file Patch yang sudah anda copy tepat di dalam folder Adobe.
    Cara agar Adobe tidak trial
  6. Pada jendela Destination Folder Access Denied yang muncul, silahkan klik Continue untuk melanjutkan proses copy paste.
    Copy file ke system
  7. Setelah proses copy paste selesai, silahkan jalankan file Patch tersebut sebagai administrator (Run as administrator).
    Cara patch Adobe agar tidak trial
  8. Pada jendela Patcher yang muncul, silahkan pilih software Adobe yang hendak diaktivasi pada bagian Choose your app in here, pastikan anda memilih sesuai dengan bit yang benar, entah itu 32 bit maupun 64 bit.
    Cara aktivasi adobe After effect agar tidak trial
  9. Setelah anda memilih software yang ingin diaktivasi, silahkan klik tulisan TEAM OTA untuk melakukan aktivasi.
  10. Jika proses aktivasi berhasil, maka pada bagian Status akan muncul keterangan Patching successfull.
    Cara mengaktifkan adobe cs6 master collection secara offline
  11. Silahkan ulangi langkah 8-10 untuk mengaktifkan software Adobe yang lainnya.
Baca Juga : Cara Install dan Aktivasi Photoshop CS6 di Windows 10 8 7

Setelah melakukan aktivasi pada semua produk Adobe yang sebelumnya sudah diinstall, maka kini anda sudah dapat menggunakannya tanpa mode trial. Selain itu, anda juga sudah bisa tetap menggunakan aplikasi-aplikasi Adobe yang sudah diinstall meskipun sudah lewat 30 hari.

Membuka premire pro

Jadi, anda bisa dengan leluasa menggunakan Adobe Photoshop, Premiere Pro, After Effect, atau software Adobe lainnya yang sudah diinstall di Laptop. Tapi, jika anda juga ingin mengedit foto di HP, sayangnya aplikasi seperti Adobe Photoshop tidak bisa diinstall di HP.

Meskipun demikian, ada banyak juga aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengedit foto di Smartphone. Salah satu aplikasi pengedit foto untuk HP adalah photo studio pro for android. Jadi, silahkan anda mendownload dan install aplikasi tersebut sebagai aplikasi pengedit foto di Smartphone.

Penutup

Demikian cara download, install dan aktivasi beberapa produk Adobe menggunakan Adobe CS6 master collection. Silahkan gunakan cara ini jika anda ingin menginstall banyak software Adobe CS6 sekaligus hanya dengan sekali install.

Tapi, jika ternyata anda hanya ingin menggunakan Adobe Photoshop CS6 saja, maka silahkan install dan aktivasi Adobe Photoshop CS6 agar tidak perlu download file yang terlalu besar dan proses install juga bisa lebih cepat.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda