Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet dan Tidak Cepat Rusak

|Diupdate 13 November 2020
0
1188

Cara merawat Laptop agar tidak cepat rusak
Komputer merupakan alat yang sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang pada era modern ini. Seiring dengan kemajuan teknologi, hadirlah sebuah komputer yang sangat kecil dan bisa dibawa kemana-mana yaitu Laptop. Laptop merupakan sebuah alat yang sangat membantu pekerjaan manusia karena dapat dibawa kemana-mana. Hal ini tentu saja lebih praktis jika dibandingkan dengan Komputer PC.

Dalam penggunaan Laptop tentu saja akan terjadi masalah seperti kerusakan. Untuk mengatasi hal tersebut tentu saja perlu dilakukan perbaikan Laptop yang membutuhkan dana. Coba fikirkan jika dana tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain, namun harus digunakan untuk keperluan perbaikan Laptop.

Semua pengguna tentu saja ingin agar Laptop yang digunakan tidak cepat rusak dan dapat bertahan dalam waktu yang lama. Tapi, seperti produk teknologi pada umumnya, Laptop tentu saja memiliki umur dan pada suatu saat akan mengalami kerusakan. Anda hanya bisa menghindari agar Laptop tersebut tidak terlalu cepat mengalami kerusakan. Untuk mencapai hal tersebut, anda tidak boleh melakukan kebiasaan yang dapat membuat Laptop lebih cepat rusak. Selain itu, anda juga perlu merawat Laptop tersebut agar memiliki umur yang panjang.

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada Laptop, maka anda perlu melakukan perawatan pada Laptop tersebut. Tapi, anda juga jangan sampai melakukan kesalahan dalam merawat Laptop yang justru akan memperparah keadaan. Agar anda bisa merawat Laptop yang digunakan silahkan perhatikan cara merawat Laptop berikut ini.

1. Batasi Waktu Penggunaan Laptop

Cara merawat Laptop yang pertama adalah anda perlu membatasi waktu penggunaan Laptop. Laptop adalah sebuah perangkat elektronik yang dirancang untuk keperluan komputasi dengan waktu penggunaan normalnya sekitar 4 jam. Kalau Laptop digunakan lewat dari itu apakah Laptop akan mati?.

Meskipun digunakan seharian, Laptop tersebut tidak akan mati begitu saja selama belum rusak. Tapi, anda tetap perlu membatasi waktu penggunaan Laptop tersebut dan tidak memaksakannya. Jika dipaksakan, maka Laptop dan komponen yang ada didalamnya akan lebih cepat mengalami kerusakan.

2. Jangan Menggunakan Laptop dengan Beralaskan Benda Empuk

Cara merawat Laptop selanjutnya adalah jangan menggunakannya diatas bantal, kasur dan benda empuk lainnya. Laptop bagaikan sebuah rumah yang memerlukan sebuah ventilasi sebagai tempat keluarnya udara agar suhu di dalam ruangan tidak terlalu panas. Begitu pun juga dengan Laptop, butuh sebuah ventilasi sebagai tempat keluarnya udara panas agar suhu komponen Laptop tidak terlalu panas.
Jangan gunakan Laptop di atas kasurKalau Laptop digunakan diatas bantal, kasur dan benda empuk lainnya tentu saja ventilasi yang ada akan tertutupi. Selain itu, beberapa pengguna juga sering membawa Laptop dalam tas Laptop dan tidak dikeluarkan saat digunakan. Hal ini tentu saja juga beresiko karena bagian tas tersebut yang juga empuk akan menutupi ventilasi Laptop sehingga udara panas tidak dapat keluar.

Akibatnya udara panas tidak dapat keluar dan komponen Laptop akan kepanasan. Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama, maka akan mengakibatkan Laptop cepat mengalami kerusakan.

3. Gunakan Laptop pada Suhu yang Normal

Cara merawat Laptop selanjutnya adalah jangan menggunakannya pada suhu yang ekstrim. Maksudnya disini terkait dengan suhu ekstrim adalah suhu yang terlalu dingin ataupun terlalu panas.
Jangan biarkan Laptop terlalu panasKomponen Laptop yang terlalu panas maka akan berakibat komponen tersebut lebih cepat rusak. Anda juga tidak boleh menggunakan Laptop pada suhu yang terlalu dingin agar tidak membeku dan menimbulkan uap yang dapat mengakibatkan korsleting.

4. Hindari Laptop Terkena Air

Cara merawat Laptop selanjutnya adalah usahakan agar Laptop yang digunakan tidak terkena air. Alasannya pasti sudah anda ketahui, kalau Laptop terkena air maka akan mengakibatkan terjadinya korsleting. Sehingga akan berakibat paling fatal dimana Laptop tidak mau menyala lagi.

5. Hindari Laptop Terkena Langsung Sinar Matahari

Kenapa Laptop tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung? Agar Laptop tidak hitam? ya tentu saja bukan. Lagi-lagi ini terkait dengan panas yang jika Laptop terkena langsung sinar matahari maka komponen Laptop akan lebih cepat panas dari yang seharusnya. Hal ini tentu saja diakibatkan oleh adanya sumbangan panas dari sinar matahari.

6. Jangan Mematikan Laptop Secara Paksa

Sebagai pengguna yang bijak jangan pernah mematikan Laptop secara paksa, dalam kondisi apapun. Alasannya sederhana, kalau komponen Laptop sedang bekerja dan dimatikan paksa, maka tentu saja arus listrik akan terputus dan komponen akan berhenti beroperasi secara tiba-tiba. Istilahnya tidak ada persiapan untuk berhenti dan dihentikan begitu saja. Hal ini sangat berbahaya karena bisa merusak komponen, terutama pada hardisk yang bisa mengakibatkan bad sector.

Ini juga menjadi bagian dari upaya merawat baterai Laptop yang juga akan lebih cepat rusak saat dimatikan secara paksa. Tapi kalau Laptop lagi hang atau lag, ya apa boleh buat anda bisa matikan dengan menekan lama tombol power sampai semua lampu indikator mati. Perlu diperhatikan agar anda tidak langsung mencabut baterainya.

Itulah beberapa cara merawat Laptop agar tidak cepat rusak dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Silahkan gunakan cara ini untuk meminimalisir kerusakan dalam rangka menghemat dana untuk perbaikan.

Windows 10 Murah Original

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda