Cara Install Microsoft Visual Basic 6.0 di Windows 10,8,7

297

Download dan install Microsoft Visual Basic 6.0 Enterprise Edition

Microsoft Visual Basic atau yang sering disingkat VB merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program. Keberadaan IDE visual ini akan sangat memudahkan programmer yang menggunakan VB dalam membuat desain program. Hal ini tentu saja karena untuk membuat desain anda tidak perlu repot mengetikkan script, melainkan cukup menggunakan tools yang sudah disediakan.

Visual Basic sendiri merupakan turunan dari bahasa pemrograman BASIC (Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code) yang merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Software ini bisa digunakan dengan sangat mudah untuk belajar pemrograman. Jika dibandingkan dengan software pembuat program lain yang tidak didukung IDE visual atau GUI, maka Visual Basic bisa mempermudah pengguna, terutama yang baru belajar.

Seperti software lainnya, Microsoft Visual Basic juga memiliki banyak versi. Bahkan ada yang sudah disertakan pada Microsoft Visual Studio yang memiliki banyak variasi pembuat program. Namun, hingga saat ini salah satu versi yang paling sering digunakan adalah Visual Basic 6.0 atau VB6. Visual Basic 6.0 pertama kali diumumkan pada tahun 1998 yang dimasukkan ke dalam Microsoft Visual Studio versi 6.0. Namun, meskipun sudah dikeluarkan sejak lama sekali tetapi masih sangat sering digunakan hingga saat ini, terutama bagi kalangan pelajar.

Cara Install Microsoft Visual Basic 6.0 Enterprise Edition di Windows

Salah satu edisi Microsoft Visual Basic 6.0 adalah Enterprise Edition yang sangat banyak beredar. Tapi, meskipun sudah familiar dan sering digunakan, sayangnya masih banyak pengguna yang tidak tahu cara menginstall VB 6.0 di Laptop Windows yang digunakan. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara install Visual Basic 6.0 di Laptop Windows, baik itu pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10.

Tapi, sebelum memasuki langkah-langkah install ada persiapan yang diperlukan. Persiapan tersebut adalah anda harus memiliki master installer microsoft Visual Basic 6.0. Jika anda sudah memiliki master VB 6.0, maka silahkan melangkah ke proses install. Tapi, jika anda belum memilikinya maka silahkan download terlebih dahulu melalui tautan ini.

Untuk menginstall software Microsoft Visual Basic 6.0 sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan. Agar lebih jelas, silahkan langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama adalah silahkan ekstrak file master installer Microsoft Visual Basic 6.0 yang sudah anda download. Kemudian, buka folder hasil ekstrak dan jalankan (Run as administrator) file SETUP yang tipenya Application.

Cara Install Visual Basic 6.0

Kemudian, pada jendela utama Installation Wizard for Visual Studio 6.0 Enterprise Edition, silahkan langsung saja klik Next.

Selanjutnya, pada jendela End User License Agremeent, silahkan klik opsi I accept the agreement. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Pada jendela Product Number and User ID, silahkan masukkan serial number yang terdapat di file SN.txt. Jika anda download dan menggunakan file master diatas, maka serial numbernya adalah 422-1111111. Anda juga dapat mengubah nama dan menambahkan nama perusahaan jika merasa perlu. Jika sudah selesai, silahkan klik Next untuk melanjutkan.

Serial Number VB 6.0

Kemudian, pada jendela selanjutnya yang muncul, biarkan saja Enterprise Setup Options menggunakan opsi Custom. Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, silahkan klik Next.

Pada jendela Choose Common Install Folder anda dapat memilih lokasi dimana hendak menginstall Visual Basic 6.0. Namun, jika ruang kosong partisi C masih cukup besar, maka abaikan saja bagian ini dan langsung saja klik Next.

Kemudian, pada jendela selanjutnya silahkan klik Continue untuk melanjutkan proses setup VB 6.0.

Pada jendela selanjutnya akan ditampilkan detail serial number yang sebelumnya anda masukkan. Anda tidak perlu merubah apapun dan langsung saja klik Ok.

Selanjutnya, setup VB 6.0 akan mempersiapkan proses install dan mencari komponen apa saja yang sebelumnya sudah terinstall. Pada bagian ini akan muncul keterangan Setup is searching for installed components…. Bagian ini akan membutuhkan waktu beberapa menit, silahkan tunggu hingga muncul jendela selanjutnya.

Pada jendela selanjutnya, akan muncul daftar opsi yang dapat anda install dari Microsoft Visual Studio 6.0. Namun, yang paling penting adalah anda harus memastikan bahwa opsi Microsoft Visual Basic 6.0 tercentang, selebihnya dapat anda abaikan. Setelah itu, silahkan klik Continue untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Selanjutnya, pada jendela Setup Environment Variables silahkan langsung saja klik Ok untuk melanjutkan.

Pada jendela selanjutnya, silahkan klik Yes untuk menggunakan visual format database yang baru saat membuat program nantinya.

Selanjutnya, setup VB 6.0 akan memeriksa ruang kosong di partisi C. Jika tidak ada masalah, maka proses install akan berlangsung.

Setelah proses install selesai maka akan dilakukan update sistem dan akan muncul keterangan Setup is updating your system….

Jika saat updating system muncul jendela Windows Security Alert, maka silahkan klik Allow access. Langkah ini diperlukan karena sering kali terdapat script install yang tidak diizinkan untuk dieksekusi, oleh karena itu anda perlu memberikan izin tersebut.

Kemudian, pada jendela Windows NT Debug Symbols silahkan klik Ok untuk menutup pemberitahuan tersebut.

Proses update sistem ini akan berlangsung cukup lama, sekitar 10 menit atau lebih. Bahkan, kadang kala pada beberapa kasus bisa terjadi Not Responding. Jika terjadi demikian dan sudah berlangsung sekitar 10 menit, maka langsung saja restart PC Desktop atau Laptop yang digunakan karena sebenarnya VB 6.0 sudah terinstall.

Setelah melakukan restart anda dapat memeriksa apakah proses install yang dilakukan sudah berhasil atau belum. Silahkan buka Microsoft Visual Basic 6.0 melalui start menu.

Cara menjalankan visual basic 6.0

Jika proses install berhasil, maka anda sudah dapat menggunakannya untuk mulai membuat program dengan Visual Basic 6.0.

Itulah cara mudah install Microsoft Visual Basic 6.0 Enterprise Edition di Laptop Windows. Cara ini dapat anda lakukan pada semua edisi Windows, baik itu pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Jadi, bagi anda yang ingin membuat program menggunakan VB 6.0, maka cara ini sangat tepat untuk digunakan.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here