Cara Kalibrasi Baterai HP Samsung Agar Tidak Cepat Habis

0
380

cara kalibrasi ulang baterai HP Samsung agar tidak cepat habis

Baterai merupakan salah satu komponen penting pada sebuah Smartphone, termasuk untuk HP Samsung. Dengan adanya baterai, maka anda bisa menggunakan Smartphone dimana saja tanpa harus tercolok ke listrik. Namun, jika HP Samsung anda sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama, biasanya baterai akan cepat habis sehingga perlu kalibrasi ulang.

Baterai pada Smartphone yang sudah digunakan dalam waktu yang lama memang akan mengalami penurunan kinerja. Hal ini sangat wajar karena tidak selamanya kinerja sebuah perangkat elektronik dalam keadaan 100%.

Biasanya yang langsung terfikir jika kinerja baterai sudah menurun yang membuat HP cepat lowbat adalah mengganti baterai. Namun, sebenarnya ada yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk mengganti baterai HP Samsung anda. Anda bisa memperbaiki HP yang cepat lowbat dengan cara melakukan kalibrasi ulang baterai HP Samsung. Langkah ini bisa membuat baterai HP Samsung anda jadi normal lagi sehingga tidak cepat habis.

Cara Kalibrasi Ulang Baterai HP Samsung

Jika anda ingin melakukan kalibrasi ulang baterai HP Samsung yang cepat habis agar bisa normal lagi, maka caranya sangat mudah dan tidak butuh aplikasi khusus. Untuk melakukan cara ini, silahkan anda ikuti saja langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, silahkan habiskan baterai HP Samsung anda hingga tersisa 10-15%.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi Papan Tombol di HP anda, kemudian ketikkan *#0228#.
    kode kalibrasi HP Samsung
  3. Setelah itu akan terbuka jendela BatteryStatus, silahkan klik Quick Start.
  4. Pada pop-up Warning yang muncul, silahkan klik saja Ok.
    cara mengatasi baterai HP Samsung cepat lowbat dengan kalibrasi ulang
  5. Setelah itu layar HP Samsung anda akan mati, tunggu saja hingga menyala kembali.
  6. Jika sudah menyala kembali perhatikan persentase baterai, biasanya langsung berkurang jauh.
  7. Selanjutnya, silahkan matikan HP Samsung anda dan biarkan mati selama 1-2 jam.
  8. Setelah itu, cas HP Samsung anda dalam keadaan mati hingga mencapai 100%.
  9. Setelah baterai terisi penuh, cabut charger HP lalu diamkan sekitar 30 menit sebelum dihidupkan.
  10. Terakhir, silahkan menghidupkan HP Samsung anda dan menggunakannya seperti biasa.
Baca Juga : 2 Cara Cek Sisa Kuota Paket Internet Kartu Axis Terbaru

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka sekarang baterai HP Samsung anda sudah selesai terkalibrasi. Dengan demikian, kinerja baterai HP Samsung anda seharusnya sudah normal kembali dan tidak lagi terlalu cepat habis.

Namun, jika tidak ada perubahan setelah anda melakukan proses kalibrasi ulang baterai, artinya baterai HP Samsung anda memang sudah rusak dan harus diganti. Karena proses kalibrasi hanya akan berhasil jika baterai HP Samsung anda masih dalam keadaan sehat.

Penutup

Demikian penjelasan tentang bagaimana cara kalibrasi ulang baterai HP Samsung yang cepat habis agar bisa normal lagi. Cara ini sangat mudah dilakukan karena tidak butuh aplikasi khusus. Jadi, jika HP Samsung anda cepat lowbat maka silahkan coba cara di atas untuk memperbaiki kinerja baterai.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda