8 Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 dengan Mudah

|Diupdate 24 Februari 2021
0
7

Cara uninstall aplikasi di Laptop Windows 10

Para pengguna Windows 10 pasti merasakan bagaimana seringnya operating system yang satu ini melakukan update dan tanpa sengaja menambahkan aplikasi tertentu. Memang, update Windows 10 diperlukan agar bug dan error bisa diatasi dengan baik. Namun, jika terlalu sering dan ada tambahan aplikasi juga akan membuat anda tidak nyaman.

Seringnya Windows 10 melakukan update memang kadang membuat pengguna menjadi tidak nyaman. Selain itu, kadang kala saat melakukan update, terinstall aplikasi yang tidak diperlukan.

Jika anda merasakan hal ini, maka anda pasti ingin mencari tahu bagaimana cara uninstall aplikasi di Windows 10 agar bisa menyingkirkan aplikasi yang tidak dibutuhkan. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan jika ingin uninstall aplikasi di Windows 10. Anda bisa melakukan uninstall pada beberapa aplikasi bawaan Windows 10 ataupun aplikasi yang anda install sendiri. Proses uninstall software bisa menggunakan fitur perangkat Windows 10 ataupun menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Tutorial Cara Uninstall Aplikasi Di Windows 10

Seperti yang telah dikatakan di atas, pada artikel ini akan membahas bagaimana cara uninstall aplikasi di Windows 10. Manfaat mengetahui cara untuk menghapus aplikasi ini tidak hanya bertujuan membuang aplikasi atau program yang sudah tidak digunakan saja.

Hal ini juga dapat berlaku jika anda ingin mempercepat windows 10 yang terdapat pada Laptop atau Komputer anda. Selain itu, ini juga perlu dilakukan oleh pengguna agar nantinya partisi C tidak penuh, meskipun anda juga bisa menambah ukuran partisi C.

Dengan demikian Laptop atau Komputer anda terhindar dari masalah ngelag atau lemot. Beberapa cara yang bisa anda lakukan jika ingin menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan pada Windows 10 adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan Fitur Start Menu

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk uninstall aplikasi Windows 10 ini tergolong mudah dan cepat. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja maka program yang ingin anda buang bisa terhapus dengan mudah.

  1. Klik logo Windows atau tombol Start yang bisa anda temukan pada bagian pojok kiri bawah.
  2. Pilih dan cari nama aplikasi atau program yang akan diuninstall.
  3. Jika anda sudah menemukannya, maka klik kanan pada nama aplikasi tersebut kemudian pilih menu Uninstall.
Baca Juga :
Cara Membuat Start Menu Windows 10 Menjadi Minimalis

Jika sudah selesai biasanya beberapa software akan meminta untuk restart perangkat. Maka setujui saja proses restart tersebut dan perangkat anda akan menghapus aplikasi tersebut secara sempurna.

2. Menggunakan Control Panel

Tidak hanya tombol Start saja yang bisa anda gunakan untuk menghapus software di Windows 10, tapi bisa juga melalui Control Panel. Cara ini bahkan sudah sangat familiar dan sering digunakan oleh pengguna Windows XP atau Windows 7. Untuk tutorial cara uninstall aplikasi di Control Panel, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka Control Panel yang pastiĀ  terdapat pada Windows yang anda gunakan. Bisa menggunakan fitur “run”. Klik tombol Win + R di Keyboard, kemudian ketik “control panel” dan klik Ok.
  2. Setelah Control Panel terbuka, maka silahkan pilih Program > Program and Features. Kemudian, pada kolom yang tersedia akan dimuat daftar aplikasi atau software apa saja yang sudah terinstall di perangkat anda.
  3. Lihat dan cari aplikasi yang akan anda hapus, jika lebih dari satu maka cari dan pilih satu per satu aplikasi tersebut.
  4. Klik kanan pada nama aplikasi yang akan anda hapus, kemudian pilih Uninstall. Lakukan cara ini hingga semua aplikasi yang ingin anda hapus sudah tidak terdaftar lagi.

3. Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 Melalui Setting

Cara uninstall aplikasi di Windows 10 lainnya yang tidak kalah menarik untuk anda coba adalah menggunakan fitur Setting pada perangkat anda. Cara melakukannya juga mudah, silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan buka Settings pada Laptop atau Komputer Windows 10 yang anda gunakan.
  2. Setelah terbuka, silahkan klik menu Apps untuk melihat semua daftar aplikasi Windows 10 anda.
  3. Selanjutnya, pilih nama aplikasi yang akan anda hapus dan klik Uninstall.
  4. Maka aplikasi anda akan terhapus, jika butuh restart maka lakukan saja agar terhapus secara sempurna.
Baca Juga :
Cara Mengupdate Windows 10 Agar Selalu Aman

4. Melalui Direktori Aplikasi

Cara berikutnya ini juga sangat mudah dan sederhana, sebab setiap aplikasi atau software yang anda instal di perangkat anda akan membuat direktori aplikasi. Maka hal ini bisa digunakan untuk menghapus aplikasi tersebut dengan cara berikut.

  1. Silahkan buka File Explorer kemudian buka partisi C dan buka folder Program Files.
  2. Setelah itu buka folder dari nama aplikasi yang akan anda hapus.
  3. Kemudian, lakukan pencarian program yang bernama uninstall.exe.
  4. Klik dua kali pada file uninstall.exe tersebut dan ikuti saja langkah selanjutnya.

Cara Uninstall Aplikasi di Windows 10 Menggunakan Software

Selain menggunakan fitur bawaan Windows, anda juga bisa menghapus aplikasi menggunakan software uninstaller seperti beberapa rekomendasi di bawah ini.

5. Revo Uninstaller

Salah satu software pihak ketiga yang mudah untuk digunakan adalah Revo Uninstaller. Jika anda ingin menghapus aplikasi menggunakan software ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan install software tersebut kemudian buka untuk menggunakannya.
  2. Kemudian, akan ditampilkan daftar aplikasi yang sudah terinstall di perangkat anda.
  3. Anda tinggal mencari aplikasi yang akan dihapus, agar lebih mudah lakukan sortir melalui tanggal atau nama.
  4. Pilih mana aplikasi yang akan anda hapus dan klik Uninstall, kemudian klik Ok jika notifikasi pop up muncul.
  5. Setelah melakukan restore point, maka klik Ok untuk scan agar perangkat anda benar-benar bersih.

6. IObit Uninstaller

Sama seperti Revo, software IObit ini juga bisa membantu anda untuk menghapus program yang susah untuk dihapus pada perangkat anda. Cara menghapus aplikasi Windows menggunakan software ini bisa anda ikuti pada langkah-langkah berikut.

  1. Instal software ini terlebih dahulu, kemudian buka atau jalankan pada Laptop atau Komputer anda.
  2. Setelah terbuka, pada halaman utama anda bisa melihat semua daftar aplikasi yang sudah terinstall di perangkat anda.
  3. Klik nama aplikasinya dan pilih opsi Uninstall pada bagian pojok kanan bawah.
  4. Maka aplikasi akan dihapuskan.
Baca Juga :
9 Cara Membuka File Explorer di Laptop Windows 10

7. Puran Uninstaller

Software pihak ketiga lainnya yang juga bisa anda coba adalah Puran Uninstaller. Cara menggunakan software ini juga sangat mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan install software ini kemudian buka pada Komputer Windows yang anda gunakan.
  2. Pada bagian menu, silahkan cari dan pilih aplikasi mana yang akan dihapus.
  3. Jika anda sulit menemukannya, maka anda bisa melakukan sortir aplikasi yang ada.
  4. Setelah ketemu, pilih aplikasinya dan klik Uninstall pada tombol tengah bawah.
  5. Jangan takut jika ada aplikasi bandel yang sulit dihapus, anda bisa melakukan force uninstall dengan aplikasi ini.

8. Geek Uninstaller

Software pihak ketiga terakhir yang bisa anda gunakan untuk menghapus aplikasi di Windows adalah Geek Uninstaller. Cara menggunakan software ini bisa anda lakukan seperti pada langkah-langkah berikut.

  1. Silahkan install software ini kemudian buka atau jalankan pada Komputer anda.
  2. Setelah terbuka, cari aplikasi yang akan anda hapus pada daftar yang tersedia.
  3. Jika anda sudah menemukannya, maka klik kanan pada nama aplikasi tersebut dan pilih Uninstall.
  4. Cari data entry yang berhubungan dengan aplikasi yang anda hapus tersebut dan lakukan penghapusan juga agar benar-benar terhapus sempurna.

Tidak hanya mendukung untuk menghapus aplikasi secara biasa saja, namun juga mendukung uninstall sistem. Tapi, jika anda ingin mencoba fitur tersebut disarankan benar-benar yakin sebab sistem yang terhapus akan susah untuk dikembalikan.

Itulah beberapa cara uninstall aplikasi di windows 10 dengan mudah yang bisa anda coba. Jika tidak memungkinkan menggunakan fitur bawaan Windows, maka daftar aplikasi uninstaller dari pihak ketiga di atas juga bisa anda gunakan. Tapi, pastikan anda menghapus aplikasi yang benar agar tidak mengalami error sistem.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda