4 Cara Mengubah Word ke PDF Secara Offline dan Online

0
1271

Cara mengubah file Word ke PDF

Seringkali terdapat file yang sudah dikerjakan dalam bentuk dokumen Microsoft Word, sementara harus dikumpulkan dalam bentuk file pdf. Jika menemukan masalah seperti ini maka anda tidak usah khawatir. Anda dapat langsung mengubah file Word berformat .doc atau .docx tersebut menjadi file pdf.

Jika sebelumnya sudah dibahas bagaimana cara mengubah pdf ke word, maka hal sebaliknya juga dapat dilakukan. Anda juga dapat mengubah atau konversi file word ke pdf dengan sangat mudah. Proses konversi word ke pdf ini tentu saja untuk berbagai alasan, misalnya saja untuk dikumpul. Alasan lain bisa berupa hanya untuk pembuatan arsip agar dikemudian hari file tersebut tidak rusak.

Jika anda hendak mengubah format file word ke pdf, maka ada banyak cara yang dapat dilakukan. Jika anda menggunakan Windows di Laptop ataupun PC Desktop, maka proses konversi ini dapat dilakukan secara offline maupun secara online. Selain itu, ada yang menggunakan software khusus dan ada juga yang tidak mengharuskan anda untuk menginstall software konverter tertentu. Jadi, jika anda memiliki file Microsoft Word yang hendak diubah menjadi file pdf, maka silahkan ikuti cara-cara pada artikel ini.

Cara Mengubah Word ke PDF Secara Offline dan Online

Untuk mengubah format file word ke pdf, ada beberapa cara yang dapat digunakan. Cara tersebut diantaranya dilakukan secara offline menggunakan software khusus ataupun tanpa software khusus. Sementara cara lainnya adalah dengan melakukan konversi secara online.

1. Cara Merubah File Word ke PDF Secara Offline Menggunakan Microsoft Word

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengubah file Word menjadi pdf adalah secara offline menggunakan Microsoft Word. Cara ini bisa dikatakan yang paling mudah karena hampir semua Laptop Windows sudah terinstall Microsoft Office. Artinya, anda tidak perlu khusus menginstall Microsoft Word untuk keperluan ini saja.

Proses konversi dari Word ke pdf juga sangat mudah dan dapat selesai dalam waktu singkat. Lamanya proses konversi tentu saja tergantung banyaknya halaman Word yang akan anda ubah ke pdf. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama adalah silahkan buka file Word anda menggunakan Microsoft Office Word. Selanjutnya, pada jendela Microsoft Word yang sudah terbuka, silahkan klik menu File. Kemudian, pada tampilan selanjutnya silahkan klik Save As pada panel sebelah kiri. Lalu, pada panel sebelah kanan silahkan klik Browse untuk menentukan lokasi penyimpanan, nama file, dan tipe file.

Save as PDF

Selanjutnya, pada jendela Save As yang muncul silahkan tentukan dimana file pdf hasil konversi nantinya akan disimpan. Anda juga dapat mengubah nama file tersebut pada bagian File name. Kemudian, agar file Word anda dikonversi atau tersimpan sebagai file pdf, silahkan klik bagian Save as type kemudian pilih PDF pada daftar pilihan yang muncul. Jika sudah selesai, silahkan klik Save untuk menyimpan file Word tersebut sebagai pdf.

Menyimpan file Word sebagai PDF

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil mengubah file Word menjadi pdf. Silahkan cari file pdf tersebut pada lokasi yang anda tentukan pada jendela Save As sebelumnya.

2. Cara Merubah File Word ke PDF Secara Offline Menggunakan Nitro Pro

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk mengubah file Word ke pdf adalah dengan menggunakan software konverter khusus. Salah satu software yang dapat anda gunakan adalah Nitro Pro.

Namun, agar dapat menggunakan cara kedua ini tentu saja anda harus sudah menginstall Nitro Pro pada PC Desktop atau Laptop yang digunakan. Jika sudah terinstall, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan cari file Word yang akan anda ubah menjadi file pdf. Kemudian, silahkan klik kanan pada file Word tersebut. Lalu pada opsi context menu yang muncul silahkan klik Combine to PDF with Nitro Pro.

Mengubah Word menjadi pdf menggunakan Nitro Pro

Kemudian, silahkan tunggu hingga proses konversi Word ke pdf selesai. Jika sudah selesai, maka file hasil konversi tersebut akan terbuka di jendela Nitro Pro. Untuk menyimpan file pdf hasil konversi dari Word tersebut, silahkan klik ikon Save.

Kemudian, pada jendela Save As yang muncul silahkan pilih lokasi penyimpanan. Anda juga dapat mengganti nama file tersebut pada bagian File name. Jika sudah selesai, silahkan klik Save untuk menyimpan file pdf hasil konversi tersebut.

Selanjutnya anda sudah dapat menggunakan file pdf tersebut untuk keperluan apapun. Silahkan tutup software Nitro Pro karena proses konversi sudah selesai.

3. Cara Merubah File Word ke PDF Secara Online Menggunakan Google Docs

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk mengubah file Word ke pdf adalah dengan menggunakan tool online. Salah satu tool pengelolah dokumen secara online yang dapat anda gunakan adalah Google Docs.

Namun, karena tool ini hanya dapat digunakan secara online, maka tentu saja Laptop atau PC Desktop yang anda gunakan harus terkoneksi ke jaringan internet. Pastikan koneksi internet anda stabil agar proses konversi lancar. Jika semuanya sudah siap, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk merubah Word ke pdf menggunakan Google Docs.

Langkah pertama adalah silahkan buka browser di Laptop atau PC Desktop yang anda gunakan. Kemudian, silahkan buka situs docs.google.com. Jika anda belum login, maka silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun Google.

Selanjutnya, pada halaman utama Google Docs, silahkan klik Open (ikon folder).

Membuka file di Google Docs

Kemudian, pada jendela yang muncul silahkan klik tab Upload dan klik Pilih file dari perangkat anda.

Upload file ke Google Docs

Setelah itu, pada jendela Open yang muncul silahkan cari dan pilih file Word yang akan anda ubah menjadi pdf. Jika sudah selesai, silahkan klik Open untuk mengupload file Word tersebut ke Google Docs. Silahkan tunggu hingga proses upload selesai dan file Word anda sudah terbuka di Google Docs.

Selanjutnya, pada halaman Google Docs silahkan klik menu File. Kemudian, pada pilihan yang muncul silahkan pilih Download lalu pilih Dokumen PDF (.pdf). Setelah itu, file Word anda akan dikonversi dan terdownload sebagai file pdf.

Save as pdf Google Docs

Setelah proses download selesai, maka anda sudah dapat menggunakan file pdf hasil konversi dari Word tersebut untuk keperluan apapun.

4. Cara Merubah File Word ke PDF Secara Online Menggunakan iLovePDF

Cara keempat yang dapat anda lakukan jika ingin mengubah file Word menjadi file pdf adalah masih dengan menggunakan tool online. Tool online lainnya yang dapat anda gunakan untuk konversi Word menjadi pdf adalah iLovePDF.

Namun, seperti pada cara yang ketiga, Laptop atau PC Desktop yang digunakan juga harus terkoneksi ke internet. Jika sudah terkoneksi dan stabil, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan buka browser di Laptop atau PC Desktop yang anda gunakan, lalu buka situs ilovepdf.com. Kemudian, pada halaman utama situs tersebut, silahkan klik Word to PDF untuk membuka laman konverter Word ke pdf.

Convert Word to PDF

Selanjutnya, pada jendela yang muncul silahkan klik Select Word files untuk menambahkan file Word yang akan diubah menjadi pdf. Kemudian, pada jendela Open yang muncul silahkan cari dan pilih file Word yang akan anda ubah ke Word. Jika sudah selesai, silahkan klik Open untuk memulai proses upload file Word tersebut.

Setelah file Word ditambahkan, silahkan klik Convert to PDF untuk memulai proses konversi Word ke pdf.

Merubah file Word ke pdf secara online

Silahkan tunggu hingga proses konversi selesai, dan jika sudah selesai klik Download PDF pada laman yang muncul. Setelah itu file pdf hasil konversi dari Word akan terdownload.

Download setelah mengubah file Word ke PDF

Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil mengubah file Word menjadi pdf secara online menggunakan iLovePDF. Selanjutnya anda sudah dapat menggunakan file pdf tersebut untuk keperluan apapun.

Itulah 4 cara yang dapat anda lakukan jika ingin mengubah file Word ke pdf. Jadi, jika anda memiliki file Word berformat .doc atau .docx dan ingin diubah menjadi pdf, maka silahkan gunakan salah satu cara diatas. Silahkan anda pilih cara mana yang paling mudah digunakan agar tidak menjadi repot.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda