Cara Mengaktifkan Suara Startup Windows 10 Saat Laptop Dihidupkan

0
2521

Cara mengaktifkan suara startup di Windows 10

Jika anda pernah menggunakan Windows 7, maka anda akan menyadari bahwa ada suara khas saat Laptop atau Komputer dihidupkan dan masuk ke Windows. Suara tersebut memang sangat khas yang menandakan bawah Windows sudah masuk dan siap digunakan. Tapi, jika saat ini anda menggunakan Windows 7, maka suara startup tersebut tidak akan terdengar lagi.

Windows 10 hadir sebagai generasi penerus dari deretan sistem operasi Windows sebelumnya. Kehadirannya tentu saja membawa banyak fitur baru, namun ada juga fitur atau komponen Windows sebelumnya yang dihilangkan. Salah satunya adalah suara startup yang sudah tidak ada lagi pada Windows 10.

Suara startup adalah sebuah nada yang akan berbunyi ketika perangkat Komputer PC atau Laptop dinyalakan. Karena suara startup tersebut sudah tidak ada pada Windows 10, sehingga tidak akan ada lagi nada yang terdengar saat Komputer Windows 10 anda dinyalakan. Karena sudah menjadi suara ciri khas ditambah lagi popularitas Windows 7 yang sangat tinggi, sehingga tidak heran jika ada pengguna yang merasa rindu dengan suara startup tersebut.

Anda tidak usah risau jika menggunakan Windows 10 dan merindukan suara startup ketika anda menyalakan Komputer atau Laptop. Anda dapat mengaktifkan kembali suara startup tersebut meskipun anda menggunakan Windows 10.

Cara Mengaktifkan Suara Startup pada Windows 10

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda bisa mengembalikan suara startup yang tidak ada lagi pada Windows 10. Jadi, meskipun anda sekarang menggunakan Windows 10, anda tetap bisa mendengarkan suara khas saat Laptop dihidupkan.

Hal ini akan sangat cocok bagi anda yang belum terbiasa dalam menggunakan Windows tanpa suara startup seperti pada Windows 10. Namun, karena secara default suara startup tersebut tidak aktif di Windows 10, maka anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Baca Juga :
Cara Minimize Semua Jendela Program yang Terbuka di Windows

Untuk mengaktfikan suara startup di Windows 10 bisa anda lakukan dengan sangat mudah dan tanpa aplikasi khusus. Anda hanya perlu melakukan sedikit pengaturan melalui Control Panel. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan suara startup di Windows 10.

Langkah pertama adalah silahkan anda membuka Control Panel yang terdapat di Windows 10 anda. Caranya, anda bisa klik tombol Start kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci “control panel”.

Selanjutnya, pada jendela Control Panel yang terbuka, silahkan anda klik Hardware and Sound untuk membuka pengaturan suara. Kemudian, pada jendela selanjutnya silahkan anda klik Change system sound.

pengaturan suara di Windows 10 melalui Control Panel

Setelah itu, pada jendela Sound yang muncul, silahkan anda centang pada Play Windows Startup sound, kemudian klik Ok untuk menyimpan perubahan. Pengaturan ini akan membuat suara startup muncul lagi di Windows 10.

cara mengaktifkan kembali suara startup yang telah hilang di Windows 10

Sekarang anda telah berhasil mengaktifkan kembali sound startup yang sebelumnya terkubur pada Windows 10. Untuk mengujinya silahkan Restart Komputer atau Laptop Windows 10 anda. Setelah Laptop anda hidup dan masuk ke Windows 10, maka akan terdengar lagi nada khas Windows yang legendaris.

Jika dikemudian hari anda ingin mematikan kembali suara startup tersebut, maka silahkan ulangi langkah-langkah di atas. Kemudian, hilangkan tanda centang pada bagian Play Windows Startup sound yang telah anda berikan tadi.

Penutup

Demikian cara mudah mengaktifkan kembali suara startup yang telah dihilangkan pada Windows 10. Silahkan anda melakukan cara ini jika merasa rindu dengan sound startup yang menjadi ciri khas Windows.

Jadi, meskipun saat ini anda menggunakan Windows 10, anda tetap dapat mendengarkan suara startup sebagai penanda bahwa Windows sudah siap digunakan. Jadi, anda tetap bisa merasakan sensasi menghidupkan Laptop layaknya pada Windows 7.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda