Cara Install dan Aktivasi Maple 18 di Windows 10,8,7

290

Cara install dan aktivasi Maple 18 di Komputer Windows 7, 8/8.1, dan 10

Jika anda membutuhkan sebuah software untuk menyelesaikan persoalan matematika, maka Maple merupakan salah satu solusi terbaik. Maple adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu penggunanya menyelesaikan setiap persoalan matematika. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menganalisis, mengeksplorasi, memvisualisasikan, dan memecahkan masalah matematika.

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, aplikasi Maple ini pertama kali dikembangkan oleh Grup Symbolic Computation di University of Waterloo Ontario, Kanada. Awal mula pengembangan tersebut adalah pada tahun 1980 untuk keperluan bidang matematika, statistika dan komputasi aljabar.

Maple sangat banyak digunakan untuk membantu pelaksanaan pembelajaran matematika yang menggunakan software. Penggunaan tersebut akan sangat sering dijumpai pada program studi yang mempelajari matematika, terkhusus komputasi matematika dan aljabar. Misalnya saja pada program studi matematika, statistika, dan bidang sains lainnya. Namun sayangnya, masih banyak yang ingin menggunakan software ini tetapi tidak tahu bagaimana cara menginstallnya.

Cara Install Maple 18 di Komputer Windows

Seperti layaknya pada software yang lainnya, aplikasi Maple juga melakukan perubahan dari waktu ke waktu. Oleh karena itu Maple juga memiliki banyak versi yang dapat digunakan. Salah satu versi Maple yang banyak digunakan saat ini adalah Maple 18.

Jika anda hendak menginstall software atau aplikasi Maple 18 di PC Desktop maupun Laptop yang digunakan, maka harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan penting yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa anda sudah memiliki master installer Maple 18. Master installer Maple 18 tersebut juga harus sesuai dengan bit Windows yang terinstall di Laptop maupun PC Desktop yang digunakan.

Oleh karena itu, silahkan memeriksa bit Windows yang terinstall di Laptop atau PC Desktop anda kemudian sesuikan dengan bit master Maple 18 yang anda miliki. Jika Windows anda 32 bit, maka anda juga harus menginstall Maple 18 32 bit. Begitu juga jika Windows anda 64 bit, maka anda harus menginstall Maple 18 64 bit.

Namun, jika anda belum memiliki master installer Maple 18 sama sekali, maka silahkan download terlebih dahulu. Anda bisa download master Maple 18 sesuai dengan bit Windows Laptop anda melalui link berikut ini.

  • Klik disini untuk download Maple 18 32 bit, untuk Windows 32 bit.
  • Klik disini untuk download Maple 18 64 bit, untuk Windows 64 bit.

Jika anda sudah memiliki file master installer Maple 18, maka proses instalasi sudah dapat dilakukan. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini yang merupakan cara install Maple 18 di Laptop atau PC Desktop yang anda gunakan.

Langkah pertama adalah silahkan ekstrak file master Maple 18 yang sudah anda download. Kemudian pada folder Maple 18 hasil ekstrak, silahkan jalankan sebagai administrator (Run as administrator) file Maple18WindowsX64Installer (untuk Windows 64 bit) atau Maple18WindowsX86Installer (untuk Windows 32 bit). Lalu, pada jendela User Account Control, silahkn klik Yes untuk menjalankan installer sebagai Administrator.

Menjalankan installer Maple 18

Pada jendela pertama Setup, silahkan klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Setup start Maple 18

Kemudian, pada jendela License Agreement silahkan klik I accept the agreement. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

License agreement setup Maple 18

Pada jendela Installation Directory anda dapat memilih lokasi dimana Maple 18 akan diinstall. Namun, jika ruang kosong partisi C Laptop anda masih cukup banyak (1,4 GB), disarankan untuk tidak usah mengubahnya. Tapi, jika ternyata ruang kosong yang tersedia kurang, maka silahkan pilih partisi lain seperti partisi D, E, atau lainnya. Kemudian, klik Next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Installation directory Maple 18

Lalu, pada jendela Install Desktop Shortcut silahkan pilih apakah anda ingin membuat pintasan Maple 18 di Desktop atau tidak. Jika anda ingin agar ikon Maple 18 muncul di Desktop, maka silahkan pilih Yes. Namun, jika anda tidak memerlukan pintasan tersebut, maka silahkan pilih No. Jika sudah selesai, silahkan klik Next untuk melanjutkan.

Intall Desktop shortcut Maple 18

Pada jendela Choose the Type of Licensing biarkan saja pada opsi Single User License. Jadi, langsung saja klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Type of licensing Maple 18

Kemudian pada jendela Check for Updates silahkan hilangkan centang pada checkbox Enable periodic checking for Maple 18 updates after installation dan Check for updates now. Kedua centang tersebut dihilangkan karena tidak perlu dilakukan update pada Maple 18, baik saat proses install maupun sesudahnya. Jika sudah selesai, silahkan klik Next untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Check for Updates Maple 18

Pada jendela Pre-Installation Summary anda akan diberikan informasi dimana Maple 18 akan terinstall, penyimpanan yang dibutuhkan, dan ruang kosong pada partisi anda. Anda tidak perlu melakukan perubahan apapun, kecuali jika Free Disk Space lebih kecil dari Required Disk Space. Jika terjadi demikian, maka silahkan klik Back dan kembali ke jendela Installation Directory lalu pilih partisi yang memiliki ruang kosong lebih besar dari Required Disk Space. Tapi, jika tidak ada masalah maka silahkan langsung saja klik Next untuk melanjutkan.

Installation Summary Maple 18

Setelah itu, proses install Maple 18 di PC Desktop atau Laptop Windows anda akan berlangsung. Proses ini akan membutuhkan waktu sekitar 10 menit, namun bisa saja lebih lama atau lebih singkat tergantung spesifikasi Laptop yang digunakan. Jika sudah selesai, silahkan hilangkan centang pada checkbox Activate Maple 18 now karena tidak akan dilakukan aktivasi secara online, melainkan secara offline. Setelah itu, klik Finish untuk menutup jendela Setup Maple 18.

Finishing setup Maple 18

Setelah anda menginstall Maple 18 menggunakan langkah-langkah diatas, anda tidak dapat langsung menggunakannya. Anda harus melakukan aktivasi secara offline terlebih dahulu.

Cara Aktivasi Maple 18 Secara Offline

Setelah anda menginstall software Maple 18 di Komputer Windows, maka perlu dilakukan aktivasi agar dapat digunakan. Aktivasi yang akan dilakukan adalah secara offline menggunakan file aktivasi yang sudah disertakan pada file master yang sebelumnya anda download. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan aktivasi Maple 18 secara offline.

Langkah pertama adalah silahkan buka kembali folder hasil ekstrak master installer Maple 18. Pada folder tersebut anda akan menemukan dua file yang diperlukan untuk aktivasi Maple 18 secara offline, yaitu license.dat dan maple.dll.

Silahkan copy file license.dat ke folder license yang terdapat pada folder instalasi Maple 18. Jika anda tidak mengubah direktori install saat proses instalasi Maple 18 maka lokasi folder tersebut di Partisi C > Program Files > Maple 18 > license. Silahkan paste file license.dat yang sudah anda copy di dalam folder license tersebut. Jika muncul jendela Destination Folder Access Denied, silahkan klik Continue untuk memberikan izin copy ke folder tersebut.

Aktivasi Maple 18 dengan cara copy license.dat

Kemudian, silahkan kembali lagi buka folder hasil ekstrak file master installer Maple 18. Pada folder tersebut silahkan copy file maple.dll ke folder bin.X86_64_WINDOWS (untuk Maple 18 64 bit) atau folder bin.win (untuk Maple 18 32 bit) yang terdapat pada folder instalasi Maple 18.

Sama seperti diatas, jika anda tidak mengubah direktori install saat proses instalasi Maple 18 maka lokasi folder tersebut di Partisi C > Program Files > Maple 18 > bin.X86_64_WINDOWS pada Maple 18 64 bit. Atau, jika anda menginstall Maple 18 32 bit, maka lokasi folder tersebut adalah Partisi C > Program Files > Maple 18 > bin.win. Silahkan paste file maple.dll di dalam folder bin.win atau bin.X86_64_WINDOWS tersebut.

Aktivasi Maple 18 dengan cara copy maple.dll

Pada jendela Replace or Skip Files yang muncul, silahkan kik Replace the file in the destination untuk menimpa file yang sudah ada. Lalu, klik Continue pada jendela Destination Folder Access Denied untuk mengizinkan proses copy ke folder tersebut.

Replace dan Grant Access copy to Maple 18 installation directory

Jika sudah selesai, maka proses aktivasi Maple 18 secara offline sudah selesai. Anda sudah dapat membuka Maple 18 baik melalui pintasan di Desktop maupun melalui start menu. Sekarang anda sudah dapat menggunakannya untuk membantu menyelesaikan persoalan matematika maupun membantu menyelesaikan tugas kuliah.

Mulai menggunakan Maple 18

Itulah cara install dan aktivasi offline Maple 18 yang dapat anda lakukan dengan mudah. Cara tersebut diatas dapat dilakukan pada semua edisi Windows, baik pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Yang perlu anda perhatikan adalah harus sesuai antara bit Windows dengan bit Maple 18 yang diinstall.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here