Cara Install dan Aktivasi Photoshop CS6 di Windows 10 8 7

31
5185

Cara install dan aktivasi Adobe Photoshop CS6 di Laptop Windows

Adobe Photoshop atau yang lebih akrab dengan sebutan Photoshop adalah salah satu software editor foto yang sangat populer saat ini. Software yang dibuat oleh Adobe Systems ini merupakan software khusus untuk mengedit foto serta menambahkan efek pada gambar digital. Kemampuannya dalam memberikan efek tidak diragukan lagi dan bisa membuat gambar citra menjadi lebih indah.

Pengguna software Photoshop juga beragam, mulai dari fotografer yang ingin memperindah hasil potretannya, hingga perusahaan iklan yang membuat desain iklan untuk pelanggannya. Popularitas software ini tentu saja karena adanya beragam fitur yang ditawarkan. Tidak hanya itu saja, tampilan dan setiap fitur yang dimilikinya sangat mudah digunakan sehingga dapat memanjakan penggunanya.

Jadi, tidak heran jika Photoshop sampai saat ini masih menjadi salah satu software photo editor terbaik. Namun, agar anda dapat menggunakan semua fitur menarik dari software ini, maka tentu harus diinstall terlebih dahulu. Anda harus menginstall software Adobe Photoshop di Laptop yang anda agar dapat digunakan untuk mengedit foto. Sayangnya, masih banyak pengguna yang ingin menggunakan software ini tetapi tidak tahu bagaimana cara menginstallnya. Proses ini tidak hanya membuat bingung para pemula yang baru belajar, tapi juga orang yang sudah sering menggunakan software ini.

Cara Install Adobe Photoshop CS6 di Laptop Windows 10 / 8 / 7

Jika anda ingin menggunakan Photoshop untuk mengedit gambar digital, maka ada banyak versi yang sudah tersedia. Salah satu versi yang banyak digunakan hingga saat ini adalah Adobe Photoshop CS6. Versi Photoshop CS6 ini memiliki fitur yang lengkap serta ukuran yang relatif ringan. Sementara versi terbaru dari Photoshop memiliki ukuran yang besar dan berat dijalankan pada Laptop dan Komputer standar.

Jika anda ingin install software Adobe Photoshop CS6, cara yang dapat dilakukan sangat mudah. Namun, sebelum itu anda harus memastikan bahwa sudah tersedia master installer Adobe Photoshop CS6 di penyimpanan Laptop yang digunakan. Jika anda belum memilikinya, maka silahkan klik disini untuk mendownload file installer Photoshop CS6 terlebih dahulu.

Jika anda sudah memiliki file master installer Adobe Photoshop CS6, maka proses install sudah dapat dilakukan. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menginstall Photoshop CS6 di Laptop atau Komputer Windows yang digunakan.

Baca Juga :
Cara Download dan Install Offline Browser Opera di Windows

Langkah pertama adalah silahkan matikan koneksi internet jika Laptop atau PC Desktop yang digunakan terkoneksi ke jaringan internet. Setelah itu, silahkan ekstrak file rar dari file master installer Photoshop CS6 yang sudah anda download terlebih dahulu. Kemudian, didalam folder hasil ekstrak silahkan buka folder Adobe CS6. Lalu, didalam folder tersebut silahkan jalankan file Set-up.

Cara menjalankan setup Adobe Photoshop

Selanjutnya, pada jendela yang muncul akan tampil dua opsi, silahkan pilih dan klik Try.

Trial Photoshop

Kemudian, pada jendela License Agreement silahkan klik Accept untuk melanjutkan.

Setup license agreement Photoshop CS6

Pada jendela selanjutnya anda dapat mengubah lokasi install pada bagian Location. Namun, jika ruang kosong partisi C anda masih cukup besar (lebih dari 3,3GB) maka disarankan untuk tidak usah mengubahnya. Kemudian, silahkan klik Install untuk memulai proses install Photoshop CS6. Pada jendela User Account Control yang muncul silahkan klik Yes untuk melanjutkan proses install sebagai administrator.

Cara menginstall Photoshop CS6

Selanjutnya proses install akan berlangsung sekitar 10 menit, namun bisa saja lebih lama tergantung spesifikasi Laptop atau PC Desktop yang anda gunakan. Silahkan tunggu hingga proses install selesai, dan setelah selesai silahkan klik Close pada jendela yang muncul untuk menutup jendela setup.

Photoshop Finish Installed

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil menginstall software Adobe Photoshop CS6 dan sudah dapat digunakan. Namun, agar dapat digunakan lebih lama, maka anda perlu melakukan aktivasi Photoshop CS6.

Cara Aktivasi Adobe Photoshop CS6 yang Sudah Terinstall

Setelah anda menginstall Adobe Photoshop CS6, maka software tersebut dapat digunakan dalam masa trial (30 hari). Agar dapat menggunakannya lebih lama, maka anda perlu melakukan aktivasi.

Untuk melakukan aktivasi juga tidaklah sulit dan bahan yang diperlukan sudah terdapat pada file master yang sebelumnya anda download. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pastikan anda sudah tahu Laptop atau Komputer anda menggunakan Windows berapa bit. Jadi, silahkan cek bit Windows di Laptop anda agar tahu Adobe Photoshop CS6 terinstall pada Windows berapa bit.

Jika sudah, silahkan anda buka kembali folder hasil ekstrak file master installer Adobe Photoshop CS6. Kemudian, pada folder tersebut silahkan buka folder 64-bit jika anda menginstall Photoshop CS6 di Windows 64 bit. Sementara jika anda menginstall Photoshop CS6 di Windows 32 bit, maka silahkan buka folder 32-bit.

Baca Juga :
Cara Install dan Aktivasi Maple 18 di Windows 10,8,7

Di dalam folder tersebut anda akan menemukan satu file yang bernama amtlib.dll. Silahkan Copy file tersebut ke folder instalasi Adobe Photoshop CS6. Jika anda tidak mengubah lokasi install saat menginstallnya, maka folder tersebut terdapat di Partisi C > Program Files > Adobe > Adobe Photoshop CS6 (64 Bit). Silahkan Paste file amtlib.dll di dalam folder Adobe Photoshop CS6 (64 bit) atau Adobe Photoshop CS6.

Cara aktivasi Adobe Photoshop CS6

Pada jendela Replace or Skip Files yang muncul, silahkan klik Replace the file in the destination untuk menimpa file yang sudah ada. Kemudian, pada jendela Destination Folder Access Denied silahkan klik Continue untuk melanjutkan proses copy paste ke folder tersebut.

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil melakukan aktivasi Photoshop CS6. Silahkan coba buka program Adobe Photoshop CS6, apakah sudah bisa anda gunakan atau belum. Jika sudah bisa digunakan, artinya aktivasi sudah sukses, tapi jika belum maka silahkan coba alternatif berikut untuk menjadikan Adobe Photoshop CS6 menjadi full version.

Bagaimana Jika Adobe Photoshop Belum Menjadi Full Version?

Jika anda sudah mencoba melakukan aktivasi menggunakan cara di atas tetapi belum berhasil, maka silahkan coba cara lainnya berikut ini. Tapi, pada cara ini anda memerlukan program tambahan yang harus anda download lagi, yaitu file Patch. Jika anda ingin membuat Adobe Photoshop CS6 menjadi full version menggunakan Patch, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Karena yang akan digunakan adalah program Patch, maka pastikan anda sudah memiliki file Patch Adobe CS6 terlebih dahulu. Jika anda belum memilikinya, maka silahkan klik disini untuk mendownload file tersebut.

Setelah itu, silahkan ekstrak file rar Patch Adobe CS6 yang sudah anda download sebelumnya. Di dalam folder hasil ekstrak, anda akan menemukan file bernama Patch.exe, silahkan Copy file tersebut dan Paste di dalam Partisi C > Program Files > Adobe. Setelah anda mem-paste file tersebut, maka akan muncul jendela Destination Folder Access Denied, silahkan klik Continue.

Baca Juga :
Cara Install dan Aktivasi Adobe CS6 Master Collection di Windows 10,8,7

Copy patch Photoshop CS6

Selanjutnya, silahkan jalankan file Patch yang sudah anda Copy ke folder Adobe sebagai admin (klik kanan kemudian klik Run as administrator). Kemudian pada jendela User Account Control silahkan klik Yes untuk memberikan izin menjalankan file tersebut sebagai administrator.

Jalankan Patch Photoshop CS6

Setelah itu akan terbuka jendela program Patch, silahkan pilih Adobe Photoshop CS6 Extended pada bagian Choose your app in here. Silahkan anda pilih sesuai dengan berapa bit Windows di Laptop atau Komputer anda. Jika anda menginstall Photoshop CS6 di Windows 64 bit, maka silahkan pilih Adobe Photoshop CS6 Extended (64-Bit). Sedangkan jika menginstallnya di Windows 32 bit, maka pilih Adobe Photoshop CS6 Extended (32-Bit).

Jika sudah selesai memilih, maka silahkan klik tulisan Team Ota untuk menjalankan Patch ke Photoshop CS6. Proses patching akan berlangsung dengan sangat cepat, dan jika sudah selesai akan muncul status Patching successfull. Sekarang silahkan tutup jendela program Patch tersebut karena proses aktivasi sudah selesai. Dengan demikian software Adobe Photoshop anda sudah berhasil teraktivasi dan sudah menjadi full version.

Cara aktivasi Adobe Photoshop CS6 menggunakan Patch

Sekarang Adobe Photoshop CS6 di Laptop anda sudah dapat digunakan dalam waktu yang lama. Silahkan buka software Adobe Photoshop CS6 melalui Start Menu, yaitu Adobe Photoshop CS6 (64 bit) untuk Windows 64 bit, atau Adobe Photoshop CS6 untuk Windows 32 bit.

Menggunakan Photoshop CS6

Itulah cara mudah install dan aktivasi software Adobe Photoshop CS6 di Laptop Windows. Cara ini dapat anda lakukan pada semua edisi Windows, baik itu pada Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10. Jadi, jika anda ingin menggunakan software ini untuk mengedit file foto, maka silahkan install menggunakan cara di atas.

Sebagai informasi tambahan, jika anda ingin menggunakan produk Adobe selain Photoshop maka silahkan install Adobe CS6 Master Collection. Anda dapat menginstall Premiere Pro, After Effect, dll hanya dengan satu file installer saja. Jadi, anda bisa dengan mudah menginstall software Adobe yang diperlukan.

31 KOMENTAR

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda