Review iTop Screen Recorder, Perekam Layar Gratis Tanpa Watermark

0
97

fitur keren dan menarik IObit Screen Recorder

iTop screen recorder adalah aplikasi perekam yang memiliki banyak fitur dan bisa anda gunakan secara gratis. Aplikasi ini sangat sederhana sehingga bisa dengan mudah dioperasikan untuk merekam layar Laptop atau monitor Komputer. Ini menawarkan fleksibilitas kepada pengguna karena anda bisa merekap layar penuh ataupun hanya pada area tertentu.

Selain itu, anda juga bisa mengatur jika ingin mengaktifkan speaker, mikrofon, tangkapan gerakan mouse, serta kamera Laptop atau Komputer saat merekam layar. Dengan demikian, ini akan sangat bermanfaat untuk merekam webinar, materi kuliah online, presentasi, ataupun untuk membuat video tutorial. Terlebih lagi aplikasi ini juga sudah memiliki video editor sederhana yang bisa digunakan untuk memodifikasi video yang sudah direkam.

Bagian menarik lainnya adalah karena iTop screen recorder ini bisa digunakan secara gratis. Meskipun gratis, pada hasil video juga tidak akan muncul watermark. Jadi, tidak seperti beberapa aplikasi sejenis yang akan menambahkan watermark pada video hasil rekaman. Selain itu, aplikasi perekam layar ini bisa digunakan untuk terus merekam layar tanpa batasan waktu. Jadi, anda bisa dengan mudah merekam layar tanpa khawatir terhenti tiba-tiba karena dibatasi.

Salah satu faktor penting lainnya adalah mengenai format video yang didukung saat anda menyimpan hasil rekaman layar. Anda bisa menyimpan video hasil rekaman iTop sreen recorder ke format seperti FLV, MP4, GIF, dan lainnya. Serta masih banyak lagi fitur menarik lainnya dari iTop Screen Recorder yang harus anda coba.

Fitur Menarik Aplikasi iTop Screen Recorder

Ada beberapa fitur menarik yang tentu saja menjadi kunci agar anda bisa tertarik menggunakan aplikasi iTop screen recorder ini. Jadi, jika anda sedang mencari aplikasi perekam layar di Laptop, maka silahkan perhatikan fitur-fitur berikut dan pastikan semua kebutuhan anda dapat terpenuhi.

1. 100% Gratis dan Tidak Menyertakan Watermark

Keunggulan pertama dan utama dari aplikasi iTop screen recorder ini adalah karena bisa anda gunakan secara gratis. Tapi, meskipun gratis bukan berarti akan menimbulkan jejak berupa watermark pada hasil video. Aplikasi ini tidak akan menyertakan watermark pada video hasil rekaman layar Komputer anda.

Baca Juga :
Cara Screenshot pada Mode Incognito Google Chrome Android

2. Tampilan Sederhana yang Sangat Mudah Digunakan

Aplikasi yang sulit dioperasikan tentu saja akan membuat penggunanya merasa bingung. Maka iTop membuat perekam layar dengan tampilan yang sederhana tetapi tetap memiliki fitur-fitur yang keren. Jadi, anda bisa dengan mudah mengoperasikan aplikasi ini untuk merekam layar dengan hasil yang bagus.

3. Merekam Game dan Aplikasi Berat Tanpa Lag

Jika anda berencana untuk merekam layar saat bermain game, maka aplikasi ini tidak akan membuat Komputer lag apalagi hang. Perekam layar dari iTop ini menggunakan rata-rata 8% kapasitas CPU. Ini memungkinkan anda untuk tetap melakukan perekaman layar dengan lancar saat bermain game maupun menjalankan aplikasi berat.

4. Bisa Digunakan untuk Rekam Layar Resolusi Tinggi

Jika anda menggunakan layar beresolusi tinggi dan ingin merekam tampilannya, maka tidak usah risau. Aplikasi iTop screen recorder ini bisa juga digunakan untuk merekam layar beresolusi tinggi, hingga kualitas 4K.

5. Rekam Layar Disertai Audio

Merekam layar kadang juga perlu untuk menyertakan suara, entah itu suara musik ataupun anda yang sedang berbicara. iTop screen recorder bisa digunakan untuk merekam layar beserta audio. Audio juga bisa berasal dari speaker Laptop atau Komputer serta suara dari mikrofon.

6. Fleksibel Merekam Area Layar

Selain merekam layar secara full, anda juga bisa merekam area tertentu dari layar saja. Jadi, sekalipun anda hanya ingin merekam jendela aplikasi tertentu atau hanya sebagian dari area layar, maka hal ini sangat memungkinkan.

7. Merekam Gerakan Muose Serta Hasil Webcam

Tidak hanya merekam tampilan layar saja, anda juga bisa merekam gerakan mouse. Jika ingin gerakan mouse lebih terlihat jelas, maka anda bisa mengaktifkan highlight kursor. Selain itu, jika ingin menampilkan wajah anda secara live pada hasil rekaman, maka anda bisa menampilkan tangkapan webcam atau kamera Laptop.

8. Simpan Hasil Rekam Layar ke Berbagai Format Video

Setelah rekaman layar anda selesai, maka hasilnya bisa tersimpan ke berbagai format video. Jadi, anda bisa leluasa memilih format video apa yang akan diterapkan pada video hasil rekaman layar nantinya. Anda bisa menggunakan format video seperti MP4, AVI, FLV, MKV, MOV, TS, dan GIF.

Baca Juga :
Cara Mengambil Foto dari Video yang Diputar pada VLC / KMP

9. Ambil Tangkapan Layar saat Merekam

Saat sedang merekam layar, seringkali pengguna juga perlu untuk melakukan screenshot atau mengambil tangkapan layar. Meskipun nantinya anda bisa capture gambar dari video dengan pemutar khusus, tapi akan lebih baik jika anda screenshot saat itu juga. Jika menggunakan iTop screen recorder, maka anda tetap bisa melakukan screenshot sekalipun sedang merekam layar.

10. Edit setelah Perekaman

Perekam layar yang sempurna memiliki lebih banyak hal yang harus dilakukan daripada hanya merekam biasa. Perekam layar iTop menawarkan beberapa fungsi pengeditan penting, yang hampir tidak dimiliki oleh aplikasi sejenis lainnya. Anda bisa memotong, memangkas, dan memisahkan video yang baru saja sudah direkam. Jadi, anda bisa menyeleksi potongan video mana saja yang ingin digunakan tanpa aplikasi pengedit video yang khusus.

Sebenarnya masih banyak fitur keren dan menarik lainnya yang bisa memenuhi kebutuhan anda dalam merekam layar Komputer dan Laptop. Jadi, jika anda tertarik maka silahkan install dan rasakan sendiri setiap fitur yang tersedia.

Bagaimana Cara Mendapatkan Aplikasi iTop Screen Recorder?

Anda bisa mendapatkan aplikasi iTop screen recorder ini secara gratis. Anda hanya perlu membuka situs resmi iTop screen recorder kemudian klik tombol Free Download untuk mengunduhnya secara gratis. Setelah terdownload, maka anda sudah bisa langsung menginstall aplikasi tersebut di Laptop atau Komputer PC yang digunakan.

Bagaimana Cara Merekam Layar Laptop dengan iTop Screen Recorder?

Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini, maka pastikan bahwa iTop screen recorder sudah terinstall di Laptop atau Komputer PC anda. Jika sudah, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk merekam layar di Laptop.

Langkah pertama adalah silahkan anda membuka aplikasi iTop Screen Recorder yang sudah diinstall. Setelah iTop Screen Recorder terbuka, maka anda sudah bisa langsung menggunakannya untuk merekam layar.

Silahkan anda memilih untuk merekam layar penuh atau hanya jendela dan area tertentu saja pada bagian Select a region. Kemudian, ubah bagian Speaker menjadi On untuk merekam suara speaker Laptop. Ubah Mic menjadi On untuk merekam suara menggunakan mikrofon.

Baca Juga :
Review EaseUS RecExperts, Software Screen Recording untuk Windows

Jika ingin merekam gerakan muose, maka silahkan ubah bagian Mouse menjadi On. Anda juga bisa menampilkan wajah anda dari kamera Laptop dengan mengubah bagian Webcam menjadi On. Jika semua sudah diatur, maka silahkan klik tombol Rec yang berwarna merah untuk mulai merekam layar.

Cara merekam layar menggunakan iFun screen recorder

Selanjutnya, aktifitas anda pada layar Laptop akan terus terekam. Untuk berhenti merekam layar, anda cukup klik tombol Stop pada toolbox iTop Screen Recorder yang selalu muncul.

Setelah itu, maka anda sudah bisa mengedit video yang sudah direkam pada bagian My Creations. Silahkan klik tombol Edit jika ingin memodifikasi video hasil rekaman tersebut.

Edit video yang sudah direkam menggunakan IObit Screen Recorder

Atau, anda juga bisa langsung melihat hasilnya di File Explorer. Silahkan buka File Explorer kemudian pergi ke Documents > iTop Screen Recorder > Outputs. Didalamnya akan terdapat semua video hasil rekaman layar menggunakan aplikasi ini.

Bagaimana Cara Menghilangkan Watermark iTop?

Jika anda sudah merekam layar dan mendapati adanya watermark iTop pada video hasil rekaman, maka tidak usah risau. Watermark tersebut bisa dihilangkan sehingga tidak akan muncul lagi saat anda merekam video berikutnya.

Untuk menghilangkan watermark iTop saat merekam layar, maka silahkan anda klik menu (icon baris tiga) yang terdapat di pojok kanan atas aplikasi. Pada pilih yang muncul, silahkan anda klik Settings untuk membuka pengaturan.

Setelah itu, pada jendela Settings yang terbuka silahkan anda klik tab Record. Kemudian, scrool ke bawah dan cari bagian Watermark Overlay lalu klik No watermark jika tidak ingin menggunakan watermark. Jika sudah selesai, maka silahkan klik tombol Save untuk menyimpan perubahan.

Menghilangkan watermark di IObit Screen Recorder

Setelah melakukan pengaturan tersebut, maka jika anda merakam layar lagi tidak akan ada watermark pada video hasil rekaman.

Penutup

Demikian penjelasan tentang fitur iTop Screen Recorder serta bagaimana cara menggunakannya. Jika anda perlu untuk merekam layar, maka aplikasi ini bisa menjadi pilihan terbaik karena gratis dan tanpa batasan waktu rekam.

Selain itu, pada hasil video juga bisa diatur untuk tidak meninggalkan watermark. Jadi, video hasil rekaman akan terlihat seperti menggunakan aplikasi yang premium.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda