Cara Install dan Aktivasi Minitab 16 di Laptop Windows 10,8,7

127

cara install minitab 16 di Laptop Windows

Minitab merupakan program komputer atau software yang memiliki kemampuan pengolahan data statistik. Pada dasarnya Minitab memberikan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel, namun memiliki kemampuan untuk melakukan analisis statistik yang kompleks.

Jadi, software Minitab ini bisa dikatakan dibutuhkan oleh banyak pihak yang hendak mengolah atau melakukan analisis terhadap suatu data. Terkhusus kepada para pelajar atau mahasiswa yang kadang memiliki tugas untuk melakukan analisis data. Salah satu software yang dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas tersebut adalah Minitab.

Seperti software pada umumnya, agar dapat digunakan maka Minitab harus diinstall terlebih dahulu. Misalnya saja, seorang mahasiswa yang ingin menggunakan software Minitab pada salah satu mata kuliahnya, maka tentu harus menginstallnya terlebih dahulu. Atau, jika anda ingin menggunakan Minitab sebagai alat bantu dalam melakukan penelitian, maka tentu harus juga diinstall terlebih dahulu. Sayangnya, masih banyak yang ingin menggunakan software Minitab ini tapi tidak tahu bagaimana cara menginstallnya.

Cara Install Minitab 16 di Komputer Windows 10,8,7

Jika anda ingin menggunakan software Minitab, maka banyak versi yang dapat dipilih, salah satunya adalah Minitab 16. Anda dapat install Minitab 16 di Laptop Windows yang digunakan, baik itu pada Windows 10, Windows 8/8.1, maupun Windows 7. Selain itu, software ini juga dapat diinstall pada Windows 64 bit maupun 32 bit. Jadi, anda tidak perlu repot memeriksa bit Windows hanya untuk menginstall Minitab 16 ini.

Namun, sebelum memasuki proses install Minitab 16, ada persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Persiapan tersebut adalah memastikan bahwa anda sudah memiliki file master installer Minitab 16. Jika anda belum memilikinya, maka silahkan download terlebih dahulu melalui tautan ini. Jika anda sudah memilikinya, maka silahkan melangkah ke proses install berikut ini.

Langkah pertama untuk install software Minitab 16 di Laptop Windows adalah silahkan ekstrak file master installer yang sudah anda download. Kemudian, pada folder hasil ekstrak silahkan buka folder setup. Lalu, di dalam folder tersebut silahkan jalankan file Setup.exe (Run as administrator). Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes untuk menjalankan setup sebagai administrator.

Install Minitab 16 di Windows 10

Selanjutnya, pada jendela pertama Setup, silahkan klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Lalu, pada jendela End-User License Agreement silahkan centang checkbox I accept the terms in the License Agreement. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

License agreement Minitab 16

Pada jendela Enter your Product Key, silahkan masukkan sembarang angka sebagai serial number. Misalnya saja, anda bisa memasukkan angka 123456 ataupun yang lainnya. Jika sudah selesai, maka silahkan klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Product key atau Serial Number Minitab 16

Kemudian, pada jendela Ready to Install Minitab 16, silahkan klik Install untuk memulai proses install. Setelah itu, proses install akan berlangsung, silahkan tunggu hingga selesai.

Proses install akan berlangsung sekitar 5 menit, namun bisa saja lebih tergantung spesifikasi Laptop yang anda gunakan. Jika proses install sudah selesai, silahkan klik Finish untuk menutup jendela Setup.

Setelah anda melakukan proses install Minitab 16, maka anda tidak dapat langsung menggunakannya. Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu.

Cara Aktivasi Minitab 16 yang Sudah Terinstall

Setelah anda menginstall software Minitab 16, maka perlu dilakukan aktivasi agar dapat digunakan. Untuk melakukan aktivasi Minitab 16 yang sudah diinstall sebenarnya tidaklah sulit. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan anda buka kembali folder hasil ekstrak master installer Minitab 16. Kemudian, pada folder tersebut silahkan buka folder crack. Di dalam folder tersebut anda akan menemukan satu file, yaitu Mtb.exe. Silahkan copy file Mtb.exe ke folder installasi Minitab 16.

Folder instalasi Minitab 16 tersebut terdapat pada Partisi C > Program Files (x86) > Minitab > Minitab 16 jika menggunakan Windows 64 bit. Jika anda menggunakan Windows 32 bit, maka folder instalasi tersebut terdapat di Partisi C > Program Files > Minitab > Minitab 16. Silahkan paste file Mtb.exe yang sudah anda copy di dalam folder Minitab 16.

Cara aktivasi Minitab 16

Pada jendela Replace or Skip Files yang muncul, silahkan klik Replace the file in the destination untuk menimpa file yang sudah ada. Kemudian, pada jendela Destination Folder Access Denied silahkan klik Continue untuk mengizinkan proses copy paste ke folder tersebut.

Jika sudah selesai maka anda sudah berhasil melakukan proses aktivasi Minitab 16 yang sebelumnya diinstall. Sekarang anda sudah dapat menggunakan software Minitab 16 dengan membukanya melalui Start Menu maupun shortcut Desktop.

Itulah cara mudah install dan aktivasi Minitab 16 di Laptop Windows. Cara ini dapat anda gunakan pada semua edisi Windows, baik itu pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Jadi, jika anda ingin melakukan pengolahan data statistik menggunakan Minitab, maka silahkan install menggunakan cara diatas.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here