2 Aplikasi Alternatif Pengganti Whatsapp Buatan Indonesia

639

aplikasi alternatif pengganti whatsapp

Sampai saat ini Whatsapp masih menjadi aplikasi pesan yang sangat terkenal, namun masih belum bisa dikatakan sebagai yang terbaik. Aplikasi yang diakuisisi oleh Facebook ini masih memiliki beberapa kekurangan yang terabaikan, sehingga dapat mengakibatkan keamanan privasi penggunanya terancam.

Ditambah lagi aplikasi Whatsapp dikabarkan akan menghadirkan iklan pada fitur statusnya. Jelas hal ini membuat para penggunanya terganggu dan berfikir untuk tidak menggunakannya lagi.

Sebagai gantinya ada beberapa aplikasi alternatif pengganti Whatsapp yang bisa anda gunakan. Menariknya lagi, aplikasi-aplikasi ini adalah buatan Indonesia atau karya anak bangsa.

(Baca Juga : Cara Membuat Stiker Whatsapp Sendiri)

Aplikasi Alternatif Pengganti Whatsapp

Ada beberapa aplikasi alternatif yang bisa anda gunakan untuk mengganti Whatsapp, yang jelas aplikasi-aplikasi ini juga tidak kalah canggihnya dengan Whatsapp. Satu lagi yang menjadi menarik karena aplikasi-aplikasi ini buatan Indonesia. Berikut adalah aplikasi-aplikasi tersebut:

1. Callind (Calling Indonesia)

aplikasi alternatif pengganti whatsapp2

Calling Indonesia atau lebih sering disebut dengan Callind merupakan aplikasi pesan anak Indonesia. Aplikasi ini dibuat oleh Novi Wahyuningsih, seorang wanita yang berusia 26 tahun dari Kebumen-Jawa Tengah.

Callind memiliki beberapa fitur yang bisa anda gunakan untuk menunjang aktivitas chatting, seperti mengirim pesan, menelpon, vidio call dan berbagi file dalam berbagai bentuk layaknya Whatsapp.

Hal yang menarik lainnya adalah adanya fitur untuk memasang iklan dan layanan jual beli produk. Tentu dengan adanya fitur ini otomatis akan membantu aktivitas perekonomian anda. Terutama jika anda seorang businessman.

Aplikasi ini dirilis pada Mei 2016 dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi masyarakat Indonesia. Callind juga sudah tersedia di Google Play Store. Jadi, jika anda mencarinya tidak perlu susah-susah untuk mecarinya ke internet. Cukup masuk pada Google Play Store dan masukan keyword Callind pada mesin pencari.

Satu lagi, untuk menggunakan aplikasi ini caranya hampir sama dengan menggunakan aplikasi Whatsapp. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkannya :

Pertama, download dan Install terlebih dahulu aplikasi Callind. Anda sudah bisa langsung mendownloadnya di Play Store secara gratis.

Kedua, setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi Callind dan masukan nomor ponsel pada kolom yang tersedia. Kemudian tekan tombol Okay dan Lanjutkan. Maka secara otomatis aplikasi akan mengirim PIN pada nomor ponsel anda.

Ketiga, masukan PIN yang telah dikirim pada nomor ponsel anda dan tekan tombol Lanjutkan. Setelah itu masukan nama pengguna kemudian tekan tombol Bergabung. Sampai di sini selesai dan anda bisa menggunakan aplikasi ini.

2. NU Mobile

aplikasi alternatif pengganti whatsapp

Aplikasi alternatif pengganti Whatsapp kedua adalah NU mobile. Sesuai dengan namanya aplikasi ini merupakan aplikasi pesan yang dibuat oleh salah satu organisasi Islam di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama atau yang kerap disebut NU.

Aplikasi ini dirilis pada bulan November tahun 2017, hingga sekarang sudah didownload lebih dari 100 ribu pendownload.

NU Mobile sendiri sudah tersedia di Google Play Store, berdasarkan keterangannya aplikasi ini memiliki berbagai fitur telekomunikasi. Menariknya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan digital identity yang meningkatkan keamanan bagi para penggunannya.

Untuk cara menggunakannya hampir sama dengan aplikasi Callind. Anda perlu mendaftarkan nomor ponsel anda terlebih dahulu.

Itulah tadi 2 aplikasi alternatif pengganti Whatsapp yang bisa anda gunakan jika hendak mengganti Whatsapp dengan aplikasi lain yang serupa. Kedua aplikasi tersebut merupakan buatan Indonesia dan yang pasti tidak kalah bersaing dengan aplikasi Whatsapp.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here