Cara Install dan Aktivasi Matlab R2015a di Windows 10,8,7

130

Cara install dan aktivasi MathWorks Matlab R2015a di Laptop Windows

MATLAB merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan bernama MathWorks. MathWorks sendiri adalah sebuah perusahaan swasta yang bergerak pada bidang pengembangan software komputasi matematika.

Beragam fungsi dan fitur yang dimiliki oleh Matlab memungkinkan anda untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan cepat. Berbagai kalangan mulai dari pelajar, insinyur, peneliti dan pihak lainnya menggunakan Matlab untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka. Secara umum Matlab dapat digunakan untuk keperluan komputasi matematika, pemrograman, analisis data, pemodelan, dan lainnya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa Matlab merupakan paket lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan anda. Anda cukup menginstall satu software dan akan dapat melakukan banyak hal, semua itu tergantung kemampuan dalam mengoperasikannya. Sayangnya, masih banyak yang ingin menggunakan Matlab tetapi tidak tahu cara install software tersebut. Padahal, layaknya sebuah software yang umum, agar dapat digunakan maka Matlab harus anda install terlebih dahulu di Komputer Windows yang digunakan.

Cara Install Matlab R2015a di Laptop Windows 10,8,7

Jika anda ingin menggunakan Matlab, maka ada banyak versi yang dapat dipilih dan digunakan, salah satunya adalah Matlab R2015a. Namun, tentu saja anda harus menginstall software Matlab R2015a agar dapat digunakan.

Sebenarnya cara install Matlab R2015a tidaklah sulit dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Hanya saja, karena ukuran file yang cukup besar yang mengakibatkan proses install nantinya akan lumayan lama.

Namun, sebelum memasuki proses install, ada persiapan yang harus dilakukan. Pastikan terlebih dahulu bahwa anda sudah memiliki file master installer Matlab R2015a di penyimpanan Laptop atau PC Desktop yang digunakan. Jika anda belum memilikinya, maka silahkan download terlebih dahulu melalui tautan di bawah ini. Silahkan download master installer yang sesuai dengan bit Windows Laptop anda. Jadi, silahkan terlebih dahulu cek bit Windows Laptop anda, kemudian download file master yang sesuai, entah itu 32 bit maupun 64 bit.

  • Klik disini untuk download Matlab R2015a 32 bit, untuk Windows 32 bit
  • Klik disini untuk download Matlab R2015a 64 bit, untuk Windows 64 bit

Jika anda sudah memiliki file master installer Matlab R2015a atau MathWorks Matlab R2015a, maka proses install sudah dapat dilakukan. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan proses install di Komputer Windows yang digunakan.

Langkah pertama adalah silahkan ekstrak file master installer Matlab R2015a yang sudah anda download. Karena format file tersebut adalah .iso, maka silahkan gunakan WinRAR versi terbaru untuk melakukan proses ekstrak. Atau, jika anda menggunakan Windows 10 atau Windows 8/8.1, silahkan langsung saja Mount (double klik) file master installer tersebut. Setelah anda Mount, maka file master installer tersebut akan terbuka pada daftar partisi Laptop, layaknya ketika anda memasukkan CD atau DVD.

Kemudian, pada folder hasil ekstrak atau yang sudah anda Mount, silahkan jalankan file Setup.exe (Run as administrator). Lalu, pada jendela User Account Control yang muncul silahkan klik Yes untuk menjalankan setup sebagai administrator.

Setup Matlab R2015a di Windows 10

Selanjutnya, pada jendela pertama MathWorks Installer yang muncul, silahkan klik opsi Use a File Installation Key. Opsi ini dipilih agar anda tidak perlu login menggunakan akun MathWorks untuk dapat melanjutkan proses install. Setelah itu, silahkan klik Next untuk melanjutkan.

Cara install Matlab di Windows 10

Pada jendela License Agreement, silahkan klik opsi Yes pada bagian pertanyaan Do you accept the terms of the license agreement?. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Selanjutnya, pada jendela File Installation Key, silahkan klik I have the File Installation Key for my license. Setelah itu, anda harus memasukkan serial number untuk melanjutkan proses install. Untuk mendapatkan serial number tersebut, silahkan buka folder crack yang terdapat pada hasil ekstrak master installer Matlab. Kemudian di dalam folder crack, silahkan buka file install.txt. Kemudian, copy serial number yang terdapat dalam isi file tersebut (serial number yang pertama) dan paste pada kolom serial number yang disediakan pada jendela setup Matlab. Jika sudah selesai, silahkan klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Serial number Matlab R2015a

Pada jendela Folder Selection, anda dapat memilih lokasi dimana Matlab R2015a akan diinstall. Jika ruang kosong partisi C anda kurang dari 12GB, maka silahkan pilih partisi lain yang lebih besar ruang kosongnya dengan cara klik Browse… lalu pilih lokasi partisi dan folder yang diinginkan. Namun, jika ruang kosong partisi C masih cukup besar (lebih dari 12GB), maka silahkan langsung saja klik Next untuk melanjutkan.

Selanjutnya, pada jendela Product Selection, biarkan saja semua produk tercentang. Artinya, anda akan menginstall semua paket produk dari Matlab R2015a. Setelah itu, silahkan klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Pada jendela Confirmation, silahkan klik Install untuk memulai proses install MathWorks Matlab R2015a.

Proses install ini akan berlangsung cukup lama, sekitar 30 menit. Bahkan, pada beberapa jenis spesifikasi Laptop, kadang proses install akan berlangsung 2-3 jam. Jadi, semuanya kembali lagi pada spesifikasi Laptop atau PC Desktop yang anda gunakan. Oleh karena itu, silahkan tunggu hingga proses install selesai. Jika sudah selesai, silahkan klik Next pada jendela Product Configuration Notes yang muncul.

Kemudian, pada jendela Installation Complete, silahkan klik Finish untuk menutup jendela setup.

Setelah melakukan proses install Matlab R2015a menggunakan cara diatas, anda tidak dapat langsung menggunakannya. Hal lain yang masih diperlukan lakukan adalah melakukan aktivasi.

Cara Aktivasi Matlab R2015a yang Sudah Terinstall

Setelah anda menginstall software Matlab R2015a, maka masih perlu dilakukan aktivasi agar dapat digunakan. Aktivasi ini juga sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan koneksi internet. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti petunjuk dan langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama adalah silahkan buka Matlab yang sudah anda install. Caranya adalah silahkan buka start menu kemudian lakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci “matlab”. Lalu, pada hasil pencarian yang muncul silahkan jalankan matlab. Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes.

Selanjutnya, pada jendela MathWorks Software Activation silahkan klik opsi Activate manually without the Internet. Setelah itu, silahkan klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Cara Aktivasi Matlab R2015a

Lalu akan muncul jendela Offline Activation dan silahkan klik opsi Enter the full path to your license file, including the file name. Kemudian silahkan klik Browse… untuk mencari dan memilih file lisensi Matlab R2015a. File lisensi tersebut bernama lic_standalone.dat dan terdapat di dalam folder crack master installer yang sudah anda ekstrak atau Mount. Jadi, pada kotak dialog Select license file yang muncul, silahkan cari dan Select file lisensi tersebut. Jika sudah selesai, silahkan klik Next untuk melanjutkan.

Selanjutnya, pada jendela Activation Complete silahkan klik Finish untuk menutup jendela aktivasi.

Sampai pada tahap ini proses aktivasi masih belum selesai dan masih ada langkah selanjutnya yang harus anda lakukan. Langkah selanjutnya adalah mengcopy beberapa folder dari folder crack ke folder instalasi Matlab R2015a.

Silahkan buka kembali folder hasil ekstrak atau Mount master installer Matlab R2015a. Lalu, silahkan buka folder crack dan copy 4 folder yang terdapat dalam folder crack tersebut (bin, etc, java, dan toolbox).

Selanjutnya, silahkan buka folder instalasi Matlab R2015a. Jika anda tidak mengubah direktori install, maka folder tersebut terdapat di Partisi C > Program Files > MATLAB > MATLAB Production Server > R2015a. Silahkan paste keempat folder yang sudah anda copy di dalam folder R2015a.

Pada jendela Replace or Skip Files yang muncul silahkan klik Replace the files in the destination untuk menimpa semua folder dan isinya yang sudah ada. Lalu, pada jendela Destination Folder Access Denied, silahkan centang Do this for all current items kemudian klik Continue.

Jika proses copy keempat folder tersebut sudah selesai, maka proses aktivasi sudah selesai. Sekarang anda sudah dapat menggunakan Matlab R2015a untuk membantu menyelesaikan tugas dan pekerjaan. Anda dapat menjalankan Matlab R2015a dengan melakukan pencarian di start menu menggunakan kata kunci “matlab”, sama seperti saat akan melakukan aktivasi diatas.

Namun, sayangnya setelah anda menginstall Matlab R2015a tidak akan terbentuk shortcut atau pintasan secara otomatis di Desktop. Tapi, jika anda senang menggunakan shortcut untuk menjalankan sebuah software, maka anda dapat membuatnya secara manual.

Membuat Shortcut Matlab R2015a di Desktop

Jika anda terbiasa menjalankan software menggunakan shortcut di Desktop, maka silahkan membuat shortcut Matlab R2015a secara manual. Untuk membuatnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka kembali folder instalasi Matlab R2015a, kemudian di dalam folder tersebut silahkan buka folder bin. Lalu, di dalam folder bin, silahkan klik kanan file matlab.exe, dan klik Create shortcut pada opsi yang muncul. Jika muncul jendela Shortcut, silahkan klik Yes.

Cara membuat shortcut Matlab R2015a

Setelah itu, shortcut atau pintasan Matlab R2015a akan muncul di Desktop. Artinya, anda dapat menjalankan Matlab R2015a menggunakan pintasan tersebut. Silahkan ubah nama shortcut tersebut sesuai keinginan.

Itulah cara install dan aktivasi software MathWorks Matlab R2015a di Laptop Windows. Cara ini dapat anda lakukan pada semua edisi Windows, baik itu pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Jadi, jika anda ingin menggunakan Matlab, silahkan gunakan cara diatas untuk menginstallnya. Atau, jika anda sudah install software Matlab namun belum teraktivasi, maka silahkan gunakan cara aktivasi diatas.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here