Cara Download dan Install .NET Framework 3.5 Secara Offline

2192

Download dan Install Microsoft .Net Framework 3.5

.NET Framework merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada sistem operasi Windows. Program ini digunakan untuk menjalankan dan mendukung pengembangan berbagai jenis aplikasi Windows. Dengan kata lain, Microsoft .NET Framework ini bisa juga dikatakan sebagai pondasi dari beberapa aplikasi. Artinya, terdapat beberapa aplikasi Windows yang tidak akan dapat dijalankan jika tidak terinstall NET Framework ini.

Setiap aplikasi Windows yang dikembangkan menggunakan versi NET Framework yang berbeda-beda. Pada Windows 8 dan Windows 10 sebenarnya sudah ditanamkan NET Framework bawaan yaitu NET Framework 4.5. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ada banyak aplikasi yang dikembangkan sebelum hadirnya Windows 8/8.1 dan Windows 10 maupun NET Framework 4.5. Artinya aplikasi-aplikasi tersebut masih menggunakan NET Framework versi sebelumnya, yaitu NET Framework 3.5. Bahkan, ada juga yang masih menggunakan versi 2.0 dan 3.0. Dengan demikian aplikasi tersebut hanya akan dapat dijalankan setelah anda menginstall NET Framework 3.5 yang didalamnya juga sudah termasuk versi 2.0 dan 3.0.

Jika anda ingin install NET Framework 3.5, maka ada 2 cara yang dapat ditempuh, yaitu secara online maupun secara offline. Sayangnya, jika proses install dilakukan secara online, maka dibutuhkan koneksi internet yang stabil agar dapat berhasil. Bahkan, sering kali proses install ini sudah ditunggu lama dan pada akhirnya gagal juga. Oleh karena itu, sebagian besar pengguna lebih memilih melakukan install secara offline menggunakan file installer NET Framework versi Offline.

Download dan Install NET Framework 3.5 Secara Offline

Jika anda hendak menginstall Microsoft .Net Framework 3.5 (includes .NET 2.0 and 3.0), maka anda harus memiliki file installer offline terlebih dahulu. Tentu saja anda harus melakukan proses download installer offline NET Framework 3.5 tersebut. Setelah itu, pada tahap selanjutnya anda sudah dapat melakukan proses install NET Framework 3.5 secara offline.

Download Installer NET Framework 3.5 Versi Offline

Jika anda ingin mengunduh file installer Microsoft NET Framework 3.5 secara offline, maka caranya sangat mudah. Anda bisa mendapatkan versi NET Framework 3.5 sesuai dengan jenis Windows yang digunakan. Jika anda ingin menginstallnya pada Windows 8, maka silahkan download versi Windows 8, sesuaikan juga untuk Windows 8.1 dan Windows 10. Anda dapat download file installer tersebut menggunakan salah satu dari ketiga link berikut ini.

Silahkan anda pilih dan download sesuai dengan jenis Windows yang digunakan. Jika anda menggunakan Windows 10, maka silahkan download Framework untuk Windows 10. Anda cukup sesuaikan saja jika menggunakan Windows 8 maupun Windows 8.1.

Install NET Framework 3.5 Secara Offline

Setelah anda download file installer offline diatas, maka anda sudah dapat menginstall Microsoft NET Framework versi 3.5 secara offline. Anda tidak usah khawatir karena proses install versi offline ini sangat mudah dan tidak rumit sama sekali. Anda cukup mengikuti petunjuk dan langkah-langkah berikut ini.

Silahkan ekstrak file installer NET Framework 3.5 yang sudah anda download sebelumnya. Setelah itu, silahkan buka folder dotnet kemudian jalankan file exe (Run as administrator) yg terdapat di dalamnya. Jika anda menggunakan Windows 10, silahkan jalankan DotNet_Win10, sesuaikan juga jika menggunakan Windows 8 atau Windows 8.1.

Menjalankan file dotnet Windows 10

Selanjutnya, pada jendela Setup DotNet, silahkan klik Install untuk memulai proses install NET Framework versi 3.5 secara offline. Setelah itu, anda cukup menunggu hingga proses ekstrak dan install selesai.

Cara Install .NET Framework 3.5 (include .NET 2.0 and 3.0)

Jika sudah selesai, akan muncul kotak dialog baru berisi informasi Operation Completed. Pada kotak dialog tersebut anda juga akan diminta untuk konfirmasi penghapusan file sementara (temporary file) dari file yang diekstrak sebelumnya. Silahkan klik Yes untuk menghapus file sementara hasil ekstrak tadi karena sudah tidak dibutuhkan.

Mengatasi .NET Framework 3.5

Setelah itu silahkan klik Close untuk menutup jendela Setup NET Framework 3.5. Sampai pada tahap ini, anda sudah selesai dan berhasil menginstall versi framework ini secara offline. Untuk memastikan, silahkan anda jalankan kembali program atau aplikasi yang meminta dukungan NET Framework 3.5 ini.

Itulah cara mudah jika anda ingin download dan install Microsoft .NET Framework 3.5. Dengan demikian, anda sudah dapat menjalankan berbagai jenis aplikasi yang membutuhkan versi Framework ini. Sebagai informasi tambahan, setelah anda menginstall dotnet versi 3.5 ini, maka didalamnya juga sudah termasuk .NET versi 2.0 dan 3.0. Jadi, jika anda memiliki aplikasi yang membutuhkan dukungan .NET Framework 2.0 maupun 3.0, maka anda tidak perlu lagi menginstall .NET Framework 2.0 dan 3.0 secara terpisah.

ARTIKEL TERKAIT

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here