Cara Mengatasi Gagal Aktivasi dengan Mengganti Ms Office

0
420

cara mengatasi gagal aktivasi office dengan mengganti microsoft office

Proses aktivasi Microsoft Office tentu sangat penting agar anda bisa terus menggunakannya. Jika tidak diaktivasi, maka anda hanya akan bisa menggunakan aplikasi Office seperti Word, Excel, dan PPT selama masa trial. Jika sudah lewat masa trial, maka aplikasi-aplikasi tersebut akan terkunci sehingga tidak bisa lagi digunakan.

Jika sudah demikian, maka jalan satu-satunya cara agar bisa terus menggunakan aplikasi Office adalah dengan melakukan aktivasi. Untuk melakukan aktivasi Office maka dibutuhkan product key. Namun, harga product key yang mahal membuat sebagian besar pengguna Office lebih memilih untuk melakukan aktivasi menggunakan CMD atau file batch.

Ketika melakukan aktivasi menggunakan CMD atau file batch, maka sebagian besar akan berhasil, namun tidak sedikit juga yang gagal. Jika proses aktivasinya berhasil, maka masalah sudah terselesaikan dan anda sudah bisa menggunakan aplikasi Microsoft Office lagi. Namun, jika proses aktivasinya gagal, maka anda tetap tidak bisa menggunakan Office 2016, 2019, 2021, atau 365 sehingga harus mencari solusi agar proses aktivasi bisa berhasil.

Penyebab Aktivasi Office Menggunakan CMD Gagal

Saat anda melakukan aktivasi Office menggunakan CMD atau file batch dan ternyata tidak berhasil, kemungkinan besar karena Microsoft Office yang anda gunakan tidak didukung oleh aktivator CMD tersebut. Biasanya akan muncul keterangan Office not support atau semacamnya.

Perlu diketahui bahwa aktivator menggunakan CMD atau file batch hanya bisa mengaktifkan edisi Office tertentu saja. Dengan kata lain, tidak semua edisi Office bisa diaktivasi menggunakan CMD. Jadi, jika kebetulan anda menggunakan Office yang tidak support oleh aktivator CMD, maka hasilnya adalah proses aktivasi gagal.

Cara Agar Aktivasi Office dengan CMD Bisa Berhasil

Agar proses aktivasi Office menggunakan CMD atau file batch bisa berhasil, maka anda harus menggunakan Office yang didukung oleh aktivator CMD. Jika edisi Office yang anda gunakan saat ini tidak support, maka anda harus install ulang Office dan menggantinya dengan edisi Office yang support.

Secara umum edisi Office yang support oleh aktivator CMD dan file batch adalah Office Professional Plus, baik itu untuk Office 2016, 2019, dan 2021. Jadi, yang perlu anda lakukan agar proses aktivasinya bisa berhasil dan anda bisa kembali menggunakan aplikasi Office di Laptop atau Komputer PC Windows adalah mengganti edisi Office.

Baca Juga : 4 Cara Aktivasi Office 2016 Permanen (100% Berhasil)

Anda hanya perlu menghapus Office yang lama, kemudian menginstall Office Professional Plus. Jika anda menggunakan Office 2016, maka anda bisa kembali menginstall Office 2016 Pro Plus, begitu juga dengan Office 2019 atau 2021. Jika anda menggunakan Office 365, maka silahkan ganti saja dengan Office 2021 Pro Plus karena secara umum fiturnya sama saja.

Apakah File Dokumen Office Hilang Jika Diganti?

Jika anda mengapus aplikasi Office kemudian menginstall edisi yang baru, maka tenang saja karena file-file dokumen Office yang sudah anda buat sebelumnya tidak akan hilang. File-file tersebut akan tetap aman dan terletak pada lokasi dimana anda menyimpannya.

Setelah anda menginstall Office yang baru dan sudah dilakukan aktivasi, maka file-file tersebut juga bisa kembali dibuka dan diedit seperti biasa. Jadi, tidak akan ada masalah sama sekali dengan file Word, Excel, dan PPT anda.

Jadi, silahkan anda langsung saja menghapus Office yang lama, kemudian menginstall Office Professional Plus agar proses aktivasinya bisa berhasil.

a. Menghapus Office yang Lama di Windows 10 / 11

Untuk menghapus aplikasi Office yang lama sebenarnya sangat mudah, anda hanya perlu melakukan proses uninstall. Untuk melakukan cara ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, silahkan klik kanan pada tombol Start yang ada di Taskbar.
  2. Kemudian, pada opsi yang muncul silahkan klik Apps and Features atau Installed apps.
    membuka daftar aplikasi terinstall
  3. Setelah itu akan ditampilkan daftar aplikasi yang ada di Laptop anda, silahkan scroll ke bawah dan cari Microsoft Office.
  4. Setelah ketemu, silahkan klik pada Microsoft Office kemudian klik Uninstall.
  5. Setelah itu klik Uninstall sekali lagi untuk mengkonfirmasi penghapusan.
    menghapus microsoft office
  6. Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes.
  7. Kemudian, pada jendela Ready to uninstall silahkan klik Uninstall.
    uninstall microsoft office
  8. Setelah itu proses uninstall Microsoft Office akan berlangsung, silahkan tunggu saja hingga selesai.
    proses uninstall office sedang berlangsung
  9. Setelah proses uninstall selesai yang ditandai dengan munculnya keterangan Done uninstalling, silahkan klik Close.
    uninstall office selesai
Baca Juga : Cara Install Microsoft Office 2016 Gratis di Windows

Jika proses uninstall sudah selesai, maka silahkan Restart Laptop atau Komputer PC Windows anda sebelum menginstall kembali Office yang baru.

b. Mendownload Microsoft Office Profesionnal Plus

Jika proses uninstall Microsoft Office sudah selesai, maka selanjutnya anda sudah bisa menginstall Office yang baru, yaitu Office Pro Plus. Namun, sebelum itu anda harus mendownload installer Office Pro Plus terlebih dahulu, sesuai dengan versi Office yang diinginkan. Jika anda sudah memiliki file installer Office Pro Plus, maka lewati saja bagian ini dan langsung ke proses install.

Silahkan anda download sesuai dengan Office berapa yang ingin anda install di Laptop, bisa Office 2016, 2019, atau 2021. Perlu diketahui bahwa ukuran file installer Office Pro Plus ini lumayan besar, yaitu sekitar 4 GB. Jadi, disarankan untuk mendownloadnya menggunakan jaringan WiFi.

Untuk mendownload file-nya, maka silahkan klik saja salah satu link download di bawah. Download Office 2016 Pro Plus Download Office 2019 Pro Plus Download Office 2021 Pro Plus

Jika sudah selesai anda download, maka anda sudah bisa langsung install di Laptop Windows yang digunakan.

c. Menginstall Office Pro Plus di Laptop Windows 10 / 11

Setelah anda mendowload file installer Office Pro Plus, entah itu Office 2016, 2019, atau 2021, maka anda sudah bisa langsung menginstallnya. Untuk menginstall Office yang sudah anda download, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, silahkan buka File Explorer kemudian cari file installer Office Pro Plus yang sudah didownload.
  2. Jika sudah ketemu, silahkan klik kanan pada file installer Office, kemudian klik Mount.
    membuka file img office
  3. Jika muncul jendela Security Warning, silahkan klik Open untuk tetap membuka file tersebut.
  4. Setelah itu file installer Office akan terbuka pada partisi baru, silahkan buka drive yang berisi installer Office tersebut.
  5. Kemudian jalankan file installer dengan cara klik kanan file Setup lalu klik Run as administrator.
    menjalankan setup installer office
  6. Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes.
  7. Setelah itu proses install Office 2016, 2019, atau 2021 akan berlangsung secara otomatis, silahkan tunggu hingga selesai.
    proses install office sedang berlangsung
  8. Jika proses install sudah selesai yang ditandai dengan munculnya keterangan Office is installed now, silahkan klik Close.
    office sudah selesai terinstall
  9. Terakhir, silahkan klik kanan pada drive installer Office yang tadi ter-mount, kemudian klik Eject.
    eject installer office
Baca Juga : 2 Cara Mengetahui Office Ori atau Tidak yang 100% Akurat

Setelah menginstall Office 2016, 2019, atau 2021, maka sekarang Laptop anda sudah menggunakan Microsoft Office yang berbeda dengan sebelumnya. Jadi, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengulangi proses aktivasi yang sebelumnya gagal karena Office tidak support.

d. Mengulangi Proses Aktivasi Office

Jika pada aktivasi sebelumnya gagal karena Office anda tidak support, maka sekarang anda sudah mengganti Office dengan yang didukung oleh aktivator CMD dan file batch. Jadi, sekarang anda hanya perlu mengulangi proses aktivasi seperti yang sebelumnya dilakukan.

Anda bisa melakukan aktivasi kembali sesuai dengan Office berapa yang sudah diinstall pada Laptop atau Komputer PC yang digunakan.

Karena anda sudah menggunakan Office yang support, maka kemungkinan proses aktivasi kali ini akan berhasil. Dengan demikian, anda sudah bisa menggunakan aplikasi Word, Excel, dan PPT sampai kapanpun karena sudah teraktivasi.

Penutup

Demikian cara mengatasi gagal aktivasi Office karena tidak support dengan mengganti Microsoft Office yang ada di Laptop Windows. Jadi, jika anda melakukan aktivasi menggunakan CMD atau file batch dan ternyata gagal dengan keterangan tidak support, silahkan coba lakukan cara di atas. Setelah anda mengganti edisi Office yang digunakan, maka kemungkinan besar proses aktivasi akan berhasil.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda