3 Cara Menggabungkan File Part (001, 002, dst) Menjadi Satu

7471

Cara menggabungkan file part menjadi satu

Jika anda merupakan pengguna internet yang sering melakukan aktifitas download, baik itu download film, game atau software, maka pasti pernah menemukan file yang terpisah. Kadang kala ditemukan link download yang terpisah menjadi beberapa part atau bagian. Hasil download yang diperoleh pun sama, yaitu file yang seharusnya hanya ada satu justru terpecah menjadi beberapa file. File-file tersebut akan terpisah menjadi beberapa bagian dan memiliki ekstensi .001, .002, .003, dan seterusnya.

Pada dasarnya hal ini dilakukan untuk memecah file yang memiliki ukuran yang besar menjadi beberapa file terpisah. Biasanya, ini dilakukan karena situs yang akan ditempati mengupload file tersebut membatasi ukuran file yang akan diupload. Sehingga, jika kapasitas file melebihi batas yang sudah ditetapkan, maka jalan satu-satunya adalah memecah file tersebut menjadi beberapa file. Setelah file yang memiliki ukuran besar tersebut dipecah, maka akan terbentuk beberapa file yang memiliki ekstensi .001, .002, dst. Dengan demikian, setelah mengupload setiap part file tersebut, maka tentu pengguna juga harus download setiap part.

Jika anda mengalami hal ini, maka sebelum dapat menggunakan file yang sebelumnya didownload, terlebih dahulu anda harus menggabungkan file part atau file 001, 002, dst menjadi satu file. Jika anda belum menggabungkan file yang terpisah tersebut, maka software apapun tidak akan dapat digunakan untuk menjalankannya atau memainkannya. (Baca juga: Cara Menggabungkan File PDF)

3 Cara Menggabungkan File Part (001, 002, dst) Menjadi Satu

Untuk menggabungkan file yang terdiri dari beberapa part atau bagian menjadi satu file, maka anda dapat menggunakan beberapa cara. Cara-cara yang dapat anda gunakan untuk menggabungkan file 001, 002, 003, dst dapat menggunakan software kompresi seperti WinRAR maupun software khusus seperti HJsplit.

1. Menggabungkan File Part tanpa Software Menggunakan CMD

Cara pertama yang dapat anda gunakan untuk menggabungkan beberapa part file menjadi satu file utuh adalah tanpa menggunakan software. Anda dapat menggabungkan file 001, 002, 003, dst tanpa menggunakan software khusus. Alat yang digunakan untuk melakukan penggabungan adalah tool bawaan Windows yaitu Command Prompt (CMD).

Anda dapat menggabungkan file yang terdiri dari beberapa part menjadi satu hanya dengan bermodalkan CMD. Artinya, anda tidak perlu repot mengunduh software khusus hanya untuk melakukan penggabungan satu file yang terpecah. Untuk menggabungkan file part menjadi satu menggunakan CMD, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, silahkan pastikan bahwa semua bagian file sudah berada pada folder yang sama. Jika belum berada pada folder yang sama, silahkan pindahkan file yang terpisah agar berada pada satu folder yang sama.

Selanjutnya, silahkan buka CMD di Laptop Windows yang anda gunakan. Kemudian, arahkan direktori CMD ke direktori atau folder tempat file yang akan digabungkan tersimpan. Untuk mengatur direktori, silahkan ketikkan cd “nama direktori” pada jendela CMD. Pastikan anda menggunakan tanda petik jika nama direktori mengandung spasi. Misalnya, jika file-file yang akan anda gabungkan berada pada partisi D: dan di dalam folder New Folder, maka anda dapat mengetikan cd “D:\New folder”.

Menggabungkan file part tanpa software menggunakan CMD

Jika anda menjalankan CMD sebagai administrator, setelah anda mengubah direktori pada CMD maka anda perlu mengatur partisi yang diakses. Caranya sangatlah mudah, silahkan ketikkan path partisi tempat file yang akan digabungkan berada. Misalnya, jika berada pada partisiĀ D: silhakan ketikkan D: pada jendela CMD kemudian tekan enter di keyboard.

Langkah inti yang harus anda lakukan untuk menggabungkan file part atau file yang terdiri dari 001, 002, dst menjadi satu file adalah dengan mengetikkan perintah copy /b nama_file_part.ekstensi.* nama_file_utuh.ekstensi. Silahkan ganti nama_file_part dan ekstensi sesuai dengan nama file dan ekstensi file part yang akan anda gabungkan. Misalnya, jika file-file part anda memiliki nama aquaman.mkv.001, aquaman.mkv.002, aquaman.mkv.003, dst maka silahkan ketikan perintah copy /b aquaman.mkv.* aquaman.mkv pada jendela CMD. Setelah itu tekan enter di keyboard untuk memulai proses penggabungan file.

Menggabungkan file 001, 002, 003, dst tanpa software menggunakan CMD

Jika sudah selesai, maka anda akan menemukan satu file yang merupakan hasil penggabungan dari file-file part tadi.

2. Menggabungkan File Part Menggunakan WinRAR

Cara kedua yang dapat anda gunakan untuk menggabungkan file part atau file yang terpisah menjadi 001, 002, dst adalah dengan menggunakan software WinRAR. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan software kompresi seperti WinRAR. Hampir semua komputer Windows yang ada didunia ini menggunakan software yang satu ini sebagai salah satu software pengelolah RAR Archive.

Namun, mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa software WinRAR tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan kompress file. WinRAR juga dapat digunakan untuk memecah satu file berukuran besar menjadi beberapa file. Dengan demikian, software WinRAR ini juga dapat digunakan untuk menggabungkan file-file part hasil pecahan menjadi satu file utuh. Untuk melakukannya, silahkan anda mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan semua part dari file yang hendak disatukan terdapat dalam satu folder yang sama. Jika ternyata ada satu atau beberapa file part yang berada pada folder terpisah, maka silahkan satukan terlebih dahulu. Selain itu, file part harus lengkap dan tidak boleh kurang satupun. Misalnya, ketika file tersebut harusnya terdiri dari 5 part, kemudian yang anda miliki hanya 4 part, maka anda tidak akan dapat menggabungkan file tersebut.

Selanjutnya, pastikan pada komputer anda sudah terinstall software WinRAR versi terbaru. Jika anda belum memilikinya, silahkan install software WinRAR terlebih dahulu.

Setelah itu, silahkan klik kanan pada file part pertama (file 001 yang memiliki ikon RAR) dari file yang hendak digabungkan. Kemudian pada context menu yang muncul, silhakan pilih beberapa opsi ekstrak. Anda dapat memilih dengan cara klik Extract Here atau Extract to Nama_File untuk mengekstrak file tersebut.

Cara menggabungkan file part menggunakan WinRAR

Setelah proses ekstraksi file selesai, maka anda akan menemukan satu file yang merupakan hasil gabungan dari semua file part yang anda ekstrak tadi. Dengan demikian, anda sudah berhasil menggabungkan file part atau file 001, 002, dst menjadi satu file utuh.

3. Menggabungkan File Part Menggunakan HJ-Split

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk menggabungkan file part adalah dengan menggunakan software khusus yaitu HJ-Split. Software HJ-Split ini merupakan software khusus yang dapat anda gunakan untuk memecah file, dan tentu saja dapat juga digunakan untuk menggabungkan file. Untuk menggabungkan file part menjadi satu menggunakan software HJSplit, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah, sama seperti kedua cara sebelumnya yaitu memastikan semua file part sudah berada pada satu folder yang sama. Kemudian, pastikan bahwa anda sudah memiliki software HJ-Split pada penyimpanan komputer anda. Jika anda belum memiliki software-nya, silahkan download HJ-Split terlebih dahulu.

Selanjutnya silahkan jalankan software HJ-Split dengan cara double clik pada hjsplit.exe. Setelah itu, pada jendela HJ-Split, silahkan klik Join untuk menggabungkan file part atau file 001, 002, dst.

Cara menggabungkan file part menggunakan HJ-Split

Selanjutnya, pada jendela Join silahkan klik Input File untuk memasukkan file yang akan digabungkan. Maka akan terbuka jendela Select the first input file. Pada jendela ini silahkan cari dan pilih file pertama dari file-file yang akan anda gabungkan (file .001). Jika sudah anda temukan, silahkan klik file tersebut kemudian klik Open. Setelah itu, silahkan klik Start untuk memulai proses penggabungan file part menjadi satu file.

Cara menggabungkan file terpisah menjadi satu menggunakan HJSplit

Silahkan tunggu hingga proses penggabungan file selesai yan ditandai dengan munculnya jendela yang berisi informasiĀ Joining Completed. Setelah itu, silahkan tutup software HJ-Split.

Setelah anda melakukan salah satu dari ketiga cara diatas, maka anda akan menemukan satu file hasil penggabungan file part. File tersebut akan memiliki nama dan ekstensi yang sama dengan nama dan ekstensi file part yang anda gabungkan, bedanya adalah pada file hasil penggabungan tidak ada lagi ekstensi .001, .002., .003, dst. Silahkan anda gunakan file tersebut, kemudian anda dapat menghapus file part yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Cara menggabungkan file 001, 002, 003, dst menjadi satu menggunakan software HJSplit

Itulah 3 cara mudah menggabungkan file part atau file 001, 002 , 003, menjadi satu file. Cara ini dapat anda gunakan jika mendownload file yang memiliki ukuran besar dan sudah dipecah-pecah. Dengan demikian anda dapat download setiap bagian file kemudian menggabungkannya setelah selesai di download.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here