Cara Cek Masa Aktif Microsoft Office, Permanen atau Tidak

0
346

cara cek masa aktif microsoft office 2013, 2016, 2019, 2021

Setelah anda menginstall Microsoft Office di Laptop Windows, maka tentu anda harus melakukan aktivasi agar bisa terus digunakan. Setelah proses aktivasi Office, maka anda juga perlu cek masa aktif Microsoft Office 2013, 2016, 2019, atau 2021 yang digunakan.

Ada beberapa alasan kenapa anda harus melihat masa aktif Microsoft Office yang sudah diaktifkan. Misalnya saja untuk mengetahui apakah Microsoft Office anda teraktivasi permanen atau hanya beberapa bulan saja. Terutama jika anda melakukan aktivasi tidak dengan menggunakan lisensi original, melainkan pakai CMD atau aktivator online ataupun offline.

Jika ternyata memang Office anda sudah teraktivasi permanen, maka anda sudah bisa terus menggunakan aplikasi seperti Word, Excel, PPT, dan lainnya. Namun, jika ternyata Office anda tidak teraktivasi permanen, maka setidaknya anda bisa mengetahui berapa lama lagi masa aktif Office tersebut. Dengan demikian, anda bisa melakukan aktivasi ulang jika masa aktifnya sudah hampir habis untuk menghindari Office Product Activation Failed.

Cara Cek Masa Aktif Microsoft Office 2013, 2016, 2019, dan 2021

Untuk mengetahui sampai kapan masa aktif Microsoft Office di Laptop anda sebenarnya sangat mudah. Anda tidak butuh aplikasi khusus hanya untuk melihat masa aktif Office, melainkan cukup pakai CMD dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, silahkan jalankan CMD sebagai admin (Run as administrator).
    cara mengetahui masa aktif microsoft office 2013, 2016, 2019, 2021
  2. Kemudian, pada jendela User Account Control silahkan klik Yes.
  3. Selanjutnya, jika anda pakai Office 2016, 2019, atau 2021 silahkan ketikkan atau Copy perintah berikut lalu Paste di jendela CMD, kemudian Enter.
    cd %ProgramFiles%\Microsoft Office\Office16
  4. Jika muncul keterangan The system cannot find the path specified, silahkan ketik atau Copy lagi perintah berikut dan Paste di jendela CMD, lalu Enter.
    cd %ProgramFiles(x86)%\Microsoft Office\Office16
  5. Atau, jika anda menggunakan Office 2013 silahkan ketik atau Copy perintah berikut lalu Paste di CMD, kemudian Enter.
    cd %ProgramFiles%\Microsoft Office\Office15
  6. Dan jika muncul keterangan The system cannot find the path specified, ketik atau Copy perintah berikut dan Paste di CMD, lalu Enter.
    cd %ProgramFiles(x86)%\Microsoft Office\Office15
  7. Selanjutnya, silahkan ketikkan atau Copy lagi perintah berikut kemudian Paste di jendela CMD, lalu tekan Enter.
    cscript ospp.vbs /dstatus
  8. Kemudian akan muncul beberapa keterangan, silahkan perhatikan baris Remaining Grace yang merupakan sisa masa aktif Office anda.
    cara melihat masa aktif microsoft office 2013, 2016, 2019, 2021
Baca Juga : Cara Download Office 2019 Gratis dari Server Microsoft

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka akan muncul berapa hari lagi sisa masa aktif Microsoft Office anda jika memang tidak aktif permanen. Secara umum, Microsoft Office yang diaktifkan menggunakan CMD atau aktivator online maupun offline hanya akan aktif selama 180 hari (6 bulan).

Itu artinya, jika anda ingin terus menggunakan aplikasi Word, Excel, dan PPT, maka anda harus melakukan aktivasi ulang setiap 6 bulan sekali. Jika anda melakukan aktivasi ulang setiap 6 bulan sekali, maka anda tetap bisa menggunakan produk-produk Microsoft Office sampai kapanpun.

Penutup

Demikian cara cek masa aktif Microsoft Office 2013, 2016, 2019, atau 2021 untuk mengetahui sampai kapan Office anda akan aktif. Jadi, jika anda ingin tahu berama lama aplikasi Office di Laptop yang digunakan akan aktif, silahkan lakukan cara di atas untuk mengeceknya.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda