Cara Mengaktifkan Dark Mode Google Play Store Android

0
221

Cara mengaktifkan fitur dark mode Google Play Store Android

Google Play Store merupakan aplikasi dimana pengguna Android dapat menginstall berbagai macam aplikasi. Artinya, Google Play Store bisa dikatakan sebagai pusatnya aplikasi bagi OS Android. Dengan kata lain aplikasi satu ini sangat penting dan juga sering digunakan, yaitu saat ingin menginstall atau mengupdate aplikasi Android. Oleh karena itu, sangat penting agar aplikasi tersebut dapat digunakan dengan nyaman, salah satunya dengan cara mengaktifkan dark mode atau tema gelap pada aplikasi Play Store Android tersebut.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa fitur dark mode atau tema gelap kini disediakan oleh berbagai jenis aplikasi, termasuk Google Play Store. Keberadaan fitur atau tema ini memungkinkan anda dapat menggunakan aplikasi tersebut lebih nyaman, terlebih lagi jika anda menyenangi tema gelap karena tidak terlalu silau saat Smartphone digunakan.

Tidak hanya sebagai penunjang kenyamanan, fitur dark mode juga sangat penting untuk kesehatan mata, terutama saat aplikasi tersebut digunakan pada malam hari. Fitur dark mode tidak akan membuat mata pengguna menjadi silau, terutama jika anda sering menginstall atau mengupdate aplikasi Android pada malam hari. Selain itu, fitur dark mode juga akan membuat daya tahan baterai Ponsel Android menjadi lebih lama. Hal ini disebabkan karena energi yang digunakan pada layar tidak sebanyak saat menggunakan light mode. Oleh karena itu, silahkan anda mencoba mengaktifkan fitur dark mode ini di Play Store Android. (Baca juga: Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Android)

Cara Mengaktifkan Dark Mode Google Play Store Android

Cara untuk mengaktifkan fitur dark mode pada aplikasi Play Store Android sebenarnya sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu melakukan sedikit pengaturan pada aplikasi bawaan Android tersebut. Tentu saja anda tidak memerlukan aplikasi tambahan ataupun aplikasi pengubah warna layar. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah pertama adalah silahkan buka aplikasi Google Play Store di Smartphone Android anda. Kemudian, pada halaman utama aplikasi tersebut, silahkan ketuk menu (ikon baris tiga) yang terdapat pada pojok kiri atas aplikasi. Lalu, pada daftar menu yang muncul silahkan ketuk Setelan untuk membuka pengaturan aplikasi Play Store.

Cara menggunakan tema gelap Play Store Android

Selanjutnya, pada jendela Setelan, silahkan ketuk Tema untuk mengubah tema aplikasi Play Store tersebut. Kemudian, pada daftar tema yang muncul silahkan ketuk opsi Gelap untuk mengaktifkan fitur dark mode atau tema gelap aplikasi tersebut.

Megubah tampilan Google Play Store menjadi serba gelap

Setelah itu, semua tampilan aplikasi tersebut akan berubah menjadi serba gelap. Artinya, anda sudah berhasil mengaktifkan fitur dark mode pada pusat aplikasi Android tersebut.

Itulah cara mudah untuk mengaktifkan fitur dark mode atau tema gelap pada aplikasi Play Store Android. Cara ini sangat cocok anda gunakan jika anda menyukai tema gelap dibandingkan tema terang. Atau, jika anda sering melakukan install dan update aplikasi Android pada malam hari.

BALAS KOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda