Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Cek Domain Gratis

|Diupdate 3 Januari 2021
0
68

Kelebihan dan kekurangan serta cara cek domain gratis

Jika anda sudah lama mengenal internet, maka tentu sudah sering mengakses yang namanya website. Ada beragam website yang dapat anda akses dari seluruh dunia yang menyediakan informasi yang berbeda-beda. Untuk mengakses setiap website tersebut, maka anda harus membukanya dengan memasukkan nama domain di address bar browser.

Sebenarnya anda juga dapat mengakses website menggunakan alamat IP tanpa perlu memasukkan domain. Dan memang terdapat beberapa website yang hanya dapat anda akses melalui ip address karena tidak memiliki domain. Tetapi, mengakses sebuah website menggunakan alamat IP sangat merepotkan karena susah diingat, sehingga membutuhkan nama domain.

Begitu juga jika memiliki atau ingin membuat website, tentu sulit bagi orang lain untuk mengingat ip address dari website yang anda buat. Oleh karena itu, website yang anda buat harus memiliki nama domain sehingga nama domain adalah hal penting. Pasalnya, lebih mudah mengingat nama domain sebagai alamat website agar pengunjung dapat mengaksesnya. Kini, Anda bahkan bisa mendapatkan domain secara gratis. Anda dapat menggunakan domain gratis jika tidak memiliki dana untuk membeli domain berbayar.

Keuntungan Memilih Nama Domain Gratisan

Bagi Anda yang baru memiliki website, atau tidak memiliki dana lebih membeli domain, penawaran domain gratis tentu menguntungkan. Pasalnya, untuk memiliki alamat website berupa domain anda harus membelinya, dan kini dapat anda peroleh secara gratis.

Selain itu, setiap domain juga memiliki masa kadaluarsa yang harus melakukan perpanjangan agar tetap dapat anda gunakan. Artinya, pemilik domain atau website harus membayar lagi jika masa kadaluarsanya sudah habis. Itulah kenapa, domain gratis bisa menghemat pengeluaran biaya dalam pembuatan website.

Domain gratis ini sangat cocok sekali bagi Anda yang baru memulai terjun di dunia digital dan baru memulai membuat website. Sebagai percobaan atau pengenalan dalam dunia website, domain gratis bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kekurangan Menggunakan Domain Gratis

Sebelum anda mempelajari bagaimana cara cek domain gratis, silahkan pahami dulu kekurangan dari domain gratis. Tujuannya sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sebuah domain. Tentu saja domain gratis tidak akan sama dengan domain yang berbayar. Adapun kekurangan dari domain gratis adalah sebagai berikut.

1. Minim Bantuan dari Layanan CS

Customer service atau CS, adalah layanan penting yang harus hadir di setiap penyedia layanan hosting dan domain. Tujuannya yaitu untuk membantu permasalahan para klien jika terjadi masalah. Namun, bagi pemilik domain gratis biasanya layanan CS-nya pun terbatas.

Bahkan, beberapa penyedia domain gratis tidak memberikan suport bagi para pemilik free domain. Berbeda dengan pemilik domain berbayar, tentu pelayanannya pun akan lebih memuaskan.

2. Domain Berpotensi Diambil Orang Lain

Sebelum Anda membuat nama domain gratis, pastikan membaca syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Selain itu, pastikan juga Anda memilih perusahaan penyedia layanan yang memiliki kredibilitas bagus.

Pasalnya, pihak lain lebih rentan mengambil domain gratisan tanpa pemberitahuan kepada pemilik domain gratis tersebut. Hal ini tentu akan menjadi kerugian bagi Anda jika website sudah menjadi populer dan tiba-tiba domain tersebut terambil orang. Maka dari itu, baca syarat dan ketentuannya lalu pilih hanya perusahaan penyedia layanan yang kredibel saja.

3. Tidak Leluasa dalam Memilih Domain

Mendapatkan dan menggunaka domain gratis sangat berbeda dengan beli domain .id murah. Bisa saja nama domain yang Anda inginkan sudah terpakai oleh orang lain sehingga tidak dapat lagi terpilih. Pasalnya, domain gratis banyak sekali peminatnya sehingga persaingan untuk mendapatkan nama yang populer juga tinggi. Jadi, Anda tidak akan leluasa saat memilih nama yang cocok untuk alamat website yang sedang diinginkan.

Selain itu, domain gratis juga biasanya cuma tersedia pada ekstensi tertentu. Jadi, tidak semua ekstensi domain dapat anda gunakan untuk mendaftarkan nama domain secara gratis. Umumnya, ekstensi yang gratis adalah yang kurang populer sehingga penyedia memberikan secara gratis sebagai bentuk promosi.

Sebagai informasi tambahan, kekurangan di atas sebenarnya bisa Anda minimalisir. Caranya yaitu dengan memilih perusahaan penyedia layanan hosting kredibel yang menyediakan paket hosting berbayar + gratis domain.

Cara Mengecek Ketersediaan Domain Gratis

Cara untuk melakukan cek ketersediaan domain gratis maupun berbayar pada dasarnya sama. Pengecekan dilakukan menggunakan metode yang sama, yaitu melalui fitur cek ketersediaan domain. Fitur tersebut merupakan tool gratis perusahaan, atau website-website penyedia layanan hosting.

Silahkan Anda cari saja penyedia layanan domain berbayar maupun gratis yang populer. Kemudian, cek domain gratis dengan nama yang sudah anda siapkan sebelumnya, sebaiknya menyiapkan beberapa nama sebagai alternatif. Masukkan nama domain yang anda inginkan pada kolom fitur pencarian ketersediaan nama domain. Setelah itu, silahkan langsung saja klik di kolom ‘pencarian’.

Pencarian nama domain untuk melihat ketersediaannya tidak akan memakan waktu lama. Setelah proses selesai, maka akan langsung tampil hasilnya. Jika nama tersedia, Anda bisa langsung menggunakannya. Jika tidak tersedia, maka Anda harus menyiapkan nama lain.

Cara Mendapatkan Domain Gratisan

Ada cukup banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan domain gratisan. Pada artikel ini akan memberikan beberapa cara yang paling umum, silahkan simak penjelasan berikut.

1. Melalui Penawaran Promo

Ada banyak perusahaan-perusahaan penyedia layanan hosting dan domain yang sering menawarkan promo menarik. Salah satu promo yang paling sering diberikan yaitu gratis domain bagi para kliennya. Promo ini biasanya digunakan untuk mengenalkan kualitas layanannya. Klien yang tertarik tentu saja nantinya akan berlangganan seterusnya dan melakukan perpanjangan.

Cukup banyak perusahaan yang menyediakan penawaran berupa promo domain gratis seperti ini. Silahkan cek dan cari informasinya di internet, lalu langsung kunjungi website perusahaan terkait untuk lebih detailnya.

2. Pembelian Hosting Gratis Domain

Ini adalah salah satu rekomendasi penawaran yang sebaiknya anda gunakan. Karena, penawaran ini tergolong sangat menarik dan umumnya ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan penyedia layanan hosting ternama.

Hosting dan domain adalah dua komponen penting dalam pembuatan website. Membeli hosting dengan penawaran gratis domain, merupakan salah satu pilihan yang cukup bijak saat berencana untuk membuat website.

Saat ini, ada cukup banyak perusahaan terkemuka yang menyediakan layanan beli domain murah yang menyediakan gratis domain pada penawaran produk hostingnya.

3. Domain Gratis dari Perusahaan Baru

Penawaran ini hampir sama dengan poin pertama, yaitu penawaran menarik seperti promo. Namun bedanya, penawaran promo di poin nomor 1 bersifat umum, sedangkan di poin ini bersifat khusus.

Maksud kata ‘khusus’ yaitu hanya dari perusahaan-perusahaan baru di bidang penyedia layanan hosting dan domain. Namun, Anda harus pandai-pandai dalam memilih karena tidak semua layanan domain gratis ini memiliki kualitas yang bagus.

Tips Memilih Nama Domain Gratis

Sebelum cek domain gratis, pastikan Anda sudah menentukan nama yang cocok. Perlu Anda ketahui bahwa memilih nama untuk website tidak boleh asal-asalan. Agar tidak salah pilih nama, berikut beberapa tips yang dapat anda coba terapkan.

1. Gunakan Nama yang Pendek dan Mudah Diketik

Jika Anda berencana beli domain murah atau memilih domain gratis, pilihlah nama yang pendek dan mudah diketik. Contoh nama pendek seperti extra.co.id, extra.com, dan sejenisnya. Hindari nama yang susah diketik seperti xtra.co.id, xtra.com, dan sejenisnya.

2. Nama Tidak Boleh Lebih dari 20 Karakter

Untuk tujuan-tujuan tertentu seperti digital marketing, Anda bisa menggunakan nama yang cukup panjang, namun tidak boleh lebih dari 20 karakter. Misalnya, jualkaosmurah.com, jualhijab.com, dan sebagainya.

3. Menggunakan Nama Daerah

Jika website yang Anda buat untuk tujuan bisnis, khususnya bisnis lokal, bisa menggabungkan nama daerah. Misalnya, kaosmurahbandung.co.id, kaosbrandidmakassar.co.id, dan sejenisnya. Nama-nama ini, cukup bagus juga untuk performa SEO website Anda.

4. Pilih Nama yang Mudah Diingat

Jangan terlalu ribet dan detail dalam memilih nama domain untuk website anda, cukup dengan memilih nama yang mudah mengingatnya saja. Contohnya seperti sewamobilmurah, sewamotorbekasi, dan sebagainya. Hindari pemilihan nama seperti 2saudara.com, 7sekawan.com, dan sejenisnya.

Kesimpulan

Domain gratis memiliki kelebihan dan kekurangan, namun tergantung dari perspektif mana Anda menilainya. Bahkan, Anda tetap bisa mendapatkan domain gratis dari perusahaan penyedia yang kredibel dengan memilih paket hosting berbayar + gratis domain.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan serta cara cek domain gratis, lengkap dengan tips memilihnya. Saat ini, ada cukup banyak perusahaan penyedia hosting yang menawarkan promosi tersebut. Silahkan cek untuk kemudian gunakan pada website yang rencananya akan anda buat.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda