Cara Melihat Password yang Tersimpan di Google Chrome

247

Cara melihat password yang tersimpan di browser Google Chrome

Jika anda sering mengakses sebuah website yang membutuhkan login, maka tentu tidak nyaman jika harus mengetik username dan password setiap kali hendak login. Misalnya saat mengakses sosial media, maka tentu tidak nyaman jika harus mengetikkan username dan password setiap kali hendak login. Terlebih lagi jika situs yang anda buka tidak memiliki fitur auto login, yang artinya anda harus login manual setiap kali membukanya kembali.

Sebenarnya, semua browser saat ini sudah memiliki fitur yang memungkinkan anda untuk menyimpan username dan password login, termasuk pada Google Chrome. Username dan password yang dapat anda simpan tidak terbatas, tergantung berapa banyak website yang sudah anda akses dan memerlukan login. Jadi, ketika anda baru saja login pada sebuah situs website, maka anda bisa menyimpan username dan password login anda dari website tersebut.

Adanya fitur penyimpan password ini tentu sangat bermanfaat karena tidak perlu mengetik ulang username dan password setiap kali ingin login kembali. Selain itu, jika anda lupa password login pada sebuah website dan sebelumnya pernah menyimpannya di browser Chrome, maka anda bisa melihat password tersebut di browser Google Chrome. Sayangnya, banyak yang tidak tahu bagaimana cara melihat username dan password yang sudah tersimpan di browser Google Chrome. (Baca juga: Cara membersihkan cache dan cookies di Google Chrome)

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Chrome Laptop dan Android

Jika lupa password login anda pada sebuah website, sementara anda ingin login pada perangkat lain, maka silahkan lihat password yang sudah tersimpan di Google Chrome. Hal ini dapat anda lakukan jika menggunakan Chrome di Laptop maupun Android.

Melihat Password Login di Google Chrome Laptop

Jika anda menggunakan browser Chrome di Laptop maupun PC Desktop, maka sangat mudah untuk melihat setiap username dan password login yang sebelumnya sudah disimpan. Jadi, ketika anda ingin menggunakan username dan password tersebut untuk login di perangkat lain, maka sangat mudah melihat dan mengingatnya kembali jika lupa. Untuk melakukan cara mudah ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama adalah silahkan buka browser Google Chrome di Laptop atau PC Desktop yang anda gunakan. Kemudian, pada jendela utama Google Chrome, silahkan klik menu (ikon titik tiga) yang terletak di pojok kanan atas. Pada opsi yang muncul, silahkan klik Settings untuk membuka laman pengaturan Google Chrome.

Membuka setting Chrome

Pada laman Settings, silahkan scroll ke bawah dan cari bagian Passwords. Silahkan klik Passwords untuk menampilkan daftar data login yang sudah anda simpan dari beraneka ragam website.

Mengatur password chrome

Lalu, pada laman Passwords yang tampil, silahkan perhatikan pada bagian Saved Passwords. Silahkan tentukan password mana yang ingin anda lihat, sesuai dengan alamat website dan username. Lalu, klik Show password (ikon mata) pada baris data login tersebut.

Melihat password yang tersimpan di Chrome Laptop

Selanjutnya, jika anda memasang pada password Windows yang digunakan, maka anda akan dimintai password. Silahkan masukkan password login ke Windows anda untuk menampilkan password login website yang ingin dilihat.

Jika sudah selesai, maka password yang sebelumnya masih berupa titik-titik akan berubah sesuai dengan karakter password tersebut. Dengan demikian anda sudah dapat melihatnya dan menggunakannya untuk keperluan apapun.

Melihat Password Login di Google Chrome Android

Jika anda ingin melihat password yang tersimpan di Chrome Android, maka caranya juga sangat mudah. Cara yang dapat dilakukan tidak jauh berbeda dengan Chrome di Laptop. Oleh karena itu, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama adalah silahkan buka browser Google Chrome di Smartphone Android yang anda gunakan. Kemudian, pada jendela utama Chrome Android, silahkan ketuk menu (ikon titik tiga) yang terdapat di pojok kanan atas. Lalu, pada pilihan menu yang muncul, silahkan ketuk Settings untuk membuka pengaturan Chrome Android. Pada jendela Settings, silahkan ketuk pada bagian Passwords untuk melihat setiap username dan password yang sudah anda simpan.

Setting password di Chrome Android

Lalu, pada jendela selanjutnya yang muncul silahkan tentukan data login mana yang hendak dilihat passwordnya, berdasarkan url website dan username. Lalu, ketuk pada baris data login yang anda ingin lihat passwordnya tersebut. Kemudian, pada jendela Saved password yang muncul, silahkn ketuk pada ikon mata. Setelah itu, silahkan masukkan kunci baik berupa pola, pin, maupun fingerprint yang digunakan untuk membuka kunci Smartphone Android anda.

Cara melihat password di Chrome Android

Jika sudah selesai, maka password yang ingin anda lihat akan berubah dari yang sebelumnya titik-titik menjadi karakter huruf yang dapat dibaca. Dengan demikian, anda sudah dapat melihat password tersebut dan menggunakannya untuk keperluan apapun.

Itulah cara melihat username dan password yang tersimpan di browser Google Chrome, baik itu pada Chrome Laptop maupun Android. Cara ini akan sangat bermanfaat jika anda ingin login pada perangkat lain, sementara anda lupa password login tersebut. Jadi, anda bisa melihat password tersebut pada browser Chrome, namun tentu saja hanya jika anda pernah menyimpannya sebelumnya.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here