Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu File

4598

menggabungkan file pdf

Menggabungkan File PDF Menjadi Satu File – Bagi anda yang sering berurusan dengan file dokumen, lebih khusus jika sering menggunakan file PDF, maka bisa terjadi berbagai macam kondisi dan kebutuhan tertentu. Misalnya saja terdapat beberapa file PDF yang terpisah, kemudian untuk keperluan tertentu maka file tersebut harus digabungkan menjadi satu file PDF. Tujuannya bisa bermacam-macam, seperti agar filenya tidak berantakan, agar isi filenya tersusun rapi, atau sudah menjadi syarat oleh atasan atau dosen.

Jika mengalami kasus tersebut, maka anda bisa menggabungkan file PDF yang terpisah menjadi satu file sesuai dengan keinginan dan keperluan tertentu. Namun, yang menjadi masalah adalah jika anda tidak mengetahui bagaimana cara menggabungkan file PDF yang terpisah menjadi satu file. Untuk itulah pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara menggabungkan file PDF yang terpisah menjadi file PDF.

Menggabungkan file PDF yang terpisah menjadi satu file

Ada berbagai macam jenis file PDF yang biasanya perlu digabungkan. Misalnya saja, file PDF hasil scan, file PDF yang dibuat melalui word, file PDF yang diperoleh dari internet namun terpisah-pisah, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara menggabungkan file PDF menjadi satu file?.

Sebenarnya caranya sangatlah mudah dan bisa dilakukan dalam waktu singkat. Namun, untuk melakukan penggabungan file PDF, maka anda membutuhkan software pihak ketiga karena fitur penggabungan file PDF tidak disediakan secara default oleh OS Windows. Salah satu software yang bisa anda gunakan untuk menggabungkan file PDF menjadi satu file adalah software Nitro Pro. Lalu, bagaimana cara menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file PDF menggunakan Nitro Pro? silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah 1

Pastikan pada Laptop atau PC Dekstop yang anda gunakan sudah terinstall software Nitro Pro. Jika ternyata belum, maka silahkan anda menginstall software Nitro Pro terlebih dahulu.

Langkah 2

Silahkan buka software Nitro Pro. Pada tampilan awal software Nitro Pro, anda akan melihat beberapa menu. Untuk menggabungkan file PDF, silahkan klik menu Combine.

menggabungkan file pdf

Langkah 3

Selanjutnya, pada jendela Combine Files silahkan klik Add Files… untuk memilih semua file yang hendak digabungkan. Anda juga bisa langsung memilih folder jika file PDF yang hendak anda gabungkan sudah berada dalam satu folder dengan cara klik arah panah bawah pada tombol Add Files lalu pilih Add Folder.

menggabungkan file pdf

Langkah 4

Pada jendela yang muncul, silahkan cari lokasi file atau folder PDF anda kemudian pilih semua file atau foldernya lalu klik Open.

menggabungkan file pdf

Langkah 5

Setelah itu, anda akan kembali ke jendela Combine Files. Disini anda dapat menggeser file PDF yang telah dipilih sesuai dengan urutan yang diinginkan atau bisa juga dengan klik salah satu file PDF kemudian klik tombol Move Left atau Move Right untuk memindahkan urutan file ke kiri atau ke kanan. Untuk menghapus file PDF yang tidak dibutuhkan atau salah pilih, klik file tersebut lalu klik Remove. Untuk menampilkan hasil penggabungan setelah proses penggabungan selesai, silahkan centang pada Open PDF files after creation. Untuk memulai proses penggabungan file PDF, silahkan klik Create.

menggabungkan file pdf

Langkah 6

Setelah anda klik tombol Create, maka akan muncul jendela baru yaitu jendela Save As. Disini anda harus memilih lokasi penyimpanan dan nama file hasil penggabungan file PDF. Jika sudah selesai silahkan klik Save lalu tunggu hingga proses penggabungan file PDF selesai.

menggabungkan file pdf

Langkah 7

Setelah penggabungan file PDF yang telah dipilih selesai, maka anda bisa melihat hasilnya bahwa isi file PDF yang sebelumnya berada pada file PDF yang terpisah sekarang sudah berada dalam satu file PDF. Dengan demikian anda sudah berhasil menggabungan file PDF yang terpisah menjadi satu file PDF.

Itulah cara menggabungkan file PDF yang tepisah menjadi satu file PDF. Cara ini akan sangat bermanfaat jika anda hendak menggabungkan file PDF agar lebih rapi, atau memiliki tugas yang mengharuskan anda mengumpulkan satu file PDF yang dimana filenya saling terpisah. Dengan demikian anda bisa menggabungkan file PDF mana saja sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here