Cara Install dan Aktivasi SPSS 24 di Laptop Windows 10,8,7

141

Cara install dan aktivasi SPSS 24 di Laptop Windows 10, 8/8.1, dan 7

SPSS merupakan singkatan dari Statistical Package for the Social Sciences. Perangkat lunak ini merupakan alat yang sering digunakan untuk melakukan pengolahan data statistik. Umumnya penggunaan program ini adalah untuk melakukan analisis statistik ilmu sosial yang meliputi penelitian pasar, kesehatan, survey, dan lain sebagainya.

Program SPSS memiliki banyak keunggulan dibanding pengolah data statistik lainnya, salah satunya adalah kemampuannya untuk membaca dan menulis data dari format file lain. Beberapa format file yang didukung diantaranya ASCII, spreadsheet, database dan paket statistik. Selain itu, keunggulan lain SPSS adalah karena bisa digunakan sebagai media untuk mengolah database eksternal dengan menggunakan ODBS ataupun SQL.

Jadi, jika anda ingin melakukan pengolahan atau analisis data maka SPSS merupakan salah satu program terbaik yang dapat digunakan. Misalnya anda mempunyai tugas kuliah yang harus melakukan pengolahan data menggunakan SPSS. Atau, anda sedang melakukan penelitian dan memerlukan alat bantu untuk analisis data. Sayangnya, banyak pengguna yang ingin menggunakannya tetapi tidak tahu cara install SPSS tersebut. Padahal, seperti perangkat lunak lainnya, anda harus install SPSS terlebih dahulu agar dapat digunakan.

Cara Install SPSS 24 di Laptop Windows 10,8,7

Seperti pada berbagai perangkat lunak lainnya, SPSS juga memiliki banyak versi yang dapat digunakan, salah satunya adalah SPSS 24. Anda dapat menggunakan SPSS 24 ini untuk melakukan pengolahan atau analisis data, tetapi harus diinstall terlebih dahulu. Cara install SPSS di Komputer Windows sebenarnya sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Namun, sebelum memasuki proses install, anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan tersebut adalah memastikan bahwa anda sudah memiliki file master installer SPSS 24 di penyimpanan Laptop yang digunakan. Jika anda belum memilikinya, maka silahkan download terlebih dahulu melalui tautan berikut ini. Silahkan sesuaikan dengan bit Windows yang terinstall di Laptop anda. Jadi, silahkan melihat bit Windows Laptop anda terlebih dahulu kemudian mendownload file master yang sesuai, apakah 32 bit ataupun 64 bit.

  • Klik disini untuk download SPSS 24 32 bit, untuk Windows 32 bit.
  • Klik disini untuk download SPSS 24 64 bit, untuk Windows 64 bit.

Jika anda sudah memiliki file master installer SPSS 24, maka proses install sudah dapat dilakukan. Proses ini sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan koneksi internet. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama adalah silahkan ekstrak file master installer SPSS 24 yang sudah anda download. Kemudian, silahkan buka folder hasil ekstrak dan jalankan file Setup.exe (Run as administrator). Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes untuk menjalankan setup SPSS 24 sebagai administrator.

Menjalankan setup install SPSS 24 di Komputer Windows

Kemudian, pada jendela pertama Setup SPSS 24 yang muncul, silahkan klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Selanjutnya, pada jendela Software License Agreement silahkan klik opsi I accept the terms in the license agreement. Setelah itu klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Pada jendela IBM SPSS Statistics – Essentials for Python, silahkan biarkan saja pada opsi Yes. Silahkan klik Next untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Selanjutnya, pada jendela License Agreement, silahkan klik I accept the terms in the license agreement. Bagian ini merupakan persetujuan untuk pemasangan Python. Setelah itu, silahkan klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Selanjutnya, akan muncul lagi jendela persetujuan lisensi yaitu Software License Agreement. Silahkan klik lagi I accept the terms in the license agreement, lalu klik Next untuk melanjutkan.

License agreement SPSS 24

Setelah itu akan muncul jendela Destination Folder yang memungkinkan anda untuk mengubah lokasi instalasi SPSS 24. Jika anda ingin mengubah direktori install SPSS 24, silahkan klik Change… lalu pilih lokasi folder yang diinginkan. Namun, jika ruang kosong partisi C masih cukup besar, tidak usah mengubahnya dan langsung saja klik Next.

Pada jendela Ready to Install the Program akan memberikan informasi bahwa SPSS 24 sudah siap untuk diinstall. Silahkan klik Install untuk memulai proses install.

Cara install software SPSS 24 di Windows

Proses install akan berlangsung sekitar 10 menit, namun bisa saja lebih lama, tergantung spesifikasi Laptop atau PC Desktop yang anda gunakan. Silahkan tunggu hingga proses install SPSS 24 selesai. Jika sudah selesai, hilangkan centang pada checkbox Start IBM SPSS Statistics 24 now karena masih ada yang harus dilakukan sebelum membukanya. Setelah itu, silahkan klik Finish untuk menutup jendela Setup.

Setelah anda menginstall SPSS 24 menggunakan cara diatas, anda tidak dapat langsung menggunakannya. Anda harus melakukan aktivasi SPSS 24 terlebih dahulu agar dapat digunakan.

Cara Aktivasi SPSS 24 yang Sudah Terinstall

Agar dapat menggunakan SPSS 24 yang sudah anda install, maka perlu dilakukan aktivasi terlebih dahulu. Aktivasi dilakukan dengan cara menyalin file lisensi dan memasukkan kode serial number. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka kembali folder hasil ekstrak master installer SPSS 24. Kemudian, di dalam folder tersebut silahkan buka folder License. Selanjutnya, silahkan copy file lservrc ke folder instalasi SPSS 24.

Jika saat menginstall anda tidak mengubah direktori install, maka lokasi folder instalasi tersebut adalah Partisi C > Program Files > IBM > SPSS > Statistics > 24. Silahkan paste file lservrc di dalam folder 24.

Cara aktivasi SPSS 24 di Windows

Pada jendela Replace or Skip Files yang muncul, silahkan klik Replace the file in the destination untuk menimpa file yang sudah ada. Kemudian, pada jendela Destination Folder Access Denied silahkan klik Continue untuk mengizinkan proses copy paste ke folder tersebut.

Selanjutnya, silahkan buka kembali folder hasil ekstrak master installer SPSS 24. Kemudian buka file serial number dan copy kode serial number yang ada di dalamnya.

Kemudian, silahkan jalankan IBM SPSS Statistics 24 License Authorization Wizard. Caranya adalah silahkan buka start menu lalu lakukan pencarian dengan kata kunci “ibm spss” dan klik IBM SPSS Statistics 24 License Authorization Wizard pada hasil pencarian yang muncul. Selanjutnya akan muncul jendela User Account Control, silahkan klik Yes.

Pada jendela License Status, silahkan klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Kemudian, pada jendela Product Authorization biarkan saja pada opsi Authorized user license. Lalu, klik Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Pada jendela Enter Codes silahkan paste kode serial number yang sebelumnya sudah anda copy pada kotak yang tersedia. Jika sudah selesai silahkan klik Next untuk melanjutkan.

Serial Number SPSS 24

Pada jendela License Installation Status anda tidak perlu mengubah apapun dan langsung saja klik Next.

Terakhir, pada jendela Licensing Completed silahkan klik Finish untuk menutup jendela aktivasi.

Setelah anda melakukan aktivasi SPSS 24 menggunakan cara diatas, maka kini sudah dapat digunakan. Sekarang anda dapat menggunakan SPSS 24 untuk membantu dalam pengolahan dan analisis data. Baik itu untuk keperluan pembelajaran ataupun tugas kuliah serta alat bantu penelitian.

Itulah cara mudah install dan aktivasi SPSS 24 di Laptop Windows. Cara ini dapat anda gunakan pada semua edisi Windows, baik itu pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Selain itu, cara tersebut diatas berlaku pada Windows 32 bit maupun 64 bit, yang perlu anda perhatikan adalah menyesuaikan master installer yang digunakan dengan bit Windows.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here