Cara Mengambil Uang Tanpa Kartu di ATM BRI, Pakai HP Saja

0
213

cara mengambil uang tanpa kartu di ATM BRI

Teknologi perbankan saat ini semakin berkembang pesat dan menemukan inovasi baru setiap harinya. Salah satu inovasi yang sangat keren dan dirasakan oleh nasabah adalah tidak diperlukan lagi kartu ATM jika hanya ingin menarik tunai di ATM BRI. Sekarang sudah ada cara yang dapat anda gunakan untuk tarik tunai atau mengambil uang di ATM BRI tanpa kartu.

Jika suatu saat anda keluar rumah dan hendak tarik uang di ATM BRI tetapi lupa membawa kartu ATM, maka tidak usah risau lagi. Penarikan uang tetap dapat dilakukan meskipun tidak membawa kartu ATM BRI, selama anda membawa Smartphone.

Fitur baru dari Bank BRI yang memungkinkan nasabah tarik tunai tanpa kartu ATM ini sepertinya masih sedikit yang mengetahuinya. Padahal, ada banyak sekali keuntungan yang akan anda dapatkan jika memanfaatkan fitur transaksi tanpa kartu ini. Tidak hanya untuk tetap dapat mengambil uang jika lupa membawa kartu atau memang sengaja tidak mau lagi membawa kartu ATM kemana-mana. Selain itu, tidak akan terjadi lagi kasus kartu ATM BRI yang tertelan akibat ulah pencuri. Tapi, agar dapat melakukan transaksi penarikan uang tanpa kartu ATM BRI, ada beberapa hal yang harus dipenuhi. (Baca juga: Cara Tarik Tunai di ATM BCA Tanpa Kartu)

Apa Syarat Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI?

Jika anda hendak melakukan transaksi pengambilan uang di ATM BRI tanpa menggunakan kartu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

  • Rekening BRI yang anda miliki harus sudah terdaftar ke Internet Banking BRI, jika belum maka silahkan pergi ke Bank BRI dan minta diaktifkan.
  • Memiliki Smartphone Android yang di dalamnya sudah terinstall aplikasi BRImo BRI.
  • Nomor HP dan Email yang digunakan untuk mendaftar Internet Banking BRI, pastikan anda mengingat keduanya.

Jika ketiga hal tersebut sudah terpenuhi, maka silahkan mencoba menerapkan cara tarik tunai atau mengambil uang di ATM BRI tanpa kartu.

Cara Tarik Tunai atau Mengambil Uang Tanpa Kartu di ATM BRI

Jika saja anda malas membawa kartu ATM kemana-mana, itu tidak masalah karena tetap dapat mengambil uang di ATM tanpa kartu tersebut. Atau, jika anda mengalami musibah kehilangan kartu ATM BRI, kartunya rusak dan tidak bisa lagi terbaca oleh mesin ATM, hal ini juga bukan masalah.

Selama anda membawa Smartphone Android, maka proses penarikan uang di ATM BRI dapat dilakukan tanpa kartu. Hal ini dapat dilakukan karena adanya aplikasi keluaran BRI yaitu BRImo BRI. Sebagai catatan bahwa anda hanya dapat mengambil uang menggunakan aplikasi ini di ATM Link BRI. Tata cara penggunaan aplikasi tersebut untuk mengambil uang di ATM BRI tanpa kartu adalah sebagai berikut.

  1. Silahkan buka aplikasi BRImo yang sudah terinstall pada Smartphone Android anda.
  2. Jika muncul permintaan izin mengakses lokasi perangkat, maka silahkan ketuk Izinkan.
  3. Jika anda baru pertama kali membuka aplikasi tersebut, maka akan muncul halaman-halaman perkenalan. Anda dapat mengabaikannya jika merasa tidak diperlukan dengan cara ketuk Lewati.
  4. Selanjutnya, silahkan ketuk Login untuk masuk menggunakan akun Internet Banking BRI anda.
  5. Pada halaman yang menampilkan form Login, silahkan masukkan username dan password Internet Banking BRI anda.
  6. Jika anda yakin bahwa username dan password yang dimasukkan sudah benar, maka silahkan ketuk Login.
    Login aplikasi BRImo BRI
  7. Setelah itu anda akan diminta untuk memasukkan alamat Email yang terdaftar pada akun anda, jadi silahkan masukkan Email.
  8. Jika alamat Email yang anda masukkan sudah benar dan merupakan email yang digunakan saat mendaftar Internet Banking BRI, maka silahkan ketuk Lanjut.
  9. Selanjutnya akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor HP yang terdaftar pada akun Internet Banking tersebut. Silahkan periksa SMS yang masuk kemudian input kode verifikasi pada kolom yang tersedia.
  10. Jika anda sudah memasukkan kode verifikasi dengan benar, silahkan ketuk Lanjut.
    Verifikasi login ke aplikasi BRImo BRI
  11. Pada halaman utama aplikasi BRImo, silahkan ketuk Tarik Tunai untuk melakukan penarikan tunai tanpa kartu di ATM BRI.
  12. Pada halaman selanjutnya, silahkan pilih rekening yang ingin ditarik uangnya jika memiliki lebih dari satu rekening BRI.
  13. Kemudian, silahkan pilih nominal uang yang hendak ditarik, mulai dari 100 ribut hingga 1 juta rupiah. Kelipatan nominal yang dapat ditarik adalah 100 ribu, jadi anda tidak dapat menarik uang 50 ribu.
  14. Jika anda sudah memilih rekening dan nominal dengan benar, silahkan ketuk Lanjut.
    Cara tarik tunai tanpa kartu di ATM BRI
  15. Selanjutnya anda harus masukkan kembali password Internet Banking BRI untuk verifikasi transaksi.
  16. Setelah memasukkan password dengan benar, silahkan ketuk Lanjut untuk memproses transaksi.
  17. Selanjutnya akan muncul kode penarikan uang atau kode akses yang dapat digunakan untuk mengambil uang tanpa kartu. Perlu diketahui bahwa kode akses ini hanya berlaku 5 menit sejak diperoleh. Jadi, pastikan anda sudah berada di area mesin ATM dan tidak terjadi antrian panjang sebelum mendapatkan kode akses tersebut. Selain itu, anda hanya dapat menggunakan kode tersebut untuk melakukan transaksi tanpa kartu di mesin ATM BRI yang memiliki logo Link.
    Cara ambil uang tanpa kartu ATM BRI
  18. Saat anda sudah berada di depan mesin ATM BRI yang memiliki logo Link, silahkan tekan tombol paling bawah yang ada di bagian kiri.
  19. Setelah itu, pilih saja Bahasa Indonesia agar lebih mudah dimengerti.
  20. Selanjutnya, untuk melakukan tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM tersebut, maka silahkan tekan tombol Penarikan Tunai.
    tarik tunai uang di ATM BRI tanpa kartu
  21. Silahkan masukkan 6 digit kode akses yang sebelumnya sudah anda dapatkan di aplikasi BRImo.
  22. Jika kode akses yang dimasukkan sudah benar, silahkan tekan tombol Benar.
  23. Kemudian, masukkan nomor HP yang terdaftar ke akun Internet Banking BRI anda.
  24. Jika anda sudah memasukkan nomor HP dengan benar, silahkan tekan tombol Benar.
    ambil uang di ATM Link BRI tanpa kartu
  25. Setelah itu, transaksi penarikan anda akan diproses jadi silahkan tunggu hingga selesai.
  26. Beberapa saat kemudian uang yang ingin anda ambil akan keluar beserta struknya.
  27. Dengan demikian anda sudah berhasil melakukan cara mengambil uang atau tarik tunai di mesin ATM BRI tanpa kartu.

Dengan melakukan langkah-langkah diatas, maka anda tidak memerlukan lagi kartu ATM BRI untuk dibawa saat hendak mengambil uang.

Itulah cara mudah mengambil uang atau tarik tunai di mesin ATM BRI tanpa menggunakan kartu. Karena tidak menggunakan kartu lagi, maka pencuri tidak akan dapat mengakali agar kartu ATM anda tertelan untuk kemudian dilakukan pencurian.

Sayangnya, sampai saat ini sepertinya belum tersedia fitur untuk melakukan setor tunai di mesin ATM BRI tanpa kartu. Padahal, seandainya fitur tersebut ada maka akan menjadi lengkap.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda