Cara Memindahkan Letak Taskbar di Layar Windows 10,8,7

1
625

Cara memindahkan letak taskbar di Windows 10, 8, 7

Salah satu fitur bawaan Windows yang tentu sudah sangat sering anda gunakan adalah taskbar. Taskbar memiliki fungsi sebagai tempat menampilkan ikon aplikasi dan beberapa informasi seperti waktu, indikator baterai, dll. Secara default, posisi atau letak taskbar Windows berada pada bagian bawah layar. Namun, jika ingin memindahkan letak taskbar tersebut di Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10, maka silahkan gunakan cara ini.

Jika anda bosan dengan tata letak layar Komputer Windows yang digunakan, maka silahkan melakukan sedikit perubahan dengan memindahkan lokasi taskbar. Anda dapat memindahkan lokasi taskbar Windows ke kiri, atas, atau kanan. Jadi, anda dapat merasakan suasana baru saat menggunakan Laptop atau PC Desktop untuk beraktifitas.

Tampilan layar tentu menjadi salah satu faktor kenyamanan dalam menggunakan Laptop atau PC Desktop. Dengan memindahkan letak atau lokasi taskbar, maka anda bisa merasakan sensasi yang berbeda. Anda dapat memindahkan taskbar ke bagian atas layar agar tampak seperti pada Laptop Mac. Atau, anda juga dapat memindahkan letak taskbar ke kiri agar tampak seperti beberapa distro Linux. Selain itu, agar lebih menarik, maka anda juga dapat menyembunyikan taskbar Windows tersebut agar tidak muncul secara terus menerus.

Cara Memindahkan Letak Taskbar di Layar Laptop Windows

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa anda dapat memindahkan lokasi atau letak taskbar Windows jika bosan dengan bawaannya yang berada di bagian bawah layar. Untuk memindahkan lokasi taskbar tersebut sangat mudah dilakukan. Anda tidak memerlukan software khusus karena sudah tersedia pada pengaturan bawaan Windows.

Cara memindahkan lokasi taskbar pada Windows 7 atau Windows 8/8.1 dan pada Windows 10 sedikit berbeda. Perbedaan tersebut dapat anda simak pada masing-masing cara berikut.

Memindahkan Lokasi Taskbar di Windows 7 dan Windows 8/8.1

Jika anda menggunakan Windows 7 atau Windows 8/8.1, maka pemindahan lokasi taskbar di Layar dapat dilakukan melalui Control Panel. Tapi, anda dapat menggunakan cara pintas, seperti pada langkah-langkah berikut ini.

Silahkan klik kanan pada taskbar di Windows 7 atau Windows 8/8.1 yang anda gunakan, kemudian pada opsi yang muncul, silahkan klik Properties.

Membuka properties taskbar Windows 7 atau Windows 8/8.1

Selanjutnya, pada jendela Taskbar and Navigation properties yang muncul, silahkan klik opsi yang terdapat pada bagian Taskbar location on screen. Pada opsi tersebut silahkan pilih lokasi taskbar yang diinginkan, baik itu bottom (bawah), left (kiri), right (kanan), atau top (atas). Jika sudah selesai, silahkan klik Apply untuk menerapkan perubahan tersebut.

Cara memindahkan taskbar di Windows 7 atau Windows 8/8.1

Jika letak taskbar sudah sesuai dengan yang diharapkan, maka silahkan tutup jendela pengaturan tersebut. Setelah anda melakukan pengaturan tersebut, maka letak taskbar Windows 7 atau Windows 8/8.1 yang anda gunakan akan berubah sesuai dengan opsi lokasi yang dipilih.

Memindahkan Lokasi Taskbar di Windows 10

Jika menggunakan Windows 10, maka anda dapat memindahkan lokasi taskbar melalui Settings. Anda juga dapat menggunakan jalan pintas seperti pada langkah-langkah berikut.

Silahkan klik kanan pada taskbar Windows 10 yang anda gunakan, kemudian pada opsi yang muncul silahkan klik Taskbar settings.

Membuka Taskbar settings Windows 10

Setelah itu, pada jendela Settings, silahkan klik opsi pada bagian Taskbar location on screen untuk mengubah letak taskbar. Silahkan anda pilih opsi sesuai dengan letak taskbar yang diinginkan, baik itu bottom (bawah), left (kiri), right (kanan), atau top (atas).

Cara memindahkan letak taskbar Windows 10

Setelah anda melakukan pengaturan di atas, maka letak taskbar di layar Windows 10 yang digunakan akan berpindah.

Itulah cara mudah memindahkan letak taskbar di layar Windows, baik pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Jadi, jika anda bosan dengan letak bawaan taskbar yang berada di bagian bawah layar, maka silahkan memindahkannya ke poisisi yang diinginkan. Jika suatu saat anda ingin mengembalikan taskbar tersebut ke bawah seperti semula, maka cukup ubah kembali menjadi bottom pada pengaturan diatas.

1 KOMENTAR

BALAS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda