Berita Duka Untuk Netter, Google Shortener URL Dimatikan!

1166

Bagi anda yang sering berselancar di dunia Internet, maka anda pasti mengetahui atau mengenal yang namanya shortener URL atau pemendek URL sebuah situs website. Jika anda belum tahu, shortener URL adalah sebuah layanan untuk memperpendek url sebuah situs. Tujuannya tentu saja agar pengguna tidak perlu mengingat atau mencatat url yang terlalu panjang. Url shortener tersebut akan mengalihkan pengguna ke situs resmi yang dituju.

Ada banyak penyedia layanan shortener url, namun yang paling populer di kalangan netter terutama blogger adalah google shortener url. Salah satu alasannya tentu saja karena nama besar google yang dibawanya. Google Shortener URL diluncurkan pada tahun 2009 sebagai cara untuk membantu pengguna agar lebih mudah berbagi tautan dan mengukur lalu lintas online. Semenjak saat itu banyak layanan serupa yang bermunculan sehingga cara pengguna menemukan konten di internet telah berubah secara dramatis, mulai dari web dekstop menjadi aplikasi, perangkat seluler, dan lain sebagainya.

Google Shortener URL Dimatikan

Seperti diketahui bahwa banyak blogger, youtuber, dan kalangan lainnya yang menggunakan layanan google shortener url atau goo.gl untuk berbagi link yang sudah diperpendek. Namun, sayang sekali karena ada sebuah kabar duka dimana google shortener url atau goo.gl akan dimatikan secara resmi oleh pihak pengembang.

Seperti yang dilansir dari pernyataan resmi pihak pengembang goo.gl, bahwa google shortener url telah dimatikan sejak 30 Maret 2018. Dengan demikian anda tidak akan bisa lagi menggunakan layanan google shortener url atau goo.gl untuk memperpendek link yang akan dibagikan. Lalu bagaimana dengan link yang sudah dibuat short linknya sebelum google shorttener url dimatikan?

Jika ternyata anda sudah membuat shortlink dan telah dibagikan, jangan khawatir karena link tersebut akan tetap aktif dan dapat diakses. Meskipun google shortener url dimatikan sejak 30 Maret 2018, namun short link yang sudah terlanjur dibuat masih dapat digunakan.

Setelah google shortener url dimatikan, maka tentu saja anda membutuhkan alternatif lain yang bisa digunakan untuk memperpendek url. Untuk keperluan tersebut anda bisa menggunakan alternatif link shortener yang bisa menggantikan peran google shortener url. Dengan demikian anda masih tetap bisa membagikan link pendek ke teman-teman meskipun tidak menggunakan google shortener url.

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here