9 Cara Membuka File Explorer di Laptop Windows 10

|Diupdate 3 September 2020
0
209

Cara membuka File Explorer di Windows

Bagi para pengguna Windows, salah satu aplikasi atau tool yang paling sering digunakan adalah File Explorer atau File Manager. File Explorer di Windows biasanya digunakan untuk membuka, menyalin, memindahkan, atau menghapus file dan folder yang terdapat pada penyimpanan. Untuk membuka File Explorer ada beraga cara yang dapat dilakukan seperti yang akan dibahas pada artikel ini.

Umumnya saat hendak membuka File Explorer, maka anda hanya perlu klik icon-nya di Taskbar Windows. Tapi banyak yang tidak mengetahui bahwa masih banyak cara lain untuk membuka File Explorer.

Metode alternatif untuk membuka atau menjalankan File Explorer perlu diketahui agar jika terjadi kendala pada satu cara, masih ada cara lainnya. Misalnya saja, Taskbar Laptop Windows anda tiba-tiba tidak dapat diklik, artinya tidak dapat menjalankan File Explorer melalui Taskbar. Jika anda tetap ingin membuka atau menjalankan File Explorer, maka silahkan gunakan salah satu cara atau metode lain seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Cara Membuka File Explorer di Windows 10

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa kadangkala muncul kendala pada cara umum yang biasanya dilakukan. Misalnya saja anda tidak dapat membuka File Explorer menggunakan cara yang biasa. Artinya anda membutuhkan metode alternatif agar tetap dapat menjalankan program tersebut.

Pada artikel ini akan dibahas beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menjalankan File Explorer di Laptop atau Komputer Windows. Semua cara tersebut sangat mudah dilakukan, jadi silahkan anda pilih mau menggunakan yang mana.

1. Buka File Explorer Melalui Taskbar

Cara pertama dan yang paling sering dilakukan untuk membuka File Explorer adalah melalui Taskbar Windows. Cara ini sangat mudah dilakukan dan tentu sudah diketahui oleh sebagian besar pengguna Komputer.

Untuk menjalankan File Explorer melalui Taskbar, maka cukup klik icon File Explorer yang terdapat pada Taskbar Windows. Tentu saja anda hanya dapat melakukan cara ini jika sudah menambahkan program File Explorer ke Taskbar. Tapi, Windows 10 memang sudah menyediakan icon File Explorer di Taskbar secara default.

Menjalankan File Explorer melalui Taskbar

2. Buka File Explorer Menggunakan Shortcut Keyboard

Cara kedua yang juga pasti sering dilakukan oleh pengguna Komputer untuk membuka File Explorer di Windows adalah dengan menggunakan shortcut Keyboard. Anda hanya perlu menekan tombol kombinasi pada Keybaord Laptop yang digunakan agar File Explorer terbuka.

Untuk melakukan cara ini, silahkan tekan tombol kombinasi Win + E di Keyboard. Setelah itu, maka jendela File Manager bawaan Windows tersebut akan terbuka.

3. Buka File Explorer Melalui Pencarian

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan jika anda ingin membuka File Explorer Windows adalah melalui pencarian. Anda hanya perlu melakukan pencarian di Windows 10 untuk menemukan program tersebut.

Untuk menjalankan File Explorer melalui pencarian, silahkan klik icon Search kemudian lakukan pecarian dengan memasukkan kata kunci “file explorer”. Setelah itu, silahkan klik File Explorer pada hasil pencarian yang muncul. Tapi, ini hanya dapat dilakukan jika anda tidak menyembunyikan pencarian dari Taskbar.

Buka File Explorer melalui Search

4. Buka File Explorer Melalui Start Menu

Cara keempat yang dapat anda lakukan untuk membuka File Explorer di Windows adalah melalui Start Menu. Cara ini bisa dikatakan jarang dilakukan karena beberapa pengguna tidak mengetahui keberadaan File Manager bawaan Windows ini di Start Menu.

Untuk melakukan cara ini sangat mudah, silahkan klik Start Menu. Pada daftar aplikasi di Start Menu tersebut, silahkan scroll ke bawah dan cari dan klik direktori Windows System kemudian klik File Explorer.

Cara menjalankan File Explorer di Windows 10

5. Buka File Explorer Melalui Start Context Menu (Win+X)

Cara selanjutnya adalah dengan membuka File Explorer melalui Context Menu pada tombol Start. Start Context Menu merupakan daftar menu yang muncul saat anda klik kanan pada Start Menu.

Untuk melakukan cara ini, silahkan klik kanan pada Start Menu, atau anda juga dapat menekan Win + X di Keyboard. Setelah itu, pada daftar opsi yang muncul silahkan klik File Explorer untuk menjalankannya.

Buka File Manager Windows 10

6. Buka File Explorer Melalui Kotak Run

Cara keenam yang dapat anda lakukan adalah dengan memanfaatkan kotak dialog Run. Kotak dialog Run ini bisa dikatakan dapat menjalankan program apa saja yang terdapat di Windows, termasuk File Explorer.

Untuk melakukan cara ini silahkan tekan Win + R di Keyboard agar jendela Run terbuka. Kemudian, pada kolom Open: silahkan ketikkan “explorer” lalu klik Ok. Setelah itu, maka File Explorer Windows akan terbuka.

Run File Explorer

7. Buka File Explorer Menggunakan Command Prompt

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan Command Prompt atau CMD. Tentu anda sudah tahu bahwa CMD merupakan tool powerfull yang dimiliki oleh Windows.

Untuk menjalankan File Explorer menggunakan CMD, silahkan membuka Command Prompt terlebih dahulu. Kemudian, pada jendela CMD yang terbuka, silahkan ketikkan perintah explorer kemudian tekan Enter. Setelah itu, maka akan terbuka jendela File Explorer Windows.

Command open File Manager Windows

8. Buka File Explorer Melalui Task Manager

Cara kedelapan yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan Task Manager. Anda dapat menggunakan Task Manager yang biasanya untuk memonitor aplikasi yang sedang berjalan untuk menjalankan File Explorer.

Untuk melakukan cara ini, silahkan membuka Task Manager di Laptop Windows yang digunakan. Kemudian, pada jendela Task Manager silahkan klik menu File, lalu klik Run new task.

Pada jendela Create new task yang terbuka, silahkan ketikkan “explorer” kemudian klik Ok. Setelah itu, maka akan terbuka jendela File Explorer di Laptop Windows yang digunakan.

Task Manager open Explorer

9. Buka File Explorer Menggunakan Shortcut

Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk menjalankan program File Explorer adalah dengan membuat shortcut. Anda dapat membuka shortcut File Explorer di Desktop untuk menjalankannya.

Untuk melakukan cara ini, silahkan klik kanan pada Desktop Windows. Pada context menu silahkan arahkan kursor ke New kemudian klik Shortcut.

Pada jendela Create Shortcut yang terbuka, silahkan masukkan lokasi direktori c:\windows\explorer.exe pada kolom yang tersedia. Setelah itu, silahkan klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Membuat shortcut File Explorer

Pada jendela selanjutnya anda dapat mengubah nama shortcut File Explorer tersebut. Jika sudah selesai, silahkan klik Finish untuk menyelesaikan pembuatan shortcut.

Setelah itu, maka akan muncul shortcut File Explorer tersebut di Desktop jika anda tidak menyembunyikan icon Desktop. Untuk membuka File Explorer, maka cukup jalankan shortcut tersebut.

Itulah beberapa cara atau metode yang dapat anda gunakan jika hendak membuka File Explorer di Windows 10. Beberapa cara tersebut sebenarnya juga dapat digunakan pada Windows 7 dan Windows 8.1. Jadi, jika cara yang biasa anda gunakan untuk menjalankan File Explorer atau File Manager Windows, maka silahkan gunakan salah satu cara di atas sebagai alternatif.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda