Apa Saja Kekurangan Windows yang Tidak Diaktivasi?

32
10648

Perbedaan Windows yang sudah diaktivasi dengan WIndows yang belum diaktivasi

Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak terpasang pada Laptop dan Komputer masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat mulai dari pelajar, pekerja kantoran, pengajar, pengusaha dan jenis pekerjaan lain menggunakan sistem operasi Windows. Tapi, banyak yang tidak tahu bahwa Windows perlu diaktivasi agar bisa nyaman menggunakannya karena terdapat kekurangan pada Windows yang tidak aktif.

Banyaknya pengguna OS Windows tentu saja karena sistem operasi buatan perusahaan raksasa Microsoft ini menyuguhkan sejumlah fitur menarik. Selain itu, sangat mudah menggunakan Windows sehingga dapat terus mendukung pekerjaan secara optimal. Tetapi, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Windows merupakan sistem operasi yang berbayar dan tidak bersifat open source.

Ketika anda menginstall Windows pada perangkat Komputer, maka anda harus melakukan aktivasi dengan memasang sebuah lisensi Windows. Hal ini perlu anda lakukan agar Windows yang terinstall pada Laptop anda dapat bekerja secara maksimal. Namun, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang terjadi jika Windows tidak anda aktifkan? Apa perbedaan Windows yang sudah teraktivasi dengan yang belum?. Pertanyaan yang lebih spesifik adalah, apa kekurangan Windows yang tidak diaktivasi?.

Apa Kekurangan Windows yang Tidak Diaktivasi?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul di kepala para pengguna setiap kali melakukan install ulang Windows dan harus aktivasi adalah, kenapa harus melakukan aktivasi Windows?. Atau, ada juga yang bertanya-tanya terkait apa yang akan terjadi jika Windows yang sudah anda install tidak teraktivasi. Apa saja kekurangan Windows yang tidak diaktivasi?, dan sederet pertanyaan lain yang senada.

Kekurangan Windows 7 yang Tidak Teraktivasi

Setelah anda install Windows 7 di Laptop atau Komputer, maka anda akan memiliki waktu percobaan selama 30 hari sejak proses install selesai. Selama masa percobaan tersebut, anda dapat menggunakan Windows 7 yang tidak teraktivasi dengan lancar dan tanpa masalah. Namun, jika sudah lewat dari 30 hari maka anda harus melakukan aktivasi dengan cara memasukkan product key Windows 7 maupun menggunakan loader.

Baca Juga :
5 Cara Merubah Aplikasi Default di Laptop Windows 10

Jika anda tidak melakukan aktivasi Windows 7 setelah lewat masa percobaan (lebih dari 30 hari), maka akan muncul beberapa masalah dan kekurangan. Berikut beberapa kekurangan windows 7 yang tidak teraktivasi.

  • Jendela Windows Activation akan muncul terus menerus setiap kali Komputer atau Laptop Windows 7 anda hidupkan. Pada jendela tersebut akan memberitahukan bahwa Windows 7 yang anda gunakan bukan original dan harus segera melakukan aktivasi. Tapi, anda tetap dapat menggunakan Windows 7 dan melewati pemberitahuan ini dengan cara klik Ask me later. Meskipun demikian, ini akan sangat mengganggu karena selalu muncul, apalagi jika buru-buru menghidupkan Laptop.
  • Wallpaper Windows 7 akan berubah menjadi hitam dan muncul tulisan This copy of Windows is not genuine pada pojok kanan bawah Dekstop. Meskipun anda berusaha mengganti Wallpaper Windows 7 tersebut, tetap saja akan kembali menjadi blank warna hitam. Ini tentu membuat layar Laptop atau PC Desktop menjadi kurang menarik karena tidak bisa mengganti wallpaper.

Kekurangan Windows 7 yang tidak diaktivasi

Kekurangan Windows 8.1 yang Tidak Teraktivasi

Setelah anda install Windows 8.1 di Komputer, anda tetap dapat menggunakannya dengan lancar meskipun tidak melakukan aktivasi. Hanya saja, nantinya akan muncul beberapa masalah atau kekurangan pada Windows 8.1 yang anda gunakan.

Masalah yang akan muncul jika tidak melakukan aktivasi Windows 8.1 tidak sama seperti pada Windows 7. Pada Windows 8.1 tidak akan muncul jendela aktivasi setiap kali booting, dan juga tidak akan mengubah wallpaper menjadi hitam secara paksa. Lalu, apa yang akan terjadi jika Windows 8.1 tidak anda aktifkan. Berikut kekurangan yang akan anda rasakan jika menggunakan Windows 8.1 yang tidak teraktivasi pada Laptop atau PC Desktop.

  • Jika anda menggunakan sistem operasi Windows 8.1 edisi Core, Profesional, atau Enterprise maka akan muncul watermark edisi Windows tersebut¬† pada pojok kanan bawah Dekstop. Watermark ini tidak akan dapat anda hilangkan jika belum melakukan aktivasi Windows 8.1.
  • Akan muncul tab Activate Windows pada PC Settings atau pengaturan Windows 8.1. Tab Settings tersebut berisi halaman untuk memasukan product key agar Windows 8.1 dapat diaktivasi.
  • Muncul watermark Activate Windows pada pojok kanan bawah layar Komputer atau Laptop Windows 8.1. Watermark ini tidak hanya muncul di halaman Desktop saja, tetapi akan muncul pada setiap jendela aplikasi yang anda buka. Watermark tersebut akan selalu tampil selama anda belum melakukan aktivasi Windows.
  • Anda tidak akan dapat mengubah personalize atau tampilan melalui Settings di Windows 8.1. Dengan demikian anda tidak akan bisa mengubah gambar lock screen pada PC Settings. Jika anda mencoba melakukannya, maka pada halaman Settings tersebut terkunci dan muncul keterangan You need to activate Windows before you can personalize your PC.
Baca Juga :
Cara Membuat Jadwal Shutdown Otomatis di Windows 10,8,7

Kekurangan Windows 8.1 yang tidak diaktivasi

Kekurangan Windows 10 yang Tidak Teraktivasi

Setelah install Windows 10 di Laptop atau PC Desktop, maka anda juga harus melakukan proses aktivasi. Anda harus segera melakukan aktivasi Windows 10 setelah menginstallnya pada Laptop yang anda gunakan agar menjadi full version. Pada dasarnya, anda tetap dapat menggunakan Windows 10 di Komputer meskipun tidak aktif, hanya saja terdapat beberapa kekurangan yang akan anda rasakan. Berikut beberapa kekurangan Windows 10 yang tidak anda aktivasi.

  • Muncul watermark Activate Windows pada pojok kanan bawah layar. Sama seperti pada Windows 8.1, watermark ini tidak hanya muncul di Desktop saja. Watermark tersebut akan selalu muncul pada setiap jendela aplikasi yang anda buka pada Windows 10. Watermark tersebut tidak akan hilang selama anda belum melakukan aktivasi Windows 10.
  • Tidak dapat mengubah personalize atau mengatur tampilan pada Settings Windows 10. Dengan demikian anda tidak akan bisa melakukan aktivitas seperti mengubah tema, mengganti wallpaper, mengubah gambar lock screen, atau pengaturan tampilan lainnya melalui Windows 10 Settings. Anda hanya bisa menggunakan semua fitur Windows 10 jika Windows yang anda gunakan sudah teraktivasi.

Kekurangan Windows 10 yang tidak diaktivasi

Kesimpulan

Itulah penjelasan atau gambaran terkait perbedaan Windows yang tidak diaktivasi dengan Windows yang sudah diaktivasi. Selain penjelasan di atas, maka anda tetap dapat menggunakan fungsi-fungsi Windows yang lain dengan normal tanpa kendala. Jadi, jika melihat kekurangan Windows yang tidak teraktivasi di atas, baik itu pada Windows 7, Windows 8.1 atau Windows 10, sebenarnya tidak ada pengaruh yang berarti terhadap performa Windows.

Misalnya saja, munculnya notifikasi aktivasi pada Windows 7, munculnya watermark dan tidak dapat melakukan perubahan personalize pada Windows 8.1 dan Windows 10. Semua kekurangan tersebut tidak akan menjadi kendala yang berarti dan fatal karena anda tetap dapat menggunakan Laptop atau Komputer Windows dengan lancar.

Baca Juga :
Cara Menghilangkan Password di Laptop Windows 10

Anda tetap dapat melakukan aktifitas seperti mengetik, browsing, nonton video, bahkan bermain game di Laptop menggunakan Windows yang tidak teraktivasi dengan lancar. Semua itu dapat anda lakukan tanpa kendala sedikit pun baik dari segi performa maupun fitur penting yang anda butuhkan.

Jadi, kesimpulannya anda tetap dapat menggunakan Windows dengan lancar meskipun tidak teraktivasi. Namun, agar Windows yang anda gunakan bersifat legal, maka harus melakukan aktivasi menggunakan jenis lisensi Windows yang sesuai. Atau, kalau anda tidak masalah ketika menggunakan Windows bajakan, maka bisa melakukan aktivasi menggunakan software aktivator.

32 KOMENTAR

  1. kak laptop sy windows 10 dan sudah expired, nah aplikasi seperti microsoft word, power point, dan lainnya yg berhubungan dengan ” microsoft” tidak bisa saya gunakan juga. Apakah itu karena windows 10 sy blm diaktivitasi? jadi microsoft pun tidak bisa digunakan???

    • Microsoft Office tidak bisa digunakan bukan karena Windows-nya tidak teraktivasi, tapi karena Office-nya yang tidak diaktivasi. Jadi, lakukan aktivasi office kalau mau tetap pake Word, Excel, PPT, dll.

  2. Bg mo nanyak, jd gini dulu laptop aku udh kenak blue screen dah pernah instal ulang ke acer nya langsung. Tp aku ngk tau dia yg lisence ato yg bajakan apa pake kms pico, jd sekrang ceritanya watermarknya dah ada. Masalah ku bg file ku jd temporary itu cmn bg? Aku ngk pernah shut down laptop lagi

  3. bang kalo aktivasi windows harus berbayar? gua ga tau windows gua tuh legal atau engga soalnya? dan yang gua baca kan kalo aktivasi ada kode apalah itu, nah itu gimana?

    • Untuk aktivasi Windows ori atau yang legal, maka diperlukan kode aktivasi/serial number/product key. Anda bisa mendapatkan product key/serial number tsb dengan membayar/membeli atau meminta pada orang lain yang punya :D. Kalau anda aktivasi pake software crack, itu artinya ilegal.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda