Apa Saja Kekurangan Windows yang Tidak Diaktivasi?

1383

Perbedaan Windows yang sudah diaktivasi dengan WIndows yang belum diaktivasi

Windows merupakan sistem operasi yang paling banyak terpasang pada Laptop masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat mulai dari pelajar, pekerja kantoran, pengajar, pengusaha dan jenis pekerjaan lain menggunakan sistem operasi Windows pada komputernya. Hal ini tentu saja karena sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Microsoft ini menyuguhkan sejumlah fitur menarik. Selain itu, Windows juga sangat mudah digunakan sehingga dapat terus mendukung pekerjaan secara optimal.

Tetapi, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Windows merupakan sistem operasi yang berbayar dan tidak bersifat open source. Ketika anda menginstall Windows pada perangkat komputer, maka anda harus melakukan aktivasi dengan memasang sebuah lisensi Windows. Hal ini dilakukan agar Windows yang terinstall pada laptop anda dapat digunakan secara full. Namun, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang terjadi jika Windows tidak diaktivasi? Apa perbedaan Windows yang sudah diaktivasi dengan Windows yang belum diaktivasi?. Pertanyaan yang lebih spesifik adalah, apa kekurangan Windows yang tidak diaktivasi?.

Kekurangan Windows yang Tidak Diaktivasi

Salah satu pertanyaan yang sering muncul di kepala para pengguna setiap kali melakukan install ulang Windows dan harus melakukan aktivasi adalah, kenapa harus melakukan aktivasi Windows?. Atau, ada juga yang bertanya-tanya terkait apa yang akan terjadi jika Windows yang sudah diinstall tidak diaktivasi. Apa saja kekurangan Windows yang tidak diaktivasi?, dan sederet pertanyaan lain yang senada.

Kekurangan Windows 7 yang Tidak Teraktivasi

Jika anda menggunakan Windows 7, maka anda akan diberikan waktu percobaan selama 30 hari sejak install. Selama masa percobaan tersebut, anda dapat menggunakan Windows 7 yang tidak diaktivasi dengan lancar dan tanpa masalah. Namun, jika sudah lewat dari 30 hari maka anda sudah diwajibkan untuk melakukan aktivasi dengan cara memasukkan product key Windows 7.

Jika anda tidak melakukan aktivasi Windows 7 setelah lewat masa percobaan (lebih dari 30 hari), maka akan muncul beberapa masalah dan kekurangan. Berikut beberapa kekurangan windows 7 yang tidak teraktivasi menggunakan product key.

  • Jendela Windows Activation akan muncul terus menerus setiap kali Windows 7 melakukan booting. Pada jendela tersebut anda diberitahukan bahwa Windows 7 yang digunakan bukan original dan harus dilakukan aktivasi. Tapi, anda tetap dapat menggunakan Windows 7 dan melewati pemberitahuan ini dengan cara klik Ask me later.
  • Wallpaper Windows akan berubah menjadi hitam dan muncul tulisan This copy of Windows is not genuine pada pojok kanan bawah dekstop. Meskipun anda berusaha mengganti Wallpaper Windows 7 tersebut, tetap saja akan kembali menjadi blank hitam.

Kekurangan Windows 7 yang tidak diaktivasi

Kekurangan Windows 8.1 yang Tidak Teraktivasi

Jika anda menggunakan Windows 8.1, anda tetap dapat menggunakannya dengan lancar meskipun tidak melakukan aktivasi Windows. Hanya saja, akan muncul beberapa masalah atau kekurangan pada Windows 8.1 yang anda gunakan.

Masalah yang akan muncul jika tidak melakukan aktivasi Windows 8.1 tidak sama seperti pada Windows 7. Pada Windows 8.1 tidak akan muncul jendela aktivasi setiap kali booting, dan juga tidak akan mengubah wallpaper menjadi hitam secara paksa. Lalu, apa yang akan terjadi jika Windows 8.1 tidak diaktivasi. Berikut kekurangan yang akan anda rasakan jika Windows 8.1 tidak diaktivasi.

  • Jika anda menggunakan Windows 8.1 edisi Core, Profesional, atau Enterprise maka akan muncul watermark edisi Windows tersebut  pada pojok kanan bawah dekstop. Watermark ini tidak akan dapat dihilangkan jika belum melakukan aktivasi Window 8.1.
  • Akan muncul Tab Activate Windows pada PC Settings yang berisi halaman untuk memasukan product key agar Windows 8.1 dapat diaktivasi.
  • Muncul watermark Activate Windows pada pojok kanan bawah layar Windows 8.1. Watermark ini tidak hanya muncul di dekstop, tetapi akan muncul di setiap jendela aplikasi yang anda buka. Watermark tersebut akan terus tampil selama anda belum melakukan aktivasi Windows.
  • Anda tidak akan dapat mengubah personalize seperti mengubah gambar lockscreen pada PC Settings dan akan muncul keterangan You need to activate Windows before you can personalize your PC.

Kekurangan Windows 8.1 yang tidak diaktivasi

Kekurangan Windows 10 yang Tidak Teraktivasi

Jika anda menggunakan Windows 10, maka anda juga diharuskan untuk melakukan aktivasi. Anda harus segera melakukan aktivasi Windows 10 setelah menginstallnya pada Laptop yang digunakan agar menjadi full  version. Pada dasarnya, anda tetap dapat menggunakan Windows 10 meskipun tidak diaktivasi, hanya saja terdapat beberapa kekurangan yang akan anda rasakan. Berikut beberapa kekurangan Windows 10 yang tidak diaktivasi.

  • Muncul watermark Activate Windows pada pojok kanan bawah layar. Watermark ini tidak hanya muncul di dekstop, tapi akan muncul di setiap jendela aplikasi yang anda gunakan pada Windows 10 tersebut. Watermark tersebut tidak akan hilang selama anda belum melakukan aktivasi Windows 10.
  • Tidak dapat mengubah personalize pada Settings Windows 10. Jika anda hendak melakukan aktivitas seperti mengubah tema, mengganti wallpaper, mengubah gambar lockscreen, atau pengaturan tampilan lainnya melalui Windows 10 Settings, maka hal ini tidak akan dapat dilakukan selama Windows 10 belum teraktivasi.

Kekurangan Windows 10 yang tidak diaktivasi

Itulah penjelasan atau gambaran terkait perbedaan Windows yang tidak diaktivasi dengan Windows yang sudah diaktivasi. Selain yang disebutkan diatas, maka anda tetap dapat menggunakan fungsi-fungsi Windows yang lain dengan normal tanpa kendala. Jadi, jika melihat kekurangan Windows yang tidak diaktivasi diatas, baik itu pada Windows 7, Windows 8.1 atau Windows 10, sebenarnya tidak ada pengaruh yang berarti terhadap performa Windows.

Misalnya saja, munculnya notifikasi aktivasi pada Windows 7, munculnya watermark dan tidak dapat melakukan perubahan personalize pada Windows 8.1 dan Windows 10. Semua kekurangan tersebut tidak akan menjadi kendala yang berarti dan fatal karena anda tetap dapat menggunakan Windows dengan lancar. Anda tetap dapat melakukan aktifitas seperti mengetik, browsing, nonton video, bahkan bermain game menggunakan Windows yang tidak diaktivasi dengan lancar. Semua itu dapat dilakukan tanpa kendala sedikit pun baik dari segi performa maupun fitur penting yang dibutuhkan.

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa anda tetap dapat menggunakan Windows dengan lancar meskipun tidak diaktivasi. Namun, agar Windows yang anda gunakan bersifat legal, maka harus dilakukan aktivasi menggunakan jenis lisensi Windows yang sesuai.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here