Cara Mematikan Notifikasi SMS yang Mengganggu di Android

0
56

cara mematikan notifikasi sms yang mengganggu di Android

Pada era digital seperti sekarang ini, penggunaan SMS untuk berkomunikasi dengan kerabat sudah sangat jarang dilakukan. Biasanya SMS yang sering masuk itu cuma promo atau penawaran dari operator, atau SMS banking jika anda aktifkan. Jika notifikasi SMS tersebut mengganggu, maka anda bisa mematikan menggunakan cara berikut.

Peran SMS kini memang sudah tergantikan oleh aplikasi chating seperti WhatsApp dan sejenisnya. Akibatnya, pengguna HP hampir tidak pernah lagi melakukan SMS-an. Meskipun penggunaan SMS sudah sangat jarang, namun aplikasi SMS tentu masih ada pada setiap Smartphone dan tidak bisa dihapus.

Karena aplikasi SMS masih ada, maka pastinya anda masih bisa mengirim dan menerima SMS. Biasanya SMS yang paling sering masuk ke HP adalah promo atau penawaran dari operator seluler yang digunakan, SMS banking, atau bisa juga SMS spam yang tidak jarang berisi penipuan. Setiap SMS masuk maka pastinya HP anda akan bunyi dan segera dicek. Seringkali saat anda mengecek notifikasi tersebut, ternyata cuma SMS yang tidak penting.

Saat menerima SMS yang tidak penting, maka bisa saja anda akan kecewa karena sudah meluangkan waktu untuk mengeceknya padahal tidak penting. Oleh karena itu, notifikasi SMS yang tidak penting bisa saja menjadi gangguan. Jika demikian, lebih baik jika anda mematikan notifikasi SMS mengganggu tersebut, entah itu mematikan notif dari nomor tertentu saja atau mematikan notifikasi aplikasi SMS secara keseluruhan.

Cara Mematikan Notifikasi SMS Dari Nomor Tertentu Saja

Metode pertama yang bisa anda lakukan jika ingin terhindar dari notifikasi SMS spam yang mengganggu adalah dengan cara mematikan notif SMS dari nomor tertentu saja. Dengan melakukan cara ini, maka jika ada SMS yang masuk dari nomor yang sudah dimatikan notifikasinya, SMS-nya akan tetap masuk ke aplikasi Pesan tapi HP anda tidak akan lagi berbunyi.

Baca Juga : Cara Mengganti Nada Dering WA / WhatsApp dengan Lagu Sendiri

Tapi, jika anda menerima SMS dari nomor lain, maka HP anda akan tetap memberikan notifikasi seperti biasa. Dengan demikian, anda tetap bisa mendapatkan notifikasi dari nomor lain karena hanya mematikan notifikasi dari nomor tertentu saja.

Misalnya jika anda mematikan notifikasi dari nomor operator yang sering memberikan penawaran tidak penting, maka jika ada SMS promo yang masuk HP anda tidak akan berbunyi. Namun, jika ada notifikasi SMS banking, HP anda akan memberikan notifikasi seperti biasa.

Untuk mematikan notifikasi SMS dari nomor tertentu juga sangat mudah dan simpel. Jika anda ingin melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, silahkan buka aplikasi SMS atau Pesan yang ada pada Smartphone Android anda.
  2. Selanjutnya, silahkan buka isi SMS pada nomor yang ingin dimatikan notifikasinya.
  3. Setelah isi SMS terbuka, silahkan klik menu (icon titik tiga) yang ada di pojok kanan atas.
  4. Kemudian, pada opsi yang muncul silahkan klik Tipe notifikasi.
    cara mengatur notifikasi nomor tertentu di Android
  5. Pada jendela selanjutnya, silahkan klik Custom lalu klik icon gerigi untuk mengubah pengaturannya.
  6. Setelah itu, silahkan ubah bagian Tampilkan notifikasi menjadi Off.
    cara mematikan notifikasi sms dari nomor tertentu
  7. Setelah selesai, maka silahkan ulangi langkah yang sama pada nomor lain yang ingin dimatikan notifikasinya.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, maka anda tidak akan lagi mendapatkan notifikasi jika ada SMS yang masuk dari nomor tersebut. Namun, SMS tersebut tetap masuk sehingga jika anda ingin melihat isinya bisa langsung di aplikasi Pesan.

Kenapa Tidak Blokir Saja Nomornya?

Jika tidak ingin menerima SMS dari nomor tertentu, anda memang bisa langsung saja memblokirnya. Namun, jika anda memblokir nomor tertentu, maka bukan cuma notifikasinya yang hilang, bahkan SMS-nya juga tidak akan masuk.

Baca Juga : Cara Mengganti Nada Dering Notifikasi Bawaan HP Android

Dengan kata lain, jika ada SMS penawaran yang menarik, tidak akan bisa masuk ke HP anda karena nomornya sudah diblokir. Oleh sebab itu, karena yang mengganggu adalah notifikasinya, maka cukup dengan mematikan notif SMS dari nomor tersebut.

Jadi, jika anda memiliki waktu luang dan ingin memeriksa SMS penawaran tersebut, anda tetap bisa melihat isi SMS-nya melalui aplikasi Pesan.

Cara Mematikan Notifikasi Aplikasi SMS Secara Keseluruhan

Jika memang anda sudah tidak ingin mendapatkan pemberitahuan jika ada SMS masuk sama sekali, maka anda bisa mematikan notif aplikasi SMS secara keseluruhan. Dengan melakukan cara ini, jika ada SMS masuk, HP anda tidak akan berbunyi, SMS dari nomor apapun itu.

Untuk mematikan notifikasi aplikasi SMS secara keseluruhan juga sangat mudah dan sama saja dengan aplikasi lainnya. Jika anda ingin melakukan cara ini, maka silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama-tama, silahkan buka aplikasi Pengaturan di HP Android anda.
  2. Kemudian, pada daftar menu pengaturan silahkan klik menu Aplikasi.
  3. Pada daftar aplikasi, silahkan anda cari dan klik aplikasi Pesan atau SMS.
    cara mengatur notifikasi aplikasi pesan
  4. Selanjutnya, setelah terbuka info aplikasi Pesan atau SMS, silahkan klik Pemberitahuan.
  5. Kemudian, ubah bagian Tampilkan notifikasi menjadi Off.
    cara memblokir notifikasi aplikasi sms
  6. Setela selesai, maka anda sudah bisa menutup pengaturan tersebut.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka anda tidak akan lagi mendapatkan notifkasi SMS apapun yang masuk.

Penutup

Demikian cara mematikan atau memblokir notifikasi SMS yang mengganggu di Smartphone Android. Anda bisa mematikan notifikasi dari nomor tertentu saja, atau bahkan mematikan notif aplikasi SMS secara keseluruhan. Jadi, jika anda tidak ingin lagi terganggu oleh pemberitahuan SMS masuk yang tidak penting, maka silahkan lakukan cara di atas.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda