Cara Mengganti Font Default di Laptop Windows 10

0
324

Cara mengganti font di Laptop Windows 10

Pengguna lama Windows yang sebelumnya sudah pernah menggunakan Windows 7 mungkin pernah mengganti font atau jenis huruf tulisan sistem. Windows 7 memang memungkinkan anda untuk mengubah font default Windows dengan sangat mudah. Anda hanya perlu melakukan pengaturan personalisasi untuk ganti font Windows. Tapi, jika sekarang anda menggunakan Windows 10, maka cara lama tersebut tidak dapat berlaku lagi untuk mengganti font di Laptop.

Kehadiran Windows 10 memang membawa perubahan yang tidak terdapat pada Windows sebelumnya, baik itu Windows 7 maupun Windows 8. Tapi, tidak hanya menambah fiturnya, Windows 10 juga menghilangkan beberapa fitur dan pengaturan. Termasuk meniadakan pengaturan untuk mengubah font default sistem Windows pada Windows 10. Artinya, anda tidak dapat mengubah font Windows 10 melalui Settings maupun Control Panel.

Meskipun tidak dapat mengubah font default Windows 10 melalui pengaturan, tapi anda masih tetap dapat mengganti font bawaan Windows 10 tersebut. Namun, agar dapat mengganti font tersebut, anda harus melakukannya dengan cara memodifikasi Registry. Artinya, anda harus melakukan perubahan pada Registry Editor (Regedit) untuk melakukan penggantian font tersebut. Agar anda tidak mengalami kesulitan, maka pada artikel ini akan membahas bagaimana cara mengganti font default di Laptop Windows 10 melalui Regedit.

Cara Mengganti Font Default di Laptop Windows 10

Seperti penjelasan sebelumnya bahwa anda harus melakukan perubahan pada Regedit jika ingin mengganti font atau jenis huruf pada sistem Windows 10. Tentu anda sudah mengetahui bahwa melakukan perubahan pada Regedit merupakan aktivitas yang beresiko. Jika melakukan kesalahan, maka bisa saja menimbulkan masalah pada Laptop Windows 10 anda.

Jadi, agar tidak terjadi masalah pastikan anda melakukan perubahan Regedit dengan benar. Anda dapat mengikuti panduan berikut ini untuk mengubah font di Laptop Windows 10 melalui Regedit.

Tapi, sebelum anda mengganti font Windows 10 melalui Regedit, tentu anda harus mengetahui ingin menggunakan font apa dan namanya. Anda dapat menggunakan font yang sudah tersedia di Windows 10 atau menambahkan font baru yang lebih menarik. Jadi, pastikan terlebih dahulu anda memeriksa nama font yang akan digunakan untuk menggantikan font bawaan Windows 10.

Baca Juga :
5 Cara Melihat Jumlah Kapasitas RAM di Laptop Windows 10

Melihat Nama Font yang akan Digunakan

Untuk mengetahui nama font pengganti, maka anda harus memeriksanya agar tidak salah memasukkan nama font nantinya. Silahkan memeriksa nama font yang sudah tersedia di Laptop Windows 10 anda melalui Settings. Untuk memeriksa font yang tersedia dan mencari nama font yang ingin digunakan, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka Settings di Laptop Windows 10 yang akan anda ubah jenis tulisannya. Setelah itu, pada jendela utama Settings silahkan klik Personalisation.

Pengaturan tampilan Windows 10

Pada halaman Settings berikutnya silahkan klik Fonts pada panel sebelah kiri untuk menampilkan semua font yang tersedia di Windows 10. Pada bagian ini akan menampilkan semua font, baik yang berupa bawaan Windows maupun font yang sudah anda import. Jadi, silahkan cari nama font yang ingin anda gunakan dengan memperhatikan gaya hurufnya.

Cek nama font di Windows 10

Saat menentukan untuk menggunakan jenis font apa, sebaiknya memilih font yang mudah anda pahami dan baca. Jangan sampai anda tidak dapat membaca tulisan di System Windows karena salah pilih font.

Agar lebih mudah anda dapat melakukan pencarian nama lengkap font pada kolom Search. Jika font yang ingin anda gunakan sudah ketemu, silahkan ingat atau catat nama font tersebut secara lengkap.

Setelah tahu nama font yang ingin anda gunakan sebagai font system Windows 10, maka silahkan langsung melakukan penggantian font.

Mengganti Font di Windows 10

Untuk melakukan penggantian font system di Windows 10, anda tidak perlu membuka Regedit dan merubah isinya. Anda hanya perlu membuat file Regedit dan kemudian menjalankan file tersebut. Hal ini dilakukan agar lebih aman dan anda tidak beresiko menyentuh bagian Regedit yang lain.

Untuk membuat file Regedit agar dapat menggunakannya dalam rangka mengubah gaya tulisan di Windows 10 tidaklah terlalu sulit. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka Notepad di Laptop Windows 10 yang anda gunakan. Selanjutnya, silahkan Copy kode di bawah ini kemudian Paste pada jendela Notepad yang terbuka. Pastikan anda mengganti tulisan NAMA FONT BARU dengan menuliskan font yang akan digunakan, misalnya Arial, Courier New, Times New Roman, atau lainnya.


Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Fonts]
"Segoe UI (TrueType)"=""
"Segoe UI Bold (TrueType)"=""
"Segoe UI Bold Italic (TrueType)"=""
"Segoe UI Italic (TrueType)"=""
"Segoe UI Light (TrueType)"=""
"Segoe UI Semibold (TrueType)"=""
"Segoe UI Symbol (TrueType)"=""

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\FontSubstitutes]

"Segoe UI"="NAMA FONT BARU"
	

Membuat file regedit untuk mengganti font

Setelah mengganti nama font yang akan anda gunakan sebagai font sistem Windows 10, silahkan simpan dengan menekan CTRL + S di Keyboard. Setelah jendela Save As terbuka, silahkan ubah bagian Save as type menjadi All Files. Kemudian, ubah nama file dan akhiri dengan ekstensi .reg. Jika sudah selesai, silahkan klik Save untuk menyimpannya.

Baca Juga :
Cara Mengecilkan Ukuran Icon Taskbar di Laptop Windows 10,8,7

Ganti font Windows 10 dengan file regedit

Setelah membuat file Registry tersebut, anda sudah dapat menggunakannya agar dapat mengganti font Windows 10. Silahkan klik kanan pada file .reg tersebut kemudian klik Merge.

Cara mengganti font di Windows 10 menggunakan regedit

Setelah menjalankan file tersebut, akan muncul jendela User Account Control, silahkan klik Yes. Pada jendela konfirmasi yang muncul silahkan klik Yes lagi untuk melanjutkan. Setelah itu font sistem Windows 10 akan berubah, jika berhasil maka akan muncul jendela dengan keterangan successfully added, klik Ok untuk menutupnya.

Font Windows 10 sudah berhasil diganti

Terakhir, silahkan lakukan Restart pada Laptop atau Komputer Windows 10 yang anda gunakan.

Setelah menyelesaikan semua langkah-langkahnya, akan terlihat bahwa font baru sudah terpakai pada seluruh elemen desktop. Font baru tersebut akan diterapkan pada semua elemen sistem Windows 10, seperti di File Explorer, Control Panel, Taskbar, dan Aplikasi yang menggunakan font sistem default. Silahkan membuka File Explorer atau aplikasi lainnya untuk melihat perubahan yang terjadi.

Cara Mengembalikan ke Font Bawaan

Jika sudah mengubah font system Windows 10 dan ingin mengembalikannya, maka anda juga dapat melakukan hal ini. Kadangkala setelah mengganti font Windows 10 malah ingin mengembalikannya menjadi seperti semula. Untuk melakukan restore font Windows 10 yang sudah anda ganti, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan buka Notepad di Laptop Windows 10 yang ingin anda kembalikan font-nya menjadi seperti semula. Setelah itu, silahkan Copy kode di bawah dan Paste pada jendela Notepad yang terbuka.


Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Fonts]
"Segoe UI (TrueType)"="segoeui.ttf"
"Segoe UI Black (TrueType)"="seguibl.ttf"
"Segoe UI Black Italic (TrueType)"="seguibli.ttf"
"Segoe UI Bold (TrueType)"="segoeuib.ttf"
"Segoe UI Bold Italic (TrueType)"="segoeuiz.ttf"
"Segoe UI Emoji (TrueType)"="seguiemj.ttf"
"Segoe UI Historic (TrueType)"="seguihis.ttf"
"Segoe UI Italic (TrueType)"="segoeuii.ttf"
"Segoe UI Light (TrueType)"="segoeuil.ttf"
"Segoe UI Light Italic (TrueType)"="seguili.ttf"
"Segoe UI Semibold (TrueType)"="seguisb.ttf"
"Segoe UI Semibold Italic (TrueType)"="seguisbi.ttf"
"Segoe UI Semilight (TrueType)"="segoeuisl.ttf"
"Segoe UI Semilight Italic (TrueType)"="seguisli.ttf"
"Segoe UI Symbol (TrueType)"="seguisym.ttf"
"Segoe MDL2 Assets (TrueType)"="segmdl2.ttf"
"Segoe Print (TrueType)"="segoepr.ttf"
"Segoe Print Bold (TrueType)"="segoeprb.ttf"
"Segoe Script (TrueType)"="segoesc.ttf"
"Segoe Script Bold (TrueType)"="segoescb.ttf"

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\FontSubstitutes]

"Segoe UI"=-
	

Membuat file regedit untuk mengembalikan font

Selanjutnya, simpan file tersebut dengan cara menekan CTRL + S di Keyboard. Pada jendela Save As silahkan ubah bagian Save as type menjadi All Files. Setelah itu, ubah nama file tersebut dan akhiri namanya dengan ekstensi .reg. Jika sudah selesai, silahkan klik Save untuk menyimpannya.

Baca Juga :
Cara Mengubah Start Menu Windows 10 Menjadi Full Screen

Menyimpan file regedit pengembali font

Jika sudah membuat file tersebut, silahkan jalankan dengan cara klik kanan kemudian klik Merge.

Kembalikan font Windows 10 yang sudah diganti

Saat menjalankannya, akan muncul jendela User Account Control, silahkan klik Yes. Setelah itu akan muncul jendela konfirmasi, silahkan klik lagi Yes untuk melanjutkan. Font sistem Windows 10 akan dikembalikan menjadi seperti semula. Jika proses restore berhasil maka akan muncul jendela dengan keterangan successfully, klik Ok untuk menutupnya.

Font Windows 10 sudah dikembalikan

Langkah terakhir, silahkan Restart Laptop atau Komputer Windows 10 yang anda gunakan. Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, maka sistem akan mengembalikan font ke konfigurasi semula.

Itulah cara mudah mengganti atau mengubah jenis font system di Laptop Windows 10. Silahkan gunakan cara ini jika anda bosan dengan gaya tulisan bawaan Windows 10. Jadi, anda dapat membuat tampilan Windows 10 menjadi lebih menarik dengan menggunakan font yang menarik. Jika suatu saat ingin mengembalikan seperti semula, tidak usah khawatir karena anda juga dapat restore font Windows 10 yang sudah terganti.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda