Cara Install dan Aktivasi Adobe CS6 Master Collection di Windows 10,8,7

|Diupdate 18 Agustus 2020
0
231

Cara download, install, dan aktivasi Adobe CS6 Master Collection

Jika anda merupakan seorang yang sering mengedit foto, maka tentu sudah tahu yang namanya Adobe. Tidak hanya dalam hal mengedit foto, Adobe juga memiliki produk software untuk mengedit video, membuat web, dan lainnya. Semua software tersebut tertampung dalam sebuah paket yang diberi nama Adobe Creative Suite yang pada artikel ini dibahas versi 6 atau Adobe CS6 master collection. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara install dan aktivasi Adobe CS6 master collection, serta dimana anda dapat download masternya.

Ada banyak hal yang dapat anda dapatkan setelah menginstall paket software Adobe CS6 master collection. Misalnya saja, pembaca PDF, pengedit foto, pembuat web, pengedit video, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan desain grafis.

Jadi, jika anda senang dan sering melakukan aktivitas edit foto, maka bisa menggunakan Adobe Photoshop CS6. Atau, anda juga senang mengedit video, maka bisa menggunakan Adobe After Effect dan Premiere Pro CS6. Serta jika anda mempunyai kesenangan dan kebutuhkan yang lain seperti membuat web, membuat desain, dan lainnya. Semua software yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut dapat diinstall hanya dengan menggunakan satu paket master. (Baca juga: Cara Install dan Aktivasi Corel Draw X7 di Windows 10,8,7)

Cara Install dan Aktivasi Adobe CS6 Master Collection di Windows

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa jika anda membutuhkan software-software Adobe untuk menjalankan aktivitas, maka silahkan install Adobe CS6 master collection. Selain itu, agar tidak terganggu oleh masa trial, maka pada artikel ini juga akan dibahas bagaimana cara aktivasi Adobe CS6 master collection setelah anda install.

Adobe CS6 master collection merupakan paket installer yang dapat anda gunakan untuk memasang software-software Adobe hanya dengan satu kali proses install. Anda dapat menginstall satu, dua, tiga, atau bahkan semua software Adobe hanya dengan satu kali proses install. Berikut daftar software Adobe CS6 yang dapat anda install menggunakan master collection ini.

  • Adobe Flash Builder
  • Adobe Flash Professional
  • Adobe Acrobat X
  • Adobe After Effect
  • Adobe Audition
  • Adobe Dreamweaver
  • Adobe Encore
  • Adobe Fireworks
  • Adobe Illustrator
  • Adobe InDesign
  • Adobe Photoshop
  • Adobe Prelude
  • Adobe Premiere Pro

Jika anda hendak install dan aktivasi salah satu atau beberapa software tersebut diatas, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pastikan anda sudah memilikif file Adobe CS6 master collection, jika belum memilikinya maka silahkan klik disini atau tautan ini untuk download paket software tersebut.
  2. Setelah anda download, silahkan ekstrak file Adobe CS6 master collection tersebut.
  3. Pastikan Laptop atau Komputer yang digunakan tidak sedang tersambung ke internet, jadi jika anda sedang online silahkan disconnect terlebih dahulu.
  4. Silahkan buka folder hasil ekstrak paket software Adobe CS6 master collection. Pada folder tersebut, silahkan jalankan file Setup untuk memulai proses instalasi.
    Setup Adobe CS6 master collection
  5. Pada jendela Setup yang pertama muncul, silahkan klik Try.
    Cara install Adobe After Effect dan Premiere pro cs6
  6. Pada jendela Adobe Software License Agreement, silahkan klik Accept untuk menyetujui syarat dan ketentuannya.
    Persetujuan lisensi Adobe
  7. Pada jendela Options, silahkan anda pilih software Adobe yang hendak diinstall. Silahkan pilih satu atau beberapa dengan cara mencentang setiap software yang ingin diinstall.
  8. Setelah anda memilih semua software Adobe yang ingin diinstall, silahkan klik Install untuk memulai pemasangan software-software tersebut.
    Cara aktivasi Adobe After Effect dan Premiere pro cs6
  9. Silahkan tunggu hingga proses install selesai, biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.
  10. Jika sudah selesai maka akan muncul keterangan Installation Complete, silahkan klik Close untuk menutup jendela Setup tersebut.
    Proses install software adobe selesai

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil menginstall software-software Adobe menggunakan Adobe CS6 Master Colletion. Sebenarnya anda sudah dapat langsung menggunakannya dalam mode trial, tapi hanya terbatas 30 hari saja. Agar anda tidak menggunakan mode Trial, maka silahkan lakukan aktivasi.

Cara Aktivasi Software Adobe CS6 Master Collection yang Sudah Diinstall

Setelah anda menginstall software-software Adobe menggunakan Adobe CS6 master collection, maka silahkan melakukan aktivasi menggunakan cara berikut. Aktivasi diperlukan agar anda tidak menggunakan software tersebut dalam mode trial dan masih dapat menggunakannya meskipun sudah lewat 30 hari. Untuk melakukan aktivasi, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan buka kembali folder hasil ekstrak file Adobe CS6 master collection. Kemudian, didalam folder tersebut silahkan buka folder Patch.
  2. Didalam folder Patch terdapat sebuah file yang bernama Patch, silahkan copy file tersebut ke direktori dimana anda menginstall software Adobe. Untuk program Adobe 64 bit, maka direktori tersebut terdapat di C:/Program Files/Adobe. Sementara untuk program Adobe 32 bit, maka direktori tersebut terdapat di C:/Program Files (x86)/Adobe.
  3. Silahkan paste file Patch yang sudah anda copy tepat di dalam folder Adobe.
    Cara agar Adobe tidak trial
  4. Pada jendela Destination Folder Access Denied yang muncul, silahkan klik Continue untuk melanjutkan proses copy paste.
    Copy file ke system
  5. Setelah proses copy paste selesai, silahkan jalankan file Patch tersebut sebagai Administrator (Run as administrator).
    Cara patch Adobe agar tidak trial
  6. Pada jendela Patcher yang muncul, silahkan pilih software Adobe yang hendak diaktivasi pada bagian Choose your app in here. Pastikan anda memilih sesuai dengan bit yang benar, entah itu 32 bit maupun 64 bit.
    Cara aktivasi adobe After effect agar tidak trial
  7. Setelah anda memilih software yang ingin diaktivasi, silahkan klik tulisan TEAM OTA untuk melakukan aktivasi.
  8. Jika proses aktivasi berhasil, maka pada bagian Status akan muncul keterangan Patching successfull.
    Cara mengaktifkan adobe cs6 master collection secara offline
  9. Silahkan ulangi langkah 6-8 sebelumnya untuk mengaktifkan software Adobe yang lainnya.

TONTON TUTORIAL INI DI YOUTUBE

Setelah melakukan aktivasi pada semua produk Adobe yang sebelumnya sudah diinstall, maka kini anda sudah dapat menggunakannya tanpa mode trial.

Membuka premire pro

Itulah cara mudah install dan aktivasi beberapa produk Adobe menggunakan Adobe CS6 master collection. Silahkan gunakan cara ini jika anda ingin menginstall banyak software Adobe CS6 sekaligus. Tapi, jika ternyata anda hanya ingin menggunakan Adobe Photoshop CS6 saja, maka silahkan baca artikel cara install dan aktivasi Adobe Photoshop CS6 agar tidak perlu download file yang terlalu besar.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda