Aktivasi Windows 7 Ultimate 32 dan 64 Bit (Offline dan Permanen)

21427

Cara aktivasi Windows 7 Ultimate 32 bit dan 64 bit

Meskipun sekarang sudah jamannya Windows 10 yang menghiasi sebagian besar komputer Windows, namun bukan berarti bahwa Windows 7 sudah punah. Tentu saja masih banyak teman-teman diluar sana yang masih setia menggunakan Windows 7. Seperti yang sudah menjadi rahasia umum bahwa Windows 7 merupakan sistem operasi dari keluarga Windows yang paling populer, terutama Windows 7 Ultimate. Tidak hanya pada era-nya saja, bahkan setelah kehadiran Windows 8 dan Windows 10 masih banyak yang tetap bertahan menggunakan Windows 7.

Ada berbagai alasan yang membuat para pengguna OS Windows tetap setia menggunakan Windows 7, terkhusus Windows 7 Ultimate. Diantara alasan-alasan tersebut misalnya Windows 7 32 bit maupun 64 bit dianggap lebih stabil dan lengkap, lebih mudah digunakan, mendukung banyak software, lebih ringan dan dapat berjalan pada semua spesifikasi komputer, serta alasan lainnya. Sementara dari segi pengguna, beberapa masih bertahan menggunakan Windows 7 karena sudah sangat terbiasa dan merasa sulit beradaptasi pada Windows 8 atau Windows 10. Selain itu, ada juga yang masih menggunakan Windows 7 karena komputer yang digunakan adalah keluaran lama dan hanya bisa menggunakan Windows 7.

Apapun alasan anda tetap menggunakan Windows 7, terdapat kemungkinan lain bahwa ada yang sudah menggunakan Windows 7 sejak lama dan tidak pernah install ulang. Selain itu, tentu saja ada juga yang baru menginstall pada Laptop atau PC Dekstop yang digunakan. Bagi yang baru saja menginstall Windows 7, misalnya Windows 7 Ultimate, maka tentu saja anda butuh untuk melakukan aktivasi Windows 7 Ultimate 32 bit atau 64 bit tersebut.

Aktivasi Windows 7 32 Bit dan 64 Bit Permanen (Genuine) Secara Offline

Jika anda baru saja menginstall Windows 7 Ultimate 32 bit atau 64 bit, Windows 7 Professional 32 bit atau 64 bit, atau versi Windows 7 apapun yang sudah anda install, maka anda perlu untuk melakukan aktivasi. Aktivasi Windows 7 diperlukan agar dapat digunakan secara nyaman pada Laptop anda, karena pada dasarnya terdapat kekurangan pada Windows 7 yang tidak diaktivasi. Kekurangan tersebut misalnya akan selalu muncul jendela aktivasi yang tentu mengganggu.

Cara melakukan aktivasi Windows 7 sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Jika anda memiliki product key atau serial number, maka anda cukup memasukkan product key tersebut dan melakukan aktivasi online. Namun, jika anda tidak memiliki product key Windows 7, maka anda dapat mengikuti langkah-langkah melakukan aktivasi Windows 7 yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Untuk melakukan aktivasi Windows 7 Ultimate, Professional, atau versi lainnya maka akan digunakan software Windows 7 aktivator yang bernama Windows 7 Loader. Software inilah yang akan bekerja untuk memasang product key pada Windows 7 yang terinstall pada Laptop anda sehingga dapat teraktivasi. Oleh karena itu, pastikan anda sudah memiliki software Windows 7 Loader. Jika anda belum memilikinya, silahkan download software Windows 7 Loader tersebut disini.

Setelah anda download, silahkan eksrak file yang sudah anda download, anda dapat menggunakan WinRAR atau software lainnya untuk melakukan ekstraksi. Pada folder hasil ekstrak, anda akan menemukan aplikasi windows loader. Silahkan jalankan aplikasi tersebut sebagai administrator (klik kanan kemudian pilih Run as administrator). Pada jendela User Account Control yang muncul silahkan klik Yes.

Aktivasi Windows 7 Professional 64 bit dan 32 bit menggunakan Windows Loader

Selanjutnya, pada jendela Windows Loader silahkan klik Install untuk memulai proses aktivasi. Kemudian silahkan tunggu hingga proses aktivasi Windows 7 tersebut selesai. Waktu aktivasi akan memakan waktu sekitar 10 menit, tentu saja bisa lebih singkat atau lebih lama tergantung spesifikasi komputer yang anda gunakan.

Aktivasi Windows 7 menggunakan Windows 7 Loader

Jika proses aktivasi sudah selesai dan berhasil, maka akan muncul jendela Installation Complete dan berisi keterangan The certificate and serial were successfully installed, silahkan klik Ok pada jendela tersebut dan tutup software Windows Loader. Kemudian status Windows Activation di Control Panel akan berubah menjadi Windows is activated yang disertai munculnya gambar genuine.

Aktivasi Windows 7 tanpa serial number dan product key

Jika anda sudah sampai pada tahap ini, artinya anda sudah berhasil melakukan aktivasi Windows 7 Ultimate atau versi apapun yang anda gunakan. Selanjutnya anda dapat menggunakan Windows 7 tersebut dengan nyaman tanpa terganggu apapun.

Gagal Melakukan Aktivasi Windows 7

Pada beberapa kondisi, akan terjadi error ketika melakukan aktivasi Windows 7 menggunakan software Windows Loader. Akibatnya, proses aktivasi tidak berhasil dan Windows 7 yang anda gunakan gagal diaktivasi. Jika anda mengalami masalah ini, maka anda dapat mencoba kedua tips berikut.

1. Matikan Koneksi Internet

Tips pertama yang dapat anda coba lakukan pada saat gagal melakukan aktivasi Windows 7 menggunakan Windows Loader adalah memutuskan koneksi internet. Karena cara ini dilakukan secara offline, maka silahkan mematikan koneksi internet pada Laptop anda untuk sementara waktu ketika proses aktivasi. Selanjutnya, anda dapat menyambungkan kembali ke internet setelah proses aktivasi berhasil.

2. Matikan Windows Firewall

Tips selanjutnya yang dapat anda coba untuk mengatasi gagal aktivasi Windows 7 adalah dengan mematikan Windows Firewall. Untuk mematikan Windows Firewall, silahkan buka Control Panel kemudian pergi ke Control Panel > System And Security > Windows Firewall lalu klik Turn on Windows Firewall on or off di panel kiri. Selanjutnya klikĀ Turn off Windows Firewall (not recomended) baik pada Private Public network settings, kemudian klik Ok. Silahkan ulangi proses aktivasi dan jika sudah berhasil jangan lupa mengaktifkan kembali Windows Firewall.

Mematikan Windows Firewall pada Windows 7

Itulah cara mudah aktivasi Windows 7 Ultimate 32 dan 64 Bit yang dapat anda lakukan pada Laptop yang baru saja diinstall Windows 7. Yang perlu anda ketahui adalah, bahwa cara ini dapat dilakukan pada Windows 7 Ultimate 32 atau 64 bit, Windows 7 Professional 32 atau 64 bit, maupun versi dan arsitektur Windows 7 lainnya. Selain itu, Windows 7 pada Laptop anda akan teraktivasi secara permanen, yang artinya anda tidak perlu khawatir masalah aktivasi yang kadaluarsa maupun kasus aktivasi berkali-kali.

ARTIKEL TERKAIT

59 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here