2 Cara Membagi File Berukuran Besar Menjadi Beberapa Part

1061

2 cara membagi file berukuran besar menjadi beberapa part

Dalam mengelolah sebuah file ada berbagai macam aktifitas yang sering dilakukan, salah satunya adalah membagikan file tersebut ke teman-teman anda. Untuk membagikan sebuah file ada berbagai macam cara, misalnya saja anda dapat berbagi langsung melalui sosial media atau mengupload ke situs cloud kemudian membagikan link file yang sudah diupload.

Jika anda hendak membagikan file dengan cara mengupload file ke situs penyimpanan online terlebih dahulu, maka ada banyak situs gratisan yang dapat digunakan. Situs atau website penyimpanan online tersebut dapat anda gunakan untuk mengupload file apa saja, baik itu berupa dokumen, musik, video, gambar, dll. Sayangnya, kebanyakan situs penyedia layanan penyimpanan online yang gratis membatasi kapasitas file yang diupload. Misalnya saja, ada yang membatasi setiap file hanya boleh berukuran maksimal 300MB, 500MB, 150MB, dll.

Hal ini tentu saja akan menjadi masalah jika anda hendak mengupload file dengan ukuran besar untuk dibagikan. Biasanya situs penyedia layanan online tersebut akan memberikan layanan premium yang tidak membatasi ukuran file yang diupload. Masalahnya, tentu saja anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli layanan premium hanya untuk berbagi file. Solusi alternatif adalah dimana anda dapat membagi atau memecah file berukuran besar tersebut menjadi beberapa part. Dengan demikian, anda tetap mengupload file berukuran besar dan tidak melewati kapasitas yang sudah ditentukan karena sudah dipecah menjadi beberapa file.

Praktek ini tentu saja sangat sering dilakukan, terutama bagi pengguna komputer yang sering mengupload file game, aplikasi, film, atau file berukuran besar lainnya. Sehingga, ketika pengguna mendownload file tersebut, maka harus mengunduh semua part file kemudian menggabungkan file part tersebut agar dapat digunakan.

Membagi atau Memecah File Berukuran Besar Menjadi Beberapa Part

Jika anda hendak mengupload sebua file namun ukurannya sangat besar, maka anda dapat memecah file tersebut menjadi beberapa bagian. Misalnya saja, anda memiliki file dengan ukuran 1GB maka anda dapat memecahnya menjadi file berukuran 200MB sehingga akan diperoleh 5 buah file. File-file tersebut nantikan akan memiliki ekstensi berupa 3 digit angka setiap file, seperti .001, .002, .003, dst.

Untuk membagi file yang memiliki kapasitas besar menjadi beberapa bagian, maka ada berbagai macam cara yang dapat anda gunakan. Dua cara yang sangat mudah untuk anda lakukan adalah dengan menggunakan WinRAR dan menggunakan software khusus yaitu HJ-Split.

1. Memecah File Berukuran Besar Menggunakan WinRAR

Cara pertama yang dapat anda gunakan untuk membuat file part adalah dengan menggunakan software kompresi WinRAR. Software ini merupakan software yang sangat disarankan karena sebagian besar komputer Windows di seluruh dunia sudah memasang software ini. Dengan demikian anda tidak perlu repot memasang software lagi hanya untuk melakukan pekerjaan memecah atau membagi file berukuran besar. Untuk melakukannnya, silahkan anda ikuti petunjuk atau langkah-langkah berikut.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memastikan bahwa pada Laptop yang anda gunakan sudah terinstall WinRAR. Jika ternyata belum, maka silahkan anda install terlebih dahulu.

Selanjutnya, silahkan klik kanan pada file yang akan anda pecah menjadi beberapa bagian. Setelah itu klik Add to archive… pada context menu.

Cara split file kapasitas besar menggunakan WinRAR

Pada jendela WinRAR, anda akan melihat bagian Split to volumes, size dibagian bawah. Silahkan isi bagian tersebut sesuai dengan kapasitas maksimal dari file yang sudah dipecah nantinya. Misalnya saja, jika anda hendak membagi file yang nantinya masing-masing akan berukuran 200MB, maka silahkan masukkan 200 pada bagian ini. Anda juga dapat mengubah jenis atau satuan dari angka yang dimasukkan, mulai dari B, KB, MB, dan GB. Jika sudah selesai mengatur semuanya, silahkan klik Ok untuk memulai proses pembagian file.

Membagi file berukuran besar menjadi beberapa bagian menggunakan WInRAR

Selanjutnya anda hanya perlu menunggu hingga proses membagi file menjadi beberapa part selesai. Jika sudah selesai, maka anda akan menemukan beberapa file yang masing-masing memiliki tambahan kata part1, part2, part3, dst pada nama filenya.

2. Memecah File Berukuran Besar Menggunakan HJ-Split

Cara kedua yang dapat anda gunakan jika hendak membagi atau memecah file berukuran besar menjadi beberapa part adalah dengan menggunakan software HJ-Split. Software ini merupakan sofware khusus untuk melakukan proses pembagian atau penggabungan file. Untuk dapat melakukan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah pastikan bahwa pada penyimpanan Laptop yang saat ini digunakan sudah terdapat software ini. Jika belum, silahkan download software HJ-Split terlebih dahulu.

Setelah itu, silahkan langsung jalankan file hjsplit.exe, anda tidak perlu menginstallnya karena ini merupakan software portable. Kemudian pada jendela HJ-Split, untuk membagi (split) file, silahkan klik Split.

Cara split file menggunakan HJ-Split

Selanjutnya pada jendela Split, silahkan klik Input File untuk menambahkan file yang akan dibagi menjadi beberapa part. Setelah itu silahkan cari dan klik file yang akan anda tambahkan kemudian klik Open di jendela Select the input file. Kemudian, pada bagian Split file size silahkan masukkan ukuran file yang anda inginkan, jangan lupa mengubah satuan menjadi Mbytes. Jika sudah beres, silahkan klik Start untuk memulai proses split file.

Cara mengecilkan ukuran file dengan cara split

Setelah itu anda hanya perlu menunggu proses memecah file menjadi beberapa bagian selesai yang ditandai dengan munculnya informasi Splitting Complete. Jika sudah selesai, maka anda akan menemukan file yang sudah dipecah menjadi beberapa bagian dan ditandai dengan ekstensi .001, .002, .003, dst. Langkah terakhir adalah silahkan tutup software HJ-Split jika tidak ingin memecah file lain.

Memecah file menjadi beberapa bagian

Itulah cara membagi file berukuran besar menjadi beberapa part atau beberapa bagian. Cara ini dapat anda gunakan jika hendak mengupload file-file tersebut sementara dibatasi kapasitas maksimal file yang dapat diupload. Cara seperti ini juga akan sangat membantu pengguna yang memiliki koneksi internet kurang stabil, karena dapat mengunduh file sedikit demi sedikit atau part demi part.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here