Cara Download dan Install Offline Browser Opera di Windows

0
144

Cara download dan install web browser Opera di Laptop Windows

Aplikasi web browser pada Komputer atau Laptop tentu sudah menjadi salah satu yang harus ada. Meskipun Windows sudah menyertakan browser bawaan seperti Microsoft Edge pada Windows 10, namun kadang pengguna kurang puas dengan fiturnya. Jika anda termasuk yang merasa kurang puas, maka salah satu pilihan web browser yang bisa anda install adalah Opera.

Opera web browser merupakan salah satu aplikasi browsing yang cukup populer bagi pengguna Windows. Popularitas browser yang pertama kali rilis pada tahun 1995 ini hampir sama dengan Google Chrome maupun Mozilla Firefox.

Popularitas Opera sebagai salah satu peramban web yang banyak digunakan di Komputer Windows tentu saja didukung dengan fitur yang keren dan menarik. Selain fitur-fitur keren yang sudah ada pada web browser pada umumnya, ada juga fitur khusus yang tidak akan anda temukan di web browser Komputer lain. Fitur khusus browser Opera yang tidak ada pada browser lain seperti sudah adanya VPN dan pemblokir yang bisa anda aktifkan kapan saja.

Jadi, jika anda menggunakan browser ini, tidak perlu lagi repot menginstall Adblock jika hendak memblokir iklan. Selain itu, anda juga tidak perlu mengistall VPN jika ingin mengakses situs website yang terblokir.

Namun, sama seperti software Komputer pada umumnya, anda harus menginstall dulu browser Opera ini jika ingin menggunakannya. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah menginstall browser web Opera menggunakan installer Offline.

Cara Download dan Install Web Browser Opera di Windows

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda bisa menginstall browser Opera ini secara offline. Jadi, anda tidak perlu menginstallnya secara online yang kadang akan lama dan juga sering gagal jika koneksi internet bermasalah.

Baca Juga :
Cara Download dan Install Software Power ISO di Windows

Download Installer Offline Browser Opera

Jika anda ingin menginstall Opera secara offline atau tanpa koneksi internet, maka tentu anda harus memiliki file installer offline browser ini. Untuk mendapatkan file master tersebut, maka anda bisa mendonwloadnya secara gratis.

Untuk mendownload file master installer offline Opera, bisa melalui salah satu tautan berikut. Silahkan anda klik link download sesuai dengan bit Windows yang anda gunakan, entah itu 32 bit ataupun 64 bit.

  • Klik disini untuk mendownload installer offline Opera 32 bit, untuk Windows 32 bit.
  • Klik disini untuk mendownload installer offline Opera 64 bit, untuk Windows 64 bit.

Jika file master tersebut sudah anda download, maka anda sudah bisa menggunakannya untuk melakukan instalasi offline Opera di Komputer manapun.

Menginstall Web Browser Opera Secara Offline

Untuk menginstall web browser Opera secara offline, maka anda bisa melakukannya dengan sangat cepat dan mudah. Jika anda ingin melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan cari file master Opera yang sudah anda download, kemudian ekstrak file tersebut. Setelah itu, silahkan buka folder hasil ekstrak dan anda akan menemukan file setup Opera.

Untuk menginstallnya, silahkan klik kanan pada file Opera tersebut, kemudian klik Run as administrator. Lalu, pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes.

Menjalankan installer Opera browser

Setelah terbuka jendela setup Opera, silahkan langsung saja klik tombol Install untuk memulai proses instal.

Menginstall Opera di Komputer Windows secara offline

Setelah itu, proses install Opera web browser akan berlangsung, jadi silahkan tunggu hingga selesai.

Jika sudah selesai, maka jendela setup tersebut akan tertutup secara otomatis dan akan terbuka browser Opera. Selain itu, proses install ini juga akan mengubah browser default di Laptop Windows anda. Jika anda tidak ingin menjadikan Opera sebagai browser default, maka silahkan menggantinya kembali di Settings Windows.

Baca Juga :
Cara Install dan Aktivasi Corel Draw X7 di Windows 10,8,7

Setelah itu, anda sudah bisa menggunakan browser Opera untuk browsing internet dan mencari informasi ataupun mendownload file. Namun, agar anda selalu mendapatkan fitur baru dari Opera, maka sesekali anda harus mengupdate browser Opera tersebut.

Opera browser sudah terinstall dan bisa digunakan

Penutup

Demikian cara mudah download dan install web browser Opera secara offline di Komputer Windows. Sebagai informasi tambahan bahwa browser ini kompatibel dengan Windows 7, Windows 8.1, ataupun Windows 10. Jadi, setelah mendownload installernya, maka anda kemudian bisa install di Komputer manapun secara offline.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda