Cara Download dan Install Offline Mozilla Firefox di Windows

0
169

Cara download dan install Mozilla Firefox Quantum secara offline di Windows

Saat menggunakan Laptop atau Komputer, salah satu aktivitas yang sering dilakukan adalah internetan. Agar bisa internetan, maka tentu anda memerlukan sebuah aplikasi browser. Salah satu browser populer yang bisa anda install dan gunakan untuk browsing di Laptop Windows adalah Mozilla Firefox.

Mozilla Firefox merupakan browser atau peramban web lintas platform yang bisa digunakan pada berbagai sistem operasi, salah satunya bisa anda gunakan di Komputer Windows. Mozilla Firefox sendiri merupakan salah satu browser Komputer yang paling populer, selain Google Chrome.

Mozilla Firefox yang pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2004 merupakan browser yan selalu melakukan update. Bahkan pada tahun 2017 Firefox melakukan perombakan dan perubahan besar-besaran dengan menghadirkan Mozilla Firefox Quantum. Versi terbaru ini sama sekali berbeda dengan Firefox sebelumnya, baik dari segi fitur maupun tampilan. Kehadiran versi terbaruk Firefox ini tentu saja membuatnya menjadi semakin menarik dibanding browser Komputer lainnya.

Dengan adanya fitur keren dan menarik dari Mozilla Firefox, maka browser ini sangat cocok untuk menjadi pilihan anda dalam berselancar di internet. Anda bisa menginstallnya secara gratis di Laptop atau PC Desktop Windows yang digunakan. Kalau anda tidak mau install online karena biasanya lama, maka anda juga bisa mendownload installer offline Mozilla Firefox Quantum agar bisa install secara offline.

Cara Download dan Install Mozilla Firefox Quantum Secara Offline

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda bisa menginstall browser Mozilla Firefox Quantum secara offline di Laptop atau Komputer Windows. Jadi, anda tidak perlu install online yang biasanya lama dan sering gagal jika jaringan internet yang digunakan kurang stabil.

Selain itu, jika anda memiliki installer offline tersebut, maka bisa juga anda gunakan untuk menginstall Mozilla Firefox di Komputer lain tanpa mendownload lagi.

Baca Juga :
Cara Install dan Aktivasi Corel Draw X7 di Windows 10,8,7

Download Installer Offline Mozilla Firefox Quantum

Agar anda bisa menginstall browser Mozilla Firefox Quantum secara offline, maka tentu saja anda harus memiliki master installernya. Master installer juga bukan yang biasa digunakan untuk install online, tapi harus yang installer offline.

Jika anda mendownload file master installer Firefox langsung dari situs resminya, maka file yang akan anda dapatkan adalah installer online yang ukurannya hanya beberapa KB. Jadi, jika anda ingin mendapatkan file installer offline Mozilla Firefox Quantum, maka silahkan download melalui salah satu link berikut.

  • Klik disini untuk download installer offline Mozilla Firefox Quantum 32 bit, bisa digunakan pada Windows 32 bit dan 64 bit.
  • Klik disini untuk download installer offline Mozilla Firefox Quantum 64 bit, hanya bisa digunakan pada Windows 64 bit.

Jadi, silahkan anda download installer offline Firefox sesuai dengan bit Windows di Laptop yang digunakan. Jika menggunakan Laptop Windows 64 bit, maka sebaiknya download yang bersi 64 bit.

Install Mozilla Firefox Quantum Secara Offline di Windows

Setelah anda mendonwload installer offline Mozilla Firefox Quantum, maka anda sudah bisa langsung menginstallnya di Komputer Windows yang digunakan. Proses install ini sangat mudah, dan siapa saja bisa melakukannya. Untuk menginstall Firefox secara offline, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan ekstrak file installer offline Mozilla Firefox yang sudah anda download. Kemudian, silahkan buka folder hasil ekstrak dan anda akan menemukan file setup Mozilla Firefox di dalamnya.

Langkah selanjutnya adalah silahkan jalankan file installer tersebut sebagai administrator, dengan cara klik kanan file tersebut kemudian klik Run as administrator. Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes.

Baca Juga :
Cara Download dan Install NET Framework 3.5 Secara Offline

Jalankan installer offline Mozilla Firefox

Setelah itu, installer Firefox akan melakukan proses ekstrak, anda tidak perlu melakukan apa-apa dan tunggu saja hingga selesai. Setelah terbuka jendela Mozilla Firefox Setup dengan tampilan Welcome, silahkan langsung saja klik Next.

Selanjutnya, pada halaman Setup Type silahkan anda biarkan saja pada opsi Standard. Kemudian, klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Pada halaman selanjutnya anda bisa memilih lokasi dimana ingin menginstall Firefox tersebut. Namun, jika kapasitas partisi C anda masih banyak yang kosong, maka biarkan saja pada lokasi default. Silahkan anda klik tombol Install untuk memulai proses install browser Mozilla Firefox Quantum.

Install Mozilla Firefox Quantum

Setelah itu, proses install akan berlangsung dengan cepat, jadi silahkan tunggu saja hingga selesai. Jika sudah selesai terinstall, maka biarkan saja bagian Launch Firefox now tercentang jika anda ingin langsung membukanya. Kemudian yang terakhir, silahkan klik tombol Finish untuk menutup jendela setup tersebut.

Mozilla Firefox sudah terinstall di Komputer

Setelah itu anda sudah bisa membuka dan menggunakan browser Mozilla Firefox untuk internetan di Laptop / Komputer Windows. Jika anda ingin terus mendapatkan fitur baru dan perbaikan dari Firefox, maka sesekali anda harus mengupdate Mozilla Firefox tersebut.

Mozilla Firefox Quantum siap digunakan

Penutup

Demikian cara mudah download dan install Mozilla Firefox Quantum di Laptop atau PC Desktop. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa browser ini bisa digunakan pada semua sistem operasi, termasuk Windows.

Pada Windows sendiri anda bisa menginstall Firefox menggunakan installer offline pada Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10. Jadi, anda bisa menginstall browser ini di Komputer manapun.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda