13 Aplikasi Pemutar Video Terbaik untuk PC / Laptop Windows

0
1068

Pemutar video dan film terbaik untuk PC / Laptop Windows

Pemutar video atau film merupakan salah satu aplikasi yang perlu ada pada sebuah Laptop ataupun Komputer Windows. Saat anda ingin menonton video atau film di Laptop, maka tentu butuh aplikasi pemutar video. Jika anda tidak tahu mau menggunakan aplikasi apa, maka pada artikel ini dibahas beberapa pemutar video terbaik untuk PC Windows.

Ada beragam aplikasi atau software yang bisa anda install di Laptop atau Komputer Windows. Masing-masing pemutar video tersebut bisa digunakan untuk menonton film dan disertai fitur yang beragam.

Sebuah aplikasi yang baik untuk dijadikan sebagai alat hiburan tentu harus memiliki fitur yang memadai. Misalnya saja, harus ada fitur untuk mengatur volume suara, mengatur kecepatan pemutaran video, memajukan / memundurkan video, dll. Selain itu, anda juga perlu pemutar yang memungkinkan untuk menonton film dengan subtitle. Ada banyak aplikasi yang menyediakan fitur tersebut, sebagaimana rekomendasi aplikasi pemutar video terbaik untuk PC / Laptop Windows.

Aplikasi Pemutar Video / Film Terbaik untuk PC / Laptop Windows

Jika anda ingin menonton film di Laptop atau PC Desktop, maka ada banyak pilihan aplikasi pemutar video yang dapat digunakan. Salah satu yang paling penting dari sebuah aplikasi pemutar film ataupun video singkat adalah kemampuannya untuk menambahkan subtitle.

Selain itu, kemampuan untuk menampilkan kualitas gambar yang maksimal tentu juga sangat penting. Tidak hanya itu, sebuah aplikasi pemutar video juga tentu harus memiliki kemampuan untuk memutar berbagai format video. Diantara format video yang saat ini banyak digunakan adalah MKV, MP4, WMV, 3GP, MPEG, FLV, DAT, dan sebagainya.

Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas beberapa rekomendasi aplikasi pemutar video atau film yang dapat anda jadikan sebagai aplikasi favorit.

1. Movies & TV

aplikasi pemutar video bawaan Windows terbaik

Aplikasi ini sebenarnya tidak perlu anda install jika menggunakan Windows 10 karena sudah tersedia secara default. Aplikasi yang sebelumnya bernama Film & TV ini merupakan pemutar video bawaan Windows 10 dengan dukungan fitur yang cukup menarik.

Berbeda dengan Windows Media Player yang merupakan pemutar video bawaan Windows 7 dan 8, aplikasi Movies & TV ini sudah memiliki fitur yang mumpuni. Anda bisa menggunakan pemutar bawaan ini untuk menonton film dengan berbagai format, misalnya saja MP4, MKV, FLV, dan lainnya.

Selain itu, jika anda ingin menonton film berbahasa asing yang belum memiliki terjemahan didalamnya, anda juga bisa menambahkan subtitle. Jadi, anda dapat menonton film beserta tambahan file subtitle dari luar.

Karena aplikasi ini merupakan pemutar video bawaan Windows 10, jadi anda tidak perlu menginstallnya lagi. Selain itu, dari segi fitur aplikasi ini juga sudah cukup kalau hanya untuk menonton film dengan subtitle.

2. KMPlayer

aplikasi pemutar terbaik untuk nonton film di Windows

Pemutar video lainnya yang sebaiknya anda gunakan jika ingin mendapatkan fitur lebih dari sebuah pemutar video adalah KMPlayer. KMPlayer ini adalah pemutar video dengan berbagai fitur keren dan bisa digunakan secara gratis. Pemutar video ini memiliki kemampuan untuk memutar hampir semua file video dan audio utama.

Jika anda senang menonton film atau vide yang memiliki resolusi tinggi, maka KMPlayer ini sudah mendukung pemutaran video 3D, UHD, dan 4K. Jadi, anda bisa menikmati video atau film dengan resolusi gambar yang tinggi di perangkat monitor.

Baca Juga :
Cara Mengambil Foto dari Video yang Diputar pada VLC / KMP

Layaknya pemutar video modern yang ada saat ini, KMPlayer juga sudah mendukung berbagai format video dan audio. Selain itu, pemutar video ini menawarkan banyak pilihan efek video dan audio.

Anda bisa memilih bagian tertentu sebagai video favorit, membuatnya berulang, meng-capture video, dll. Selain itu, anda juga bisa mengatur subtitle seperti memajukan / memundurkan subtitle, mengatur ukuran huruf subtitle, dan lain sebagainya. Serta masih banyak fitur lain dari aplikasi pemutar film KMPlayer yang harus anda coba.

3. VLC Media Player

pemutar video terbaik untuk PC Windows

Software atau aplikasi pemutar video terbaik lainnya yang dapat anda gunakan jika ingin menonton video pendek atau film di Laptop adalah VLC Media Player. Selain dapat digunakan secara gratis, VLC Media Player juga sangat ringan. Software ini mungkin juga sudah tidak asing bagi anda yang sering menonton video, mengingat jumlah pengguna aplikasi pemutar video ini cukup banyak.

Software ini dapat memainkan berbagai jenis media, seperti audio, video, DVD, VCD, serta melakukan streaming. Selain itu, format video atau film yang dapat diputar juga beragam, mulai dari MP4, MKV, FLV, MPEG, dan lain sebagainya.

Anda dapat menggunakan software ini untuk memutar video secara offline, yaitu menggunakan file video atau film dari penyimpanan internal Laptop ataupun menggunakan penyimpanan eksternal seperti Hardisk, Flashdisk, dan lainnya. Tetapi, software ini juga dapat anda gunakan untuk menonton video secara online, misalnya menonton video YouTube.

Tidak hanya itu, fitur menarik lainnya yang membedakan VLC Media Player dengan pemutar video lain adalah kemampuannya untuk meningkatkan volume vidio. VLC Media Player memiliki kemampuan untuk memutar video atau film dengan volume suara hingga 125%. Artinya, jika volume dari bawaan video atau film sangat kecil, maka dapat diperbesar lagi agar terdengar lebih jelas.

Anda juga bisa menggunakan VLC Media Player ini untuk mengkonversi file media ke format lain. Serta masih banyak fitur lainnya dari VLC Media Player yang harus anda coba.

4. PotPlayer

video player terbaik untuk PC Windows

Rekomendasi pemutar video lainnya adalah PotPlayer yang memiliki banyak fitur. Aplikasi ini menawarkan berbagai jenis penyesuaian yang memungkinkan anda untuk mempersonalisasi perangkat lunak tersebut.

Aplikasi ini menggunakan teknik seperti CUDA, QuickSync, dan DXVA sehingga PotPlayer dapat memberikan kinerja maksimal dan pengalaman nonton video yang luar biasa. Itu sebabnya PotPlayer adalah sebuah pemutar video terbaik yang layak anda gunakan untuk menonton video ataupun film.

PotPlayer mungkin tidak sepopuler VLC Media Player, tetapi aplikasi ini mendukung lebih banyak file video dan audio. Pemutar video ini juga dapat anda gunakan untuk memutar video 3D dan mendukung berbagai jenis kacamata 3D.

5. GOM Media Player

media player terbaik untuk komputer Windows

Pilihan software atau aplikasi pemutar video dan film terbaik lainnya yang dapat anda gunakan di Laptop atau PC Desktop adalah GOM Player. Software pemutar video ini bisa dikategorikan sebagai pemutar media favorit karena penggunanya yang lumayan banyak.

Selain itu, software ini juga sangat ringan sehingga tidak akan membuat Laptop atau PC Desktop menjadi lambat. Software ini juga dapat anda install dengan bebas karena dapat digunakan secara gratis.

Baca Juga :
Cara Menambahkan Subtitle Terpisah saat Nonton Film di Laptop

Aplikasi pemutar video ini memiliki fitur yang sangat beragam dan semuanya menarik untuk digunakan. Diantara fitur-fitur menarik tersebut adalah mengambil gambar tangkapan layar saat sedang memutar video, mengatur warna dan resolusi video, equalizer, skin dan interfaces, pengaturan subtitle, dan fitur lainnya.

6. Media Player Classic – Home Cinema

pemutar video terbaik dan ringan

Pemutar video yang satu ini adalah pemutar video klasik yang sudah memiliki dukungan fitur layaknya pemutar video modern. Aplikasi ini merupakan pengembangan dari Media Player Classic yang sudah dihentikan.

Karena ini merupakan pengembangan aplikasi yang berbeda, maka diberi tambahan nama Home Cinema. Media Player Classic Home Cinema ini telah mendapatkan peningkatan dari versi lama sehingga tercipta perangkat lunak yang cepat dan ringan.

Pemutar video ini dapat anda gunakan secara gratis di Laptop Windows tanpa ribet. Anda juga bisa menggunakannya sebagai pemutar DVD gratis di Windows, menyediakan opsi unduhan subtitle, dan fitur menarik lainnya.

7. ACG Player

Aplikasi ini merupakan perangkat lunak berbasis UWP yang terlihat bersih dan ringan. Jika anda mencari aplikasi pemutar video berbasis UWP untuk Windows 10, maka ACG Player ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Selain aplikasinya yang ringan, ACG Player ini juga memiliki semua fitur penting dari sebuah pemutar video dan film. Pada aplikasi ini sudah tersedia fitur berupa efek audio dan video, visualizer musik, pengaturan subtitle, dan lain sebagainya.

Pemutar video ini juga mendukung pemutaran dari perangkat eksternal, file, dan juga disk. Jika anda ingin merasakan fitur dari aplikasi UWP yang ringan dan bersih ini, maka silahkan download via Microsoft Store Windows 10.

8. DivX Player

DivX Player merupakan jenis aplikasi media player yang menawarkan pemutaran HEVC secara gratis. Pemutar video DivX sudah dioptimalkan untuk memutar file video dalam format paling populer seperti MP4, MKV, DivX, dan AVI.

Anda juga bisa menikmati pemutaran video resolusi tinggi seperti UltraHD atau 4K. DivX Player juga bisa anda gunakan untuk melakukan streaming musik, video, dan foto ke perangkat DLNA yang kompatibel.

Tidak hanya itu saja, DivX Player juga sudah hadir dengan fitur-fitur canggih seperti Trick Play yang memungkinkan anda melompat ke adegan favorit dengan mudah. Dengan fitur Resume Play, memungkinkan anda melompat ke titik adegan terakhir yang anda tinggalkan.

9. SM Player

Software SM Player ini merupakan pemutar video yang dapat memutar segala jenis format video. Bahkan tidak hanya video saja, anda juga bisa menggunakannya untuk memutar segala jenis format audio.

Selain itu, anda juga bisa menggunakannya untuk streaming video YouTube melalui link URL dari video YouTube tersebut. Pemutaran video BluRay DVD pun juga dapat dilakukan dengan SM Player ini. Tentu saja hal ini menjadi salah satu kelebihan tersendiri bagi anda yang mengoleksi BluRay DVD.

10. Kodi

Aplikasi Kodi ini sebelumnya bernama XBMC yang merupakan media player gratis dan open-source. Pemutar video ini sangat dapat disesuaikan untuk anda gunakan di Laptop atau PC Desktop dan mendapatkan pengalaman seperti media center.

Kodi mendukung untuk memainkan hampir semua format video dan musik, podcast, dan media digital lainnya yang disimpan secara lokal atau di internet. Jadi, anda juga bisa menggunakan pemutar video ini untuk nonton streaming.

Baca Juga :
Cara Membuat Cover Buku Secara Online dan Gratis

Awalnya pemutar video Kodi dikembangkan secara independen dan disebut Xbox Media Center untuk konsol game Xbox. Media player ini juga memiliki plug-in yang dapat digunakan untuk memperluas fitur-fiturnya dan mencakup fungsi-fungsi seperti Netflix, YouTube, Hulu, Veoh, dll.

11. Plex

Video player Plex memungkinkan anda dengan mudah mengatur koleksi video apa saja seperti video, acara TV, foto, video pribadi, musik, dll. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengatur dan membuat koleksi anda menjadi tampak rapi.

Ada juga Plex highlight yang merupakan layanan streaming gratis yang menawarkan video dan acara TV gratis dari studio besar seperti Warner Bros, Lionsgate, MGM, dll. Selain itu, pemutar video untuk PC ini sudah mendukung hampir semua jenis file multimedia, termasuk musik hi-fi dan format video.

Pemutar video ini juga didukung oleh Chromecast sehingga anda dapat menayangkan video di layar TV yang lebih besar. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Plex ini di Ponsel atau Tablet untuk mengendalikan pemutar anda.

12. 5KPlayer

5KPlayer adalah Windows 10 Media Player lain yang layak disebutkan sebagai salah satu pemutar video terbaik. Pemutar video ini sangat kompatibel dengan berbagai codec dan format video. Aplikasi ini juga mengklaim dapat memutar hampir semua jenis video dan musik tanpa plug-in, dan itu memang benar adanya.

Tampilan antarmuka pengguna aplikasi video player 5KPlayer sangat bersih dan sederhana. Pada aplikasi ini juga tersedia lebih banyak opsi untuk nonton video streaming.

5KPlayer juga memungkinkan anda untuk mengimpor video dan musik dari situs web seperti YouTube, Facebook, Vimeo, MTV, dll. Dalam hal dukungan format video, pemutar ini kompatibel dengan format umum seperti MP4, MOV, M4V, MP3, AAC, dll.

13. MediaMonkey

Pemutar video lainnya yang layak untuk anda coba saat ingin menonton video atau film di PC adalah MediaMonkey. Pemutar video ini juga biasa disebut MMW (MediaMonkey for Windows). Perangkat lunak freemium ini dikenal memberikan bantuan kepada orang-orang yang ingin menjaga video dan musik mereka tetap teratur.

Sama seperti pemutar video terkenal lainnya, MediaMonkey untuk PC Windows hadir dengan kemampuan untuk memperluas fungsionalitas dengan adanya bantuan plugin. Anda dapat menggunakannya untuk membuat tampilan player menjadi lebih menarik, meningkatkan dukungan dan pemutaran perangkat, serta fitur-fitur penemuan musik yang lebih baru.

Penutup

Itulah beberapa aplikasi atau software pemutar video atau film terbaik untuk anda install pada Laptop atau PC Desktop. Sebenarnya masih ada banyak software lain yang juga memiliki beragam fitur menarik. Namun, salah satu software di atas bisa anda jadikan rujukan untuk digunakan jika sangat senang menonton video, terutama jika menonton film menggunakan subtitle.

Jadi, dengan menggunakan salah satu aplikasi pemutar video diatas, maka anda dapat menonton film dengan nyaman di Laptop ataupun PC Desktop. Bagian paling penting adalah karena semua software tersebut dapat anda install dan gunakan secara gratis. Selain itu, semuanya sangat ringan digunakan sehingga tidak akan membuat Laptop atau PC Desktop menjadi lebih lambat atau berat.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda