Download, Install, dan Aktivasi AOMEI Partition Assistant

4826

Cara download, install, dan aktivasi AOMEI Partition Assistant Technician Edition

AOMEI Partition Assistant merupakan tool Partisi dengan ketersediaan fitur yang sangat lengkap. Ada banyak edisi yang dikeluarkan oleh AOMEI Partition, salah satunya adalah AOME Partition Assistant Technician Edition. Dengan menggunakan tool ini anda bebas memodifikasi pengaturan hardisk pada PC Dekstop maupun Laptop yang digunakan.

AOMEI Partition Assistant berbeda dengan Disk Management bawaan Windows yang memiliki banyak keterbatasan dan resiko kehilangan data yang tinggi. Dengan menggunakan tool partisi ini, maka anda dapat mengutak-atik pengaturan hardisk Laptop tanpa harus khawatir kehilangan data. Contoh sederhana yang dapat anda lakukan dengan Tool ini adalah convert partisi GPT ke MBR dan sebaliknya, menambah atau mengurangi partisi C, menggabungkan dan memecah partisi, memperbaiki partisi yang corrupt, dan masih banyak lagi hal menarik lainnya.

Tapi, Seperti program lainnya, agar dapat menggunakan Tool ini maka anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Anda harus install AOMEI Partition Assistant pada Laptop yang digunakan. Proses install software ini tidak akan memakan waktu lama. Anda hanya perlu melakukan tiga tahap penting agar dapat menggunakan tool partisi ini. Ketiga tahap tersebut adalah anda harus download, menginstall, dan melakukan aktivasi AOMEI Partition Assistant agar menjadi versi Pro atau Premium.

Cara Download, Install, dan Aktivasi AOMEI Partition Assistant

Seperti yang diutarakan sebelumnya, agar dapat digunakan maka anda harus install AOMEI Partition Assistant terlebih dahulu. Tapi, agar anda dapat melakukan proses instalasi software, tentu saja anda harus memiliki file master software tersebut. Oleh karena itu, anda harus download file master AOMEI Partition Assistant terlebih dahulu.

Setelah anda downlaod dan Install, maka langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi dengan memasukkan serial number atau product key. Anda harus melakukan aktivasi ini agar AOMEI Partition Assistant dapat digunakan.

1. Download AOMEI Partition Assistant Technician Edition

Tahap pertama yang harus anda gunakan jika ingin menggunakan tool partisi ini adalah mendownload file masternya agar dapat diinstall. Salah satu edisi terbaik dari AOMEI Partition adalah Technician Edition. Oleh karena itu, silahkan anda download file master AOMEI Partition Assistant Techician Edition terlebih dahulu.

Jika proses download selesai, pastikan bahwa didalam file yang anda download terdapat dua file, yaitu file PAssist_Tech.exe dan file Serial.txt. Jika lengkap, maka anda sudah bisa melangkah ke tahap berikutnya yaitu menginstall AOMEI Partition Assistant Techician Edition.

2. Install AOMEI Partition Assistant Technician Edition

Cara install AOMEI Partition Assistant Technician Edition di Laptop Windows sebenarnya tidaklah sulit. Pada dasarnya sama saja ketika anda menginstall software atau aplikasi yang lain. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama adalah silahkan ekstrak file master AOMEI Partition Assistant Technician Edition yang sudah anda download. Setelah itu buka folder hasil ekstrak, dan jalankan file PAssist_Tech.exe (Run as administrator) yang terdapat didalamnya. Pada jendela UAC, silahkan klik Yes untuk memberikan izin menjalankan installer sebagai administrator.

Menjalankan file AOMEI sebagai administrator

Selanjutnya akan muncul jendela pengaturan bahasa dimana anda dapat mengganti bahasa yang ingin digunakan. Namun, karena anda tidak mungkin menggunakan Bahasa Indonesia karena tidak tersedia, maka biarkan saja secara default (English) dan klik Ok untuk melanjutkan.

Memilih bahasa setup AOMEI

Selanjutnya akan muncul jendela awal setup yang berisi tulisan Welcome. Pada langkah ini anda tidak perlu mengubah apapun dan langsung saja klik Next untuk lanjut ke langkah berikutnya.

Welcome Setup AOMEI

Selanjutnya, pada jendela License Agreement yang muncul, silahkan klik pada checkbox I accept the agreement. Jika sudah selesai silahkan klik Next untuk melanjutkan.

Licence Agreement AOMEI

Setelah itu akan muncul jendela Information yang berisi informasi tentang software partisi ini. Pada bagian ini anda juga tidak perlu mengubah apapun dan langsung saja klik Next.

Information AOMEI

Pada jendela Select Destination Location anda dapat mengubah lokasi penyimpanan file instalasi dengan cara klik Browse… kemudian pilih lokasi folder yang diinginkan. Namun, jika anda tidak ingin mengubahnya dan tetap membiarkannya terinstall di partisi C, maka langsung saja klik Next.

Select Destination Folder AOMEI

Selanjutnya, pada jendela Select Start Menu Folder klik Browse… jika anda ingin mengubah lokasi penyimpanan shortcut untuk Start Menu. Namun, jika anda juga tidak ingin mengubahnya, maka langsung saja klik Next untuk melanjutkan.

Select Start Menu Folder Shortcut AOMEI

Pada jendela Select Additional Tasks anda dapat membuat Desktop icon dan Quick Launch icon dengan menambahkan ceklist pada Checkbox masing-masing. Jika anda sudah menandai apa yang ingin ditambahkan sebagai shocrtcut, silahkan klik Next.

Additional Taks AOMEI Setup

Setelah itu, jika anda sudah berada pada jendela Ready to Install, maka software AOMEI Partition Assistant sudah siap untuk diinstall. Jika tidak ada lagi yang ingin anda ubah, maka silahkan klik Install untuk memulai proses install.

Install AOMEI Partition Assistant Technician Edition

Silahkan tunggu hingga proses install AOMEI Partition Assistant selesai. Jika sudah selesai, maka silahkan klik Finish untuk menutup jendela setup.

Finish Install AOMEI Partition

Sampai pada tahap ini, anda sudah berhasil menginstall software AOMEI Partition Assistant. Namun, anda tidak dapat langsung menggunakannnya melainkan harus aktivasi dengan cara memasukkan product key atau serial number terlebih dahulu.

3. Aktivasi AOMEI Partition Assistant Technician Edition

Agar dapat digunakan, setelah anda install AOMEI Partition Assistant anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu. Aktivasi AOMEI Partition Assistant Technician Edition dilakukan dengan cara memasukkan serial number atau product key.

Silahkan anda buka software AOMEI Partition Assistant yang sudah terinstall di Laptop yang digunakan. Anda dapat membukanya melalui Start Menu maupun menggunakan shortcut Desktop.

Setelah anda membukanya, maka akan muncul jendela Register yang berisi kolom untuk memasukkan serial number atau product key AOMEI Partition Assistant Technician Edition. Silahkan anda buka kembali folder hasil ekstrak file master yang sudah anda download. Pada folder tersebut silahkan buka file Serial.txt.

Pada file tersebut terdapat dua serial number. Silahkan anda pilih salah satu serial number kemudian masukkan di kolom jendela Register lalu klik Register. Tunggu hingga selesai dan muncul jendela yang berisi informasi Registration successfull! yang berarti proses aktivasi berhasil. Pada jendela tersebut silahkan klik Ok untuk menutupnya.

Cara aktivasi AOMEI Partition Technician Edition

Setelah anda melakukan aktivasi AOMEI Partition Technician Edition, maka anda sudah dapat menggunakannya. Anda dapat menggunakan tool partisi ini untuk melakukan aktivitas apa saja yang berhubungan dengan hardisk dan partisi.

Itulah cara download, install, dan aktivasi AOMEI Partition Assistant Technician Edition Full version. Dengan menggunakan tool partisi ini, maka anda dapat memodifikasi partisi dan disk sesuka hati. Bagian paling menariknya adalah karena resiko kehilangan data saat operasi sangat sedikit. Jadi, anda bisa terhindar dari rasa was-was dan keragu-raguan.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here