Cara Membuat Google Chrome Menjadi Full Screen di Laptop

|Diupdate 8 Juli 2020
0
321

Cara membuat Google Chrome menjadi full screen

Jika anda menggunakan browser Google Chrome untuk internetan di Laptop atau Komputer PC, maka tampilan bisa dibuat menjadi full screen. Artinya, anda dapat membuat browser tersebut menggunakan 100% dari area layar. Membuat Google Chrome menjadi full screen merupakan cara yang tepat jika anda ingin tampilan halaman web yang lebih luas.

Dengan membuat browser Google Chrome menjadi full screen saat sedang browsing, maka ini juga dapat membantu penglihatan menjadi lebih fokus pada isi/konten halaman web yang dibuka. Hal ini tentu saja karena elemen lain yang dimiliki Google Chrome seperti tab, kolom url, dll sudah dihilangkan.

Mode full screen biasanya digunakan saat menonton video menggunakan browser maupun aplikasi pemutar video. Tapi, meskipun anda hanya sedang browsing atau membaca artikel di browser Chrome, anda juga dapat menggunakan mode full screen. Cara yang dapat dilakukan juga sangat mudah dan tidak perlu menginstall ekstensi khusus. Hal ini karena Google Chrome sebenarnya sudah menyediakan fitur tersebut, hanya sja kurang disadari.

Cara Membuat Browser Google Chrome Menjadi Full Screen

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa dengan menggunakan mode full screen saat sedang browsing akan membuat penglihatan lebih fokus pada isi halaman web. Jika anda menginginkan hal ini, maka silahkan membuat browser Google Chrome yang digunakan menjadi full screen menggunakan langkah-langkah berikut ini.

  1. Silahkan buka browser Google Chrome yang anda gunakan untuk browsing di Laptop atau PC Desktop.
  2. Pada jendela Google Chrome, silahkan klik menu (icon titik tiga) yang terletak pada pojok kanan atas browser.
  3. Pada daftar menu yang muncul, silahkan klik icon full screen (icon paling kanan pada bagian Zoom) untuk mengubah browser Chrome menjadi layar penuh.
    Mengubah Google Chrome menjadi layar penuh
  4. Setelah itu maka tampilan browser Google Chrome anda akan memenuhi layar.

Selain menggunakan langkah-langkah di atas, anda juga dapat melakukan cara ini dengan menggunakan shortcut Keyboard. Tombol shortcut di Keyboard untuk mengubah Google Chrome menjadi full screen adalah F11 (atau Fn + F11).

Mengembalikan Google Chrome ke Mode Normal

Jika anda sedang menggunakan mode full screen saat browsing di Google Chrome dan hendak kembali ke mode normal, maka caranya juga sangat mudah. Biasanya ini dilakukan jika hendak pindah tab atau memasukkan url lain.

Untuk mengembalikan Google Chrome menjadi mode normal, maka silahkan arahkan kursor ke bagian atas layar, kemudian klik icon tanda x. Atau, anda juga dapat melakukannya dengan cara menekan tombol F11 (atau Fn + F11) di Keyboard.

Menutup Google Chrome full screen

Itulah cara mudah mengubah atau membuat browser Google Chrome Desktop menjadi full screen. Cara ini sangat tepat untuk anda gunakan jika hendak lebih fokus pada isi konten halaman web dan menyembunyikan komponen lain dari Google Chrome. Selain itu, cara kembali ke mode normal juga sangat mudah.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda