2 Cara Aktivasi Windows 11 Gratis Tanpa Key (100% Berhasil)

0
906

Cara mudah aktivasi Windows 11 secara gratis tanpa product key

Windows 11 merupakan generasi terbaru dari sistem operasi Windows, maka tidak heran jika banyak sekali yang ingin menggunakannya. Anda bisa menginstall Windows 11 di Laptop atau Komputer PC untuk menggunakan semua fitur canggihnya. Namun, setelah itu anda juga perlu malakukan proses aktivasi pada Windows 11 Pro, home, atau Enterprise yang sudah diinstall.

Proses aktivasi memang seringkali diabaikan oleh pengguna Windows, padahal itu sangat penting. Jika Windows 11 yang sudah diinstall tidak diaktivasi, maka tidak semua fiturnya bisa digunakan.

Misalnya saja, saat anda membuka Settings di Windows 11, maka akan langsung muncul pemberitahuan bahwa Windows tersebut tidak teraktivasi. Selain itu, anda juga tidak akan bisa mengutak-atik pengaturan personalisasi atau tampilan di Windows 11. Jadi, saat anda ingin mengganti tema, warna dasar, mengatur taskbar dan start menu, semua itu tidak akan bisa dilakukan. Artinya, anda tidak akan bisa mempercantik tampilan Windows 11 sesuai keinginan.

Apakah Windows 11 Bisa Diaktivasi Secara Gratis?

Umumnya anda akan memerlukan sebuah product key atau serial number untuk mengaktifkan Windows 11 yang sudah diinstall. Dan itu memang yang paling disarankan, jika anda memiliki product key Windows 11 original, maka silahkan gunakan itu untuk melakukan proses aktivasi.

Namun, kendala yang paling sering dialami oleh pengguna adalah karena harga lisensi Windows 11 yang mahal sehingga tidak semua orang bisa memilikinya. Lalu, apakah Windows 11 tetap bisa diaktivasi meskipun tidak memiliki product key?. Anda tetap bisa melakukan proses aktivasi Windows 11 meskipun tidak memiliki product key.

Apakah Proses Aktivasi Menggunakan Aplikasi Crack?

Meskipun anda tidak memiliki product key atau serial number Windows 11, anda tetap bisa melakukan aktivasi. Dan, anda juga tidak harus menggunakan aktivator berupa aplikasi atau software crack, meskipun banyak software yang bisa melakukan hal ini.

Karena tidak perlu menggunakan software crack, artinya anda tidak perlu repot-repot mendownload aplikasi tersebut. Selain itu, anda juga tidak perlu repot-repot mematikan Windows Defender atau Windows Security di Windows 11. Dengan demikian, proses aktivasi bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.

Baca Juga :
Cara Akses SSH di Windows dengan Menggunakan CMD

Bagaimana Cara Aktivasi Windows 11 Tanpa Software?

Untuk melakukan proses aktivasi Windows 11 Pro, Home, maupun Enterprise tanpa software crack dan juga tanpa harus memiliki kode lisensi, maka bisa dilakukan dengan dua cara. Anda bisa menggunakan batch file atau bisa juga mengetikkan perintah di CMD.

Namun, perlu diketahui bahwa kedua cara tersebut akan memerlukan koneksi internet. Jadi, anda harus memastikan bahwa Laptop atau Komputer PC anda sudah tersambung ke jaringan internet yang stabil sebelum melakukan proses aktivasi dengan salah satu cara berikut.

1. Aktivasi Menggunakan Batch File

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengaktivasi Windows 11 tanpa product key dan tanpa software crack adalah dengan menggunakan batch file. Untuk melakukan cara yang sangat mudah ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan Laptop anda sudah tersambung ke jaringan internet.
  2. Buka browser di Laptop, kemudian buka link ini untuk mendapatkan kode aktivasi.
  3. Kemudian, pada halaman web yang terbuka, silahkan klik kanan lalu klik Save as.
    Menyimpan file batch aktivator Windows 11
  4. Pada jendela Save As, pilih tempat anda ingin menyimpan file batch tersebut, misalnya di Desktop.
  5. Kemudian, silahkan ubah bagian Save as type menjadi All Files.
  6. Setelah itu, pada bagian File name tambahkan .bat di belakang nama file tersebut.
  7. Kalau sudah, silahkan klik Save untuk menyimpan file bacth aktivator Windows 11.
    Buat file batch aktivator Windows 11
  8. Selanjutnya, silahkan anda cari dimana file tersebut disimpan.
  9. Kemudian, klik kanan pada file batch tersebut, lalu klik Run as administrator.
    Jalankan file batch activator Windows 11
  10. Pada jendela User Account Control yang muncul, silahkan klik Yes.
    Izinkan run as administrator
  11. Setelah itu, akan terbuka jendela CMD dan proses aktivasi akan berlangsung secara otomatis.
  12. Silahkan tunggu hingga proses aktivasi Windows 11 selesai.
  13. Jika sudah selesai dan berhasil, akan muncul keterangan Product activated successfully.
    Aktivasi Windows 11 tanpa software crack menggunakan file batch
  14. Terakhir, silahkan tutup jendela CMD tersebut karena sudah selesai.
Baca Juga :
6 Cara Aktivasi Windows 10 Permanen GRATIS (100% Berhasil)

Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas, maka Windows 11 yang terinstall di Laptop anda akan menjadi teraktivasi. Namun, jika gagal maka silahkan coba kembali dan periksa koneksi internet anda. Jika ternyata masih belum bisa juga, maka silahkan gunakan cara kedua berikut ini.

2. Aktivasi Menggunakan CMD

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengaktifkan Windows 11 tanpa product key dan tanpa aplikasi crack adalah dengan menggunakan Command Prompt atau CMD. Tentu anda sudah tahu bahwa CMD merupakan tool bawaan Windows yang bisa digunakan untuk melakukan apa saja, termasuk untuk mengaktivasi Windows 11. Untuk melakukan cara ini, maka silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, pastikan Laptop anda tersambung ke jaringan internet yang stabil.
  2. Kemudian, buka CMD di Windows 11, dan jalankan sebagai admin (Run as administrator).
    buka CMD di Windows 11
  3. Setelah jendela CMD terbuka, anda harus memasang key Windows 11 terlebih dahulu.
  4. Jika anda menggunakan Windows 11 Pro, silahkan ketik slmgr /ipk W269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX, lalu tekan Enter.
  5. Atau, jika menggunakan Windows 11 Enterprise, silahkan ketik slmgr /ipk NPPR9-FWDCX-D2C8J-H872K-2YT43, kemudian tekan Enter.
  6. Jika pemasangan key berhasil, maka akan muncul keterangan Installed product key successful, klik Ok untuk menutupnya.
  7. Selanjutnya, atur KMS server dengan mengetik kode slmgr /skms s8.uk.to lalu tekan Enter.
  8. Jika KMS server berhasil tersambung, akan muncul keterangan Key Management Service set successfully, klik Ok untuk menutupnya.
  9. Selanjutnya, aktifkan Windows 11 dengan mengetik kode slmgr /ato kemudian tekan Enter.
  10. Jika aktivasi Windows 11 sukses, maka akan muncul keterangan Product activated successfully, klik Ok untuk menutupnya.
    Aktivasi Windows 11 tanpa product key dengan menggunakan CMD
  11. Kalau ternyata gagal dan muncul error 0x80070005, silahkan coba ulangi lagi langkah 9 hingga berhasil.
  12. Terakhir, silahkan tutup jendela CMD tersebut karena proses aktivasi sudah selesai.

Setelah melakukan proses aktivasi menggunakan langkah-langkah di atas, maka sekarang semua fitur Windows 11 anda sudah bisa digunakan. Untuk memastikan bahwa proses aktivasi benar-benar berhasil, maka silahkan cek status aktivasi Windows 11 anda.

Baca Juga :
2 Cara Menghilangkan Icon Widgets, Chat, dll di Taskbar Windows 11

Cek Status Aktivasi Windows 11

Untuk memastikan bahwa Windows 11 anda sudah benar-benar teraktivasi, maka silahkan lakukan pengecekan. Untuk melakukan pengecekan ini, silahkan anda membuka Settings di Laptop Windows 11 yang digunakan.

Pada jendela Settings yang terbuka, silahkan klik tab System di panel sebelah kiri. Kemudian, klik bagian Activation untuk melihat status aktivasi Windows 11 anda. Jika Windows 11 sudah benar-benar teraktivasi, maka pada bagian Activation state akan terlihat keterangan Active.

cek status aktivasi Windows 11

Dengan demikian, sekarang semua fitur Windows 11 sudah bisa diakses, termasuk pengaturan personalisasi atau tampilan. Jadi, silahkan ubah tampilan Windows 11 anda sesuai dengan keinginan.

Apakah Windows 11 Teraktivasi Permanen?

Jika anda melakukan aktivasi tanpa product key original, maka akan ada batas expired dari status aktivasi tersebut. Windows 11 hanya akan teraktivasi secara permanan jika anda melakukan aktivasi menggunakan product key original atau upgrade dari Windows 10 ke Windows 11.

Jika anda menggunakan salah satu cara di atas, maka Windows 11 akan teraktivasi selama 5 bulan ke depan. Anda bisa mengecek kapan status aktivasi akan expired melalui CMD. Silahkan buka CMD, kemudian ketik kode slmgr /xpr kemudian tekan Enter, maka akan muncul tanggal expired-nya.

cek masa berlaku aktivasi Windows 11

Namun, tidak usah khawatir jika sudah mencapai masa expired nantinya. Anda hanya perlu melakukan aktivasi ulang menggunakan salah satu cara di atas untuk memperpanjang status aktivasi Windows 11. Dengan demikian, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Karena permanen atau tidak, status aktivasi tersebut tetap bisa diperpanjang sampai kapanpun.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan jika ingin mengaktivasi Windows 11 Pro, Home, atau Enterprise tetapi tidak memiliki product key original. Anda juga tidak perlu menggunakan aplikasi crack sehingga tidak repot lagi mendownloadnya. Dengan demikian, anda bisa dengan sangat mudah mengaktifkan Windows 11 sehingga semua fiturnya bisa digunakan.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda