2 Cara Menghilangkan Icon di Desktop Windows 10,8,7

553

Cara menghilangkan icon di Desktop Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10

Bagi anda pengguna Windows, baik itu Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10 maka tentu sering melihat deretan icon aplikasi di desktop. Icon-icon aplikasi tersebut merupakan shortcut atau pintasan dari sebuah aplikasi. Keberadaan icon-icon tersebut memiliki tujuan agar aplikasi dari icon tersebut dapat diakses dengan cepat dan mudah. Meskipun demikian, beberapa pengguna lebih memilih untuk mencari cara menghilangkan icon di desktop Windows tersebut.

Biasanya, ketika anda menginstall aplikasi baru di Laptop Windows, maka secara otomatis akan terbentuk shortcut icon di desktop. Kalaupun tidak terbentuk secara otomatis, maka pengguna juga dapat membuat shortcut icon secara manual. Dengan adanya icon-icon tersebut, maka anda dapat menjalankan aplikasi atau software dengan mudah karena tidak perlu lagi repot mencarinya di Start Menu.

Meskipun keberadaan ikon aplikasi di desktop tersebut sangat bermanfaat bagi beberapa orang, tetapi tentu saja ada juga yang tidak senang. Beberapa pengguna lebih memilih untuk menghilangkan icon di desktop Windows, entah itu pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Biasanya pengguna ingin menyingkirkan icon-icon desktop tersebut agar tampilan desktop menjadi lebih bersih dan tidak ada ikon ataupun file yang terlihat. Jika demikian, maka anda dapat menggunakan cara ini untuk menghilangkan icon shortcut di desktop Windows.

Cara Menghilangkan Icon Shortcut di Desktop Windows 10,8,7

Untuk menghilangkan shortcut icon yang terdapat di desktop Windows, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Cara-cara tersebut semuanya dapat dilakukan pada semua edisi Windows, baik pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10.

Anda dapat menghilangkan ikon shortcut di desktop dengan menghapus secara manual. Atau, anda juga hanya menyembunyikan icon-icon tersebut agar dikemudian hari dapat ditampilkan kembali.

1. Menyembunyikan Icon Shortcut di Desktop Windows

Jika anda ingin menghilangkan icon di desktop Windows, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menyembunyikan icon-icon tersebut. Cara ini dapat anda gunakan agar dikemudian hari dapat ditampilkan kembali saat dibutuhkan.

Cara ini dapat anda lakukan dengan sangat mudah dan tidak memerlukan aplikasi khusus. Agar lebih jelas, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Silahkan pergi ke desktop di Windows yang terinstall pada Laptop atau PC Desktop anda. Kemudian, klik kanan pada desktop Windows anda, baik pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10.

Kemudian, pada opsi context menu yang muncul, silahkan arahkan kursor ke View kemudian klik Show desktop icon yang memiliki tanda centang di sebelah kirinya. Setelah anda klik opsi tersebut, maka tanda centang yang terdapat di sebelah kirinya akan hilang. Artinya semua icon yang terdapat di desktop Windows anda sudah disembunyikan dan tidak lagi tampil.

Cara menyembunyikan icon di Desktop Windows

Setelah anda menggunakan cara ini, meskipun anda copy atau memindahkan file ke folder Desktop di File Explorer, tidak akan ditampilkan juga di desktop Windows. Artinya, desktop Windows anda akan benar-benar bersih tanpa terdapat satupun file atau icon shortcut.

Untuk mengembalikannya seperti semula, silahkan klik kembali opsi Show desktop icon agar muncul lagi tanda centang. Setelah itu, semua icon dan file yang terdapat di folder Desktop File Explorer akan muncul di desktop Windows.

2. Menghapus Icon Shortcut di Desktop Windows Secara Manual

Cara lain yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan icon di desktop Windows adalah dengan menghapusnya secara manual. Cara ini dapat anda gunakan jika ingin menyingkirkan semua ikon dan file di desktop untuk selamanya. Artinya, jika anda ingin menggunakan cara ini, maka pastikan bahwa icon-icon tersebut tidak ingin dikembalikan dikemudian hari.

Untuk menghapus icon secara manual, sama seperti ketika anda menghapus file lain. Cukup klik kanan pada icon tersebut kemudian pilih Delete. Atau, klik pada file icon tersebut kemudian tekan tombol Delete di Keyboard. Anda juga dapat menghapus secara massal dengan cara blok semua icon kemudian lakukan penghapusan.

Cara menghapus icon di Desktop Windows

Namun, jika anda melakukan cara ini, maka biasanya akan tersisa file yang tidak dapat dihapus, yaitu Recycle Bin. Hal ini sangat umum karena anda memang tidak dapat menghapus Recycle Bin dari desktop secara manual. Silahkan baca artikel cara menghilangkan Recycle Bin dari desktop.

Itulah 2 cara yang dapat anda lakukan jika ingin menghilangkan icon shortcut di desktop Windows. Cara ini dapat anda lakukan pada semua edisi Windows, baik pada Windows 7, Windows 8/8.1, maupun Windows 10. Dari kedua cara diatas, anda dapat menggunakan cara yang pertama jika hanya ingin menyembunyikannya saja. Tetapi, jika ingin menghapus agar tidak dapat ditampilkan lagi, maka silahkan gunakan cara yang kedua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here