Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled Saat Aktivasi

6
20283

Cara mengatasi windows script host access is disabled on this machine, contact your administrator for details pada Windows

Windows Script Host atau WSH merupakan salah satu fitur bawaan yang terdapat pada sistem operasi Windows. Fitur Windows Script Host memiliki fungsi untuk menjalankan script pada Komputer PC atau Laptop yang anda gunakan, seperti script Java atau VB.

Fitur WSH ini harus aktif pada sebuah Komputer agar administrator mampu melakukan optimasi terhadap sejumlah proses di sistem Windows. Contoh peranan Windows Script Host yang paling sering ditemui adalah penggunaannya saat aktivasi Office dan Windows.

Memang terkadang tidak disadari saat menggunakan fitur Windows Script Host karena berjalan di latar belakang. Namun, kegunaannya baru akan terasa saat fitur tersebut tiba-tiba tidak bisa digunakan. Hal ini biasa terjadi ketika Windows Script Host tidak aktif atau disabled. Akibatnya, anda tidak akan bisa melakukan aktivitas yang membutuhkan fitur tersebut karena muncul keterangan error Windows Script Host access is disabled on this machine.

Penyebab Error Windows Script Host is Disabled

Jika anda mendapati error Windows script host is disabled pada Laptop atau Komputer PC saat sedang melakukan aktivitas tertentu, itu karena Windows Script Host sedang tidak aktif. Secara default Windows Script Host pada Windows akan aktif dan bisa digunakan kapan saja.

Namun, ada beberapa aplikasi yang bisa membuat Windows Script Host menjadi tidak aktif atau disabled. Hal ini karena aplikasi tersebut tidak mengizinkan Laptop atau Komputer anda menjalankan script tertentu.

Salah satu aplikasi yang akan men-disable Windows Script Host adalah Smadav. Sebagai aplikasi antivirus, Smadav mungkin tidak ingin anda menjalankan file script yang berpotensi bahaya, makanya Windows Script Host diblokir.

Akibatnya, anda tidak akan bisa melakukan hal-hal yang butuh Windows Script Host, seperti melakukan aktivasi Office atau Windows menggunakan CMD atau aktivator KMS. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka anda harus meng-enable Windows Script Host kembali.

Baca Juga : 6 Cara Membuka / Menampilkan Recycle Bin pada Windows 10

Cara Mengatasi Windows Script Host Acces Disabled Saat Aktivasi Windows atau Office

Ketika Windows Script Host dalam keadaan nonaktif, anda tidak akan bisa melakukan aktivasi Office maupun aktivasi Windows menggunakan CMD atau aktivator KMS. Hal ini bisa terjadi baik itu pada Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, maupun Windows 11.

Saat mencoba melakukan aktivasi, maka pada aktivator akan muncul keterangan error “Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your administrator for details”. Jika anda ingin tetap bisa melakukan aktivasi, maka terlebih dahulu harus mengizinkan Windows Script Host.

Cara ke-1: Jika di Laptop Terdapat Aplikasi Smadav

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa salah satu penyebab yang paling sering membuat Windows Script Host menjadi disabled adalah karena aplikasi Smadav. Jadi, untuk mengatasi masalah tersebut juga harus dilakukan pada aplikasi Smadav.

Untuk mengatasinya anda cukup mengizinkan Windows Script pada aplikasi Smadav yang terinstall di Laptop atau Komputer PC anda. Untuk melakukan hal tersebut, maka silahkan anda ikuti saja langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, klik icon arah atas (Show hidden icons) di bagian kanan Taskbar.
  2. Kemudian, pada icon-icon yang muncul silahkan klik kanan pada icon aplikasi Smadav.
  3. Setelah itu, pada opsi yang muncul klik Allow Windows-Script & Office-Macro (Permanent).
    cara mengizinkan Windows Script Host pada Smadav
  4. Pada jendela Allowed yang muncul, silahkan klik Ok untuk mengkonfirmasi.
    Allow Windows Script pada Smadav
  5. Terakhir, silahkan ulangi proses aktivasi Windows atau Office yang tadi dilakukan.

Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas, maka Windows Script Host yang sebelumnya disabled akibat Smadav sekarang sudah enabled dan bisa digunakan. Dengan demikian, sekarang anda sudah bisa melakukan hal yang tadinya tidak bisa, seperti melakukan aktivasi Office atau Windows menggunakan aktivator KMS atau CMD.

Baca Juga : Cara Membersihkan Drive hingga 20 GB setelah Update Windows

Cara ke-2: Jika di Laptop Tidak Ada Aplikasi Smadav

Jika anda sudah mencoba cara yang pertama di atas tetapi di Laptop anda ternyata tidak ada aplikasi Smadav, maka silahkan lakukan cara kedua berikut ini untuk mengatasi Windows Script Host access is disabled:

  1. Buka CMD sebagai admin dengan cara klik Start, lalu cari “cmd” dan klik Run as administrator.
    cara membuka CMD sebagai administrator untuk enable Windows Script Host
  2. Pada jendela User Account Control yang muncul, klik Yes untuk melanjutkan.
  3. Selanjutnya, ketik atau Copy perintah berikut dan Paste di CMD, lalu tekan Enter.
    REG DELETE “HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings” /v Enabled /f

    cara mengatasi Windows Script Host access is disabled pakai cmd

  4. Jika sukses, maka akan muncul keterangan The operation completed successfully.
  5. Karena sudah berhasil, maka anda sudah bisa menutup jendela CMD tersebut.
  6. Terakhir, silahkan anda lakukan lagi proses aktivasi Windows atau Office yang tadi dilakukan.

Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas dan prosesnya berhasil, maka sekarang Windows Script Host sudah tidak ter-disabled dan aktivasi bisa berjalan lancar hingga sukses.

Penutup

Demikian tutorial cara mengatasi Windows Script Host Acces is Disabled on This Machine yang muncul karena ulah antivirus Smadav. Solusi yang dilakukan adalah dengan meng-enable Windows Script Host agar bisa digunakan lagi. Jadi, jika anda mengalami masalah ini dan ternyata pada Komputer anda terinstall aplikasi Smadav, maka solusi di atas akan mengatasinya.

6 KOMENTAR

  1. saya ngeliat blog lu bagus dah konten IT semua. kalo jago bagi bagi ilmunya dong kaya jual buku gitu dah nanti gua beli

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda