3 Cara Membuat Shortcut di Desktop Laptop Windows 10,8,7

84

Cara membuat shortcut di Desktop Windows 10,8,7

Shortcut atau pintasan memiliki fungsi agar anda dapat mengakses sebuah file dan folder serta menjalankan software secara cepat. Tentu saja ini sangat bermanfaat, terutama saat ingin membuka file atau folder yang letaknya susah ditemukan. Atau, saat anda ingin menjalankan sebuah software, maka cara paling cepat adalah dengan menggunakan shortcut di Dekstop. Sayangnya, masih banyak pengguna Komputer yang belum mengetahui bagaimana cara membuat shortcut file, folder, dan software secara manual di Desktop.

Jika anda selalu membuka sebuah file dan folder yang letaknya tersimpan pada folder yang jauh di dalam, maka silahkan membuat shortcut. Dengan membuat shortcut pada sebuah file atau folder, maka anda cukup klik shortcut tersebut untuk membuka file atau folder yang dikehendaki. Begitu juga jika software yang anda install tidak memiliki shortcut di Desktop, anda dapat membuatnya secara manual.

Selain membuat shortcut pada software yang sudah diinstall, anda juga dapat membuat shortcut pada software yang tidak terinstall di Laptop Windows yang digunakan. Jadi, saat anda memiliki software portable, maka anda dapat membuat shortcut dari software tersebut agar lebih mudah diakses. Dengan demikian, saat anda ingin menjalankan software portable tersebut, maka anda tidak perlu lagi repot mencarinya di folder tempat software tersebut tersimpan.

Cara Membuat Shortcut di Desktop Windows 10,8,7

Membuat shortcut dari sebuah file, folder, dan software merupakan cara terbaik agar dapat diakses dengan cepat. Jadi, agar pekerjaan anda lebih efisien, maka silahkan membuat shortcut atau pintasan pada file, folder, dan software yang sering digunakan. Anda dapat menempatkan shortcut tersebut di Desktop agar langsung terlihat saat pertama kali Laptop atau PC Desktop dihidupkan.

Untuk membuat shortcut dari sebuah file, folder, dan software di Windows sangat mudah dilakukan. Ada beberapa cara yang akan dibahas pada artikel ini yang dapat anda terapkan. Cara-cara yang dapat anda gunakan untuk membuat shortcut atau pintasan di Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10 adalah sebagai berikut.

1. Membuat Shortcut di Desktop Windows Melalui Context Menu

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk membuat shortcut di Desktop Windows adalah langsung melalui context menu. Context menu merupakan opsi yang muncul saat anda klik kanan sebuah file, folder, atau software. Untuk melakukan cara pertama ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan klik kanan pada file, folder, dan software yang ingin anda buatkan shortcut. Kemudian, pada context menu yang muncul, silahkan klik Create shortcut.

Cara membuat shortcut di desktop Windows

Setelah itu, sebuah shortcut akan terbentuk pada folder yang sama dengan tambahan nama file “- Shortcut”. Silahkan anda copy shortcut tersebut ke Desktop atau kemanapun yang diinginkan.

2. Membuat Shortcut di Desktop Windows dengan Send to

Cara kedua yang dapat anda lakukan untuk membuat shortcut atau pintasan file, folder, dan software adalah dengan menggunakan fitur Send to. Fitur ini memang biasanya digunakan untuk mengirim atau copy file ke perangkat penyimpanan lain. Tapi, anda juga dapat menggunakan cara ini untuk membuat shortcut di Desktop. Untuk melakukan cara kedua ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan klik kanan pada file, folder, dan software yang ingin anda buatkan shortcut. Kemudian, pada opsi yang muncul, silahkan arahkan kursor ke Send to lalu klik Desktop (create shortcut).

Membuat shortcut file

Setelah itu, pada Desktop akan muncul shortcut baru dari file, folder, atau software yang sudah anda buat.

3. Membuat Shortcut di Desktop Windows dengan Perintah Copy

Cara ketiga yang dapat anda lakukan untuk membuat shortcut file, folder, atau software adalah dengan memanfaatkan perintah copy. Perintah copy memang biasanya digunakan untuk menggandakan sebuah file, folder, atau software. Tapi, anda juga dapat memanfaatkan perintah copy untuk membuat shortcut dari file, folder, atau software tersebut. Untuk melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan klik kanan pada file, folder, atau software yang ingin anda buatkan shortcut, kemudian pada opsi yang muncul silahkan klik Copy. Atau, anda juga dapat melakukannya dengan cara menekan CTRL + C di Keyboard.

Setelah itu, klik kanan pada tempat dimana anda akan meletakkan shortcut file, folder, atau software tersebut, misalnya di Desktop. Kemudian, pada opsi yang muncul silahkan klik Paste shortcut.

membuat shortcut aplikasi d desktop

Setelah itu, maka shortcut dari file, folder, atau software tersebut akan muncul. Silahkan gunakan shortcut atau pintasan tersebut untuk membuka file, folder, dan software yang ditautkan.

Itulah 3 cara mudah untuk membuat shortcut file, folder, atau software di Desktop Windows, baik pada Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10. Anda dapat menggunakan cara ini salah satunya adalah jika menginstall software tetapi tidak muncul shortcut di Desktop. Setelah melakukan cara tersebut di atas, maka setiap shortcut yang dibuat di Desktop akan muncul, selama anda tidak menyembunyikan icon Dekstop.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here