Fungsi dan Cara Menggunakan Fitur Reading List Google Chrome

0
197

penjelasan fungsi dan bagaimana cara menggunakan fitur reading list google chrome

Saat anda sedang berselancar di internet, maka akan ditemukan banyak sekali artikel yang bermanfaat dan menarik untuk dibaca. Sayangnya, mungkin anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk membaca semua artikel tersebut.

Jika demikian, maka anda bisa mencari kesempatan dilain waktu untuk membuka kembali artikel menarik tersebut dan membacanya. Masalahnya adalah, seringkali saat ingin membukanya kembali, tiba-tiba lupa apa alamat website yang memuat artikel menarik tersebut.

Untuk itulah anda perlu menyimpan daftar artikel yang menarik tapi belum sempat dibaca karena anda tidak memiliki banyak waktu. Tujuannya tentu saja agar saat nanti anda memiliki waktu luang dan ingin kembali membaca artikel tersebut, anda tidak akan lupa dimana harus membukanya karena daftar artikelnya sudah tersimpan. Untuk dapat menyimpan daftar artikel agar dapat dibaca nanti, anda bisa mengunakan fitur Reading List di Google Chrome.

Apa Itu Fitur Reading List pada Google Chrome?

Jika anda pengguna browser Google Chrome, maka mungkin pernah melihat fitur yang bernama Reading List atau Daftar Bacaan. Tapi mungkin anda tidak pernah menggunakannya karena belum tahu apa fungsi dan kegunaannya.

Tapi kalau bookmark mungkin anda sudah sedikit familiar dan lumayan sering menggunakannya. Sederhananya, fitur reading list pada Google Chrome fungsinya hampir mirip dengan fitur bookmark.

Hanya saja fitur reading list memiliki tujuan yang lebih terfokus dibanding bookmark. Jika pada bookmark anda dapat menyimpan alamat website atau alamat halaman artikel ke dalam folder-folder bookmark, reading list lebih kepada menambahkan daftar halaman website untuk dibaca nantinya.

Tidak hanya sekedar ditambahkan agar bisa dibaca nantinya, fitur reading list ini juga memungkinkan anda untuk menandai mana artikle yang sudah dan yang belum dibaca dari daftar yang sudah ditambahkan. Dengan demikian, anda tidak akan melewatkan apapun untuk membaca setiap artikel yang bermanfaat dan menarik yang ditemukan di internet.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan Fitur Tab Groups di Chrome Laptop

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Reading List?

Jika anda menggunakan browser Google Chrome versi desktop atau Chrome yang terinstall di Laptop atau Komputer PC, maka sangat mudah untuk menggunakan fitur reading list ini. Untuk menggunakan fitur menarik tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, silahkan buka halaman website yang ingin anda tambahkan ke Reading List di browser Google Chrome.
  2. Kemudian, silahkan klik icon show side panel yang berada di sebelah kanan atas jendela Chrome.
  3. Pada panel yang muncul, silahkan klik tab Reading List.
  4. Kemudian, untuk menambahkan artikel yang sedang anda buka ke daftar bacaan, cukup klik Add current tab.
    cara menggunakan fitur reading list di google chrome desktop
  5. Setelah itu, halaman website tersebut akan ditambahkan sehingga bisa dengan mudah anda akses kembali nantinya.
  6. Untuk menambahkan artikel lainnya, cukup buka saja halaman artikel yang juga ingin ditambahkan lalu klik lagi Add current tab.
  7. Jika ingin membuka halaman artikel yang sudah ditambahkan, cukup klik pada salah satu dari daftar tersebut.
  8. Setelah anda membaca artikle yang sudah ditambahkan, silahkan klik icon centang untuk menandai bahwa artikel tersebut sudah dibaca.
  9. Atau, anda juga bisa menghapus artikel yang sudah dibaca dari daftar dengan meng-klik Delete (icon x).
    menandai artikel yang sudah dibaca di reading list chrome
  10. Terakhir, untuk menutup panel Reading list tersebut, cukup klik Close (icon x) atau klik icon Hide side panel.
    menutup panel reading list google chrome

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka kini anda bisa dengan mudah menggunakan fitur reading list di Google Chrome.

Reading List Bisa Digunakan di Incognito Mode

Salah satu hal menarik lainnya dari fitur Reading List yang terdapat pada browser Google Chrome desktop adalah karena bisa digunakan pada mode user maupun incognito mode.

Baca Juga : Cara Menambah dan Menghapus Bookmark di Google Chrome

Jadi, meskipun anda menambahkan halaman artikel ke daftar bacaan melalui mode user, anda juga bisa mengakses daftar artikle tersebut di tab samaran atau incognito mode, dan begitu juga sebaliknya.

Itu artinya anda tidak usah khawatir daftar artikel yang ditambahkan pada mode user tidak akan bisa diakses melalui tab penyamaran karena hal itu sangat memungkinkan. Dengan demikian, anda bebas beralih menggunakan mode user maupun incognito dan tetap bisa mengakses reading list yang sama.

Reading List Tersinkron ke Akun Google

Jika anda sudah login di browser Google Chrome menggunakan akun Google dan mengaktifkan fitur sinkronisasi, maka daftar Reading List tersebut juga akan tersimpan ke akun Google anda.

Itu artinya, saat anda login pada browser Chrome di Laptop atau Komputer PC yang lain, maka daftar bacaan tersebut akan muncul seketika. Jadi, anda tetap bisa mengakses daftar bacaan yang sudah ditambahkan di Laptop atau Komputer PC sebelumnya.

Penutup

Itulah penjelasan tentang fungsi dan bagaimana cara menggunakan fitur reading list Google Chrome. Setelah anda mengetahui kegunaan dan cara menggunakan fitur tersebut, maka silahkan gunakan kapan saja setiap kali anda menemukan artikel yang menarik di internet.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda