2 Cara Mengubah Teks Halaman Web Menjadi Suara

321

Cara mengubah teks halaman web menjadi suara

Saat ini sudah banyak sekali situs website yang menyediakan beragam informasi. Mulai dari situs berita, infotaimen, pendidikan, dan lainnya yang hampir setiap hari diakses. Untuk mendapatkan atau memahami isi dari sebuah halaman web, maka tentu anda harus membacanya. Tetapi, sebenarnya terdapat cara yang lebih praktis jika anda malas membaca, yaitu mengubah teks halaman web tersebut menjadi suara agar dapat didengarkan.

Jika anda selalu ingin mengetahui informasi dari bacaan online tetapi malas membaca, maka silahkan mengkonversi tulisan yang terdapat pada halaman web tersebut menjadi suara. Jadi, anda tidak perlu repot lagi membaca halaman web yang panjang, melainkan cukup mendengarkannya saja. Cara ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk membacakan berita dari situs berita, membacakan resep masakan bagi ibu-ibu, membacakan novel dari situs novel online, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan cara ini untuk mengubah teks dari halaman web menjadi suara, maka anda cukup mendengarkan suara dari aplikasi pembaca teks tersebut. Artinya, anda tidak perlu lagi repot membaca seperti biasa untuk mendapatkan informasi dari sebuah halaman situs website. Jadi, anda dapat melakukan pekerjaan lain sambil mendengarkan suara teks tersebut. Misalnya, anda dapat mengerjakan pekerjaan rumah sambil mendengarkan suara hasil konversi dari teks tersebut.

Cara Mengubah Teks Halaman Web Menjadi Suara (Laptop & Android)

Sekali lagi, ada banyak manfaat yang akan anda peroleh jika mengubah bahan bacaan dari halaman web menjadi suara. Mata anda tidak akan lagi pekat karena membaca halaman web yang panjang. Selain itu, anda juga dapat melakukan pekerjaan lain sambil mendengarkan suara dari teks tersebut.

Misalnya, ibu-ibu yang ingin memasak dan ingin menerapkan resep dari situs online, maka tidak perlu lagi repot membaca resep tersebut terlebih dahulu. Anda dapat langsung menerapkan resep masakan tersebut dengan hanya mendengarkan suara dari teks yang sudah dikonversi. Contoh lain, bagi pelajar yang ingin mengambil referensi dari sebuah halaman web, maka dapat mendengarkan suara hasil konversi dari teks tersebut sambil menuliskan poin-poin penting. Serta manfaat lainnya yang dapat dirasakan oleh berbagai kalangan dan profesi.

Cara untuk mengubah teks atau tulisan halaman web menjadi suara sangat mudah dan pasti dapat dilakukan oleh siapa saja. Pada artikel ini akan dibahas cara yang dapat anda terapkan pada Laptop maupun pada Android. Jika anda menggunakan Laptop, maka alat bantu yang akan digunakan adalah ekstensi browser. Sementara jika anda menggunakan Smartphone Android, maka alat bantu yang akan digunakan adalah aplikasi browser khusus dari Google.

1. Merubah Teks Halaman Web Menjadi Suara di Laptop

Jika anda menggunakan Laptop untuk mengakses situs website, maka anda dapat mengkonversi tulisan pada halaman web tersebut menjadi suara menggunakan ekstensi browser. Pada artikel ini akan dibahas penggunaannya pada browser Google Chrome, mengingat Chrome adalah salah satu browser terbaik di Laptop.

Jika anda menggunakan browser lain, maka silahkan sesuaikan saja. Perbedaan dari masing-masing browser adalah caranya dalam pemasangan ekstensi atau add-ons. Tetapi, jika anda sudah menggunakan browser Google Chrome, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Silahkan anda buka browser Google Chrome yang sudah terinstall di Laptop atau PC Desktop yang digunakan. Kemudian, silahkan anda install ekstensi Text to Speech yang akan digunakan sebagai alat pengubah teks menjadi suara.

Untuk menginstall ekstensi tersebut, silahkan buka halaman Chrome Web Store di Google Chrome Desktop. Kemudian, pada halaman tersebut, silahkan lakukan pencarian pada kolom Search the store dengan mengetikkan kata kunci “text to speech”. Kemudian, pada hasil pencarian yang muncul, silahkan pilih ekstensi Read Aloud: A Text to Speech Voice Reader dan klik Add to Chrome. Pada pop up yang muncul, silahkan klik Add extension untuk menambahkan ekstensi ini tersebut ke Google Chrome.

Install ekstensi text to speech

Setelah itu, ekstensi tersebut akan didownload dan dipasang pada browser Google Chrome Desktop yang anda gunakan. Silahkan tunggu hingga proses pemasangan selesai dan sudah dapat digunakan. Jika sudah selesai, maka akan muncul ikon pengeras suara pada bagian ikon ekstensi Chrome.

Untuk menggunakan ekstensi ini dan mengubah teks halaman web menjadi suara atau voice, silahkan buka terlebih dahulu halaman web yang ingin anda konversi menjadi suara. Kemudian, klik ikon pengeras suara yang terdapat di pojok kanan atas Google Chrome.

Biasanya halaman website yang anda buka akan langsung dibacakan secara otomatis, jika tidak demikian maka silahkan klik tombol Play. Setelah itu, anda cukup mendengarkan suara yang dihasilkan yang merupakan teks halaman web tersebut. Anda juga dapat memperhatikan highlight dari teks yang dibacakan, atau bisa juga ditutup dan melakukan pekerjaan lain di Laptop.

Mengubah teks menjadi suara untuk didengarkan tanpa membaca

Jika merasa ada yang tidak sesuai dengan selera anda, maka silahkan melakukan pengaturan pada ekstensi ini. Silahkan klik kembali ikon pengeras suara di Google Chrome, kemudian klik ikon Setting.

Pada jendela Options yang muncul anda dapat memilih bahasa pada bagian Voice. Anda dapat mengubahnya menjadi Bahasa Indonesia agar suara yang dihasilkan berbahasa Indonesia. Tetapi, jika anda membiarkannya pada opsi Auto Select, maka ekstensi ini akan mendeteksi bahasa yang digunakan oleh halaman web yang anda buka, kemudian mengucapkan bahasa yang sesuai.

Mengganti bahasa dan kecepatan pembaca teks

Selain itu, anda juga dapat mengubah kecepatan membaca teks pada bagian Speed. Pada bagian Pitch anda juga dapat mengatur nada bicara dari si pembaca teks. Pada bagian Volume tentu saja untuk mengatur volume suara pembaca teks tersebut. Jika semuanya sudah anda atur, maka silahkan klik Test untuk memeriksa hasil perubahan tersebut.

Jika semuanya sudah sesuai dengan yang anda inginkan, maka selanjutnya semua halaman web sudah dapat didengarkan tanpa harus dibaca lagi. Dengan menggunakan cara ini, anda dapat mendengarkan suara teks dari halaman web tersebut, sambil membuka halaman lain. Sekalipun anda menutup halaman web tersebut, maka pembacaan teks akan tetap dilanjutkan, selama anda tidak menutup browser Google Chrome.

2. Merubah Teks Halaman Web Menjadi Suara di Android

Jika anda lebih nyaman internetan menggunakan Smartphone Android, maka ada juga cara untuk mengubah teks halaman web menjadi suara di Android. Tetapi, untuk melakukannya di Android maka diperlukan untuk menginstall apk browser yang memiliki fitur pembaca teks.

Aplikasi atau apk browser yang akan digunakan adalah browser buatan Google, yaitu Google Go. Aplikasi ini merupakan browser yang sangat ringan dan memiliki banyak fitur. Salah satu fitur keren Google Go adalah pembaca teks yang tidak dimiliki browser Android lainnya.

Untuk melakukan cara ini, maka terlebih dahulu anda harus menginstall aplikasi Google Go di Smartphone Android yang digunakan. Jika proses install aplikasi ini sudah selesai, maka silahkan buka di HP Android anda.

Cara install aplikasi Google Go

Kemudian, pada halaman utama aplikasi Google Go, anda dapat melakukan pencarian halaman web atau url website yang ingin dibuka pada kolom Search. Silahkan lakukan pencarian dan buka halaman web yang ingin anda ubah menjadi suara. Kemudian, setelah halaman web yang anda maksud sudah terbuka penuh dan tidak lagi loading, silahkan klik ikon Play yang terdapat dibagian bawah aplikasi.

Pembaca teks halaman web di Android

Setelah isi halaman web yang anda buka dibacakan, maka highlight dari teks yang dibaca juga dapat anda perhatikan. Anda juga dapat mengubah kecepatan dengan mengetuk bagian Speed. Atau, jika ada yang terlewat maka silahkan putar ulang dengan cara ketuk teks highlight kemudian ketuk Rewind. Begitu juga jika ingin mendengarkan kalimat selanjutnya, yaitu ketuk Forward.

Mengubah teks halaman web menjadi suara di Android

Selanjutnya, anda dapat mendengarkan suara teks halaman web yang anda buka di Android. Tetapi, saat membuka halaman web dan sedang dibacakan, maka anda tidak dapat membuka halaman lain tanpa menghentikan bacaan tersebut.

Itulah 2 cara yang dapat anda lakukan untuk mengubah teks halaman web menjadi suara, baik pada Laptop maupun Android. Jadi, jika anda malas membaca dan ingin tahu isi dari sebuah halaman web, maka dapat menggunakan cara ini. Atau, jika anda sedang melakukan aktivitas lain dan pada saat bersamaan ingin membaca berita atau informasi lain, maka cara ini juga sangat tepat. Intinya, anda tidak perlu repot membaca halaman web karena sudah dapat dikonversi menjadi suara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here