Fungsi Eject pada USB Flashdisk Sebelum dicabut dari Laptop

0
73

Fungsi eject pada Flashdisk sebelum dicabut dari Laptop

Saat anda menggunakan Laptop atau Komputer PC, maka mencolokkan penyimpanan eksternal seperti Flashdisk atau Hardisk tentu sudah biasa. Ketika anda sudah selesai menggunakan penyimpanan eksternal tersebut, maka sebelum Flashdisk / Hardisk dicabut, biasanya dilakukan eject. Lalu, apa sebenarnya fungsi melakukan eject Flashdisk sebelum mencabutnya dari port USB Laptop?.

Para pengguna Windows sepertinya memang sudah terbiasa melakukan proses eject saat hendak mencabut Flashdisk atau Hardisk eksternal dari port USB Laptop atau Komputer PC. Meskipun sering dilakukan oleh user Windows, mungkin masih banyak yang belum mengetahui fungsi dan tujuan sebenarnya dari proses eject tersebut.

Padahal, sangat penting untuk mengetahui fitur-fitur Windows yang sering digunakan. Tentu saja agar penggunaan fitur tersebut dipahami manfaatnya, dan juga agar tidak keliru dalam menggunakannya. Termasuk dalam hal ini saat anda hendak melakukan proses eject sebelum mencabut Flashdisk. Anda harus mengetahui apa manfaat dari tindakan eject tersebut bagi Flashdisk dan Laptop. Serta seberapa penting bagi keamanan dan keutuhan data dalam Flashdisk.

Pengertian dan Fungsi Eject Flashdisk / Hardisk pada Windows

Eject bisa diartikan sebagai tindakan untuk mengeluarkan sesuatu dari sebuah tempat. Terkait dengan perintah eject Flashdisk atau Hardisk Eksternal pada Laptop Windows, maka bisa diartikan sebagai tindakan untuk mengeluarkan atau mencabut Flashdisk dari Laptop.

Lebih lanjut terkait hubungannya dengan sistem Windows, fitur eject ini bisa diartikan sebagai tindakan untuk memberitahu bahwa Flashdisk atau Hardisk Eksternal tersebut akan dikeluarkan atau dicabut. Jadi, Windows bisa melakukan persiapan atau tindakan yang diperlukan agar Flashdisk tersebut bisa dicabut dengan aman.

Fungsi dan Tujuan Melakukan Eject Sebelum Mencabut Flashdisk

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa perintah eject yang anda jalankan sebelum mencabut Flashdisk akan memberitahu Windows bahwa Flashdisk tersebut akan dicabut. Sebenarnya anda bisa langsung mencabut Flashdisk tanpa memberitahu Windows, namun apakah tindakan tersebut tidak masalah?. Kenapa perlu melakukan proses eject dan apa fungsi perintah eject di Windows?.

Baca Juga :
2 Cara Menambahkan Aplikasi ke Taskbar Windows 10,8,7

Fungsi eject sebelum melepas Flashdisk adalah memberikan informasi kepada sistem Windows pada Laptop agar mengosongkan beberapa jejak atau cache. Ini juga akan memastikan dan menyelesaikan beberapa proses yang belum selesai sehingga resiko kerusakan perangkat dan kehilangan data tidak terjadi.

Prosedur ini tidak hanya berlaku pada Flashdisk, tetapi juga untuk Hardisk eksternal, Kartu Memori, dan penyimpanan tambahan lainnya. Tujuannya agar data dalam penyimpanan eksternal tersebut tidak rusak atau corrupt sehingga Flashdisk dapat digunakan kembali dilain waktu.

Jadi, saat anda hendak mencabut Flashdisk dan menjalankan perintah eject, maka Windows akan memeriksa dan memastikan bahwa tidak ada lagi program yang menggunakan data dari Flashdisk yang ingin dicabut tersebut. Contoh program yang menggunakan data dari Flashdisk seperti membuka file Word yang ada di FD, membuka foto di FD, dan lain sebagainya.

Kalau tidak ada lagi program yang menjalankan file atau menggunakan data dari Flashdisk, maka proses eject akan disetujui yang ditandai dengan keterangan Save to remove Hardware. Artinya, anda sudah bisa mencabut Flashdisk tersebut dari Laptop atau Komputer PC dengan aman.

Apa gunanya eject Flashdisk sebelum mencabutnya

Tapi, kalau ternyata masih ada program atau aplikasi yang menggunakan data dari Flashdisk, maka proses eject tidak akan berhasil dan muncul keterangan This device is currently in use…. Artinya, anda harus menutup semua program yang menggunakan data dari Flashdisk tersebut terlebih dahulu.

Jangan cabut flashdisk sebelum eject

Jadi, kalau anda membuka file Word dari Flashdisk maka silahkan tutup dulu aplikasi jendela Microsoft Word tersebut kemudian eject lagi. Atau anda membuka foto atau video yang ada dalam Flashdisk, maka silahkan tutup pemutar video / foto tersebut. Serta program apapun yang menggunakan data atau file dari Flashdisk.

Baca Juga :
Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk Tanpa Kehilangan Data

Apa yang Terjadi Jika Flashdisk Dicabut Tanpa Eject

Sebenarnya mencabut Flashdisk atau Hardisk eksternal tanpa melakukan eject bisa saja dan sangat sering dilakukan. Namun, ada resiko mencabut Flashdisk tanpa eject yang harus siap-siap anda tanggung.

Ada kemungkinan file dalam Flashdisk atau Hardisk tersebut akan corrupt atau rusak sehingga tidak akan bisa lagi dibuka nantinya. Paling parah adalah karena Flashdisk anda bisa saja rusak dan tidak bisa lagi digunakan untuk menyimpan data.

Jadi, melakukan proses eject sangat penting untuk menjaga keamanan dan keutuhan data dalam Flashdisk, serta mencegah kerusakan pada Flashdisk tersebut.

Penutup

Demikian penjelasan singkat tentang pengertian dan fungsi melakukan proses eject sebelum mencabut Flashdisk atau Hardisk eksternal pada Laptop Windows. Setelah mengetahui fungsi perintah tersebut, maka sebaiknya anda tidak lagi mencabut Flashdisk secara sembarangan sebelum melakukan eject di Windows. Ini semua bertujuan agar file-file anda tetap utuh dan bisa selalu digunakan.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda