4 Cara Mengosongkan Recycle Bin di Laptop Windows

0
32

cara mengosongkan recycle bin di Laptop Windows 10 8 7

Setiap kali anda menghapus file di Laptop Windows, maka file tersebut akan masuk ke recycle bin. Karena masuk ke recycle bin dan tidak terhapus permanen, maka ruang kosong di Hardisk Laptop tidak akan bertambah. Jika kapasitas Hardisk anda sudah hampir penuh, maka silahkan mengosongkan recycle bin di Laptop Windows yang digunakan.

Recycle bin memang merupakan tempat sampah Windows yang menampung semua file yang sudah anda hapus, kecuali yang langsung dihapus permanen. File dapat langsung dihapus permanen dengan cara menekan tombol Shift di Keyboard saat menghapus file tersebut. Kalau langsung dihapus permanen, maka file tersebut tidak akan singgah dulu ke recycle bin.

Namun, kalau anda hanya menghapus file dengan cara biasa, maka sebenarnya file tersebut belum terhapus dari Hardisk anda dan hanya masuk ke recycle bin. Akibatnya ruang kosong pada kapasitas Hardisk tidak akan berubah karena file tersebut masih ada. Agar semua file yang ada di recycle bin dapat terhapus permanen, maka anda harus mengosongkannya. Kalau anda sudah mengosongkan recycle bin, maka penyimpanan Laptop akan lebih lega.

Cara Mengosongkan Recycle Bin di Laptop Windows

Sebenarnya tujuan adanya recycle bin adalah jika suatu saat anda ingin mengembalikan file yang sudah dihapus. Jadi, file yang anda hapus tidak langsung dibuang untuk selamanya, tapi masuk ke tempat sampah terlebih dahulu.

Tetapi, kalau semua file yang sudah dihapus tidak ingin dikembalikan lagi, maka anda bisa mengosongkan recycle bin agar penyimpanan Laptop menjadi lebih lega. Untuk melakukan pengosongan recycle bin ini bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut.

1. Kosongkan Recycle Bin Menggunakan Icon di Desktop

Setiap Windows secara default akan menampilkan icon recycle bin di desktop, baik itu pada Windows 7, Windows 8.1, ataupun Windows 10. Jadi, pastikan anda tidak menghilangkan recycle bin di desktop jika ingin menggunakan cara ini.

Baca Juga :
6 Cara Membuka / Menampilkan Recycle Bin pada Windows 10

Untuk mengosongkan recycle bin dengan cara ini sangat mudah, silahkan klik kanan pada icon Recycle Bin yang ada di desktop Windows. Kemudian, pada pilihan yang muncul, silahkan klik Empty Recycle Bin untuk mengosongkannya.

kosongkan recycle bin di desktop Windows

Setelah anda melakukan langkah di atas, maka recycle bin Laptop atau Komputer Windows yang digunakan akan menjadi kosong.

2. Kosongkan Recycle Bin Melalui File Explorer

Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengosongkan recycle bin melalui File Explorer Windows. Cara ini bisa anda lakukan jika icon recycle bin tidak muncul di desktop.

Untuk melakukan cara ini, silahkan buka File Explorer terlebih dahulu. Kemudian, silahkan anda membuka direktori recycle bin pada File Explorer Windows. Anda bisa membukanya dengan cara klik icon > pertama yang ada di address bar File Explorer, kemudan klik Recycle Bin.

buka direktori recycle bin Windows

Setelah direktori recycle bin terbuka, maka akan terlihat semua daftar file yang sudah anda hapus tapi belum terhapus permanen. Untuk mengosongkan recycle bin, maka silahkan klik kanan pada direktori tersebut kemudian klik Empty Recycle Bin.

kosongkan recycle bin lewat File Explorer

Setelah itu, semua file yang ada dalam direktori recycle bin akan hilang dan recycle bin akan kembali kosong.

3. Kosongkan Recycle Bin Menggunakan Disk Clean-up

Cara lainnya yang bisa anda gunakan jika ingin mengosongkan recycle bin di Laptop Windows adalah dengan menggunakan Disk Cleanup. Cara ini sangat cocok digunakan jika anda juga ingin membersihkan file sampah di Laptop Windows sekaligus.

Untuk melakukan cara ini, silahkan anda membuka program Disk Cleanup terlebih dahulu. Caranya adalah silahkan klik tombol Start di Windows, kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci “disk cleanup”. Kemudian, silahkan klik Disk Clean-up pada hasil pencarian yang muncul untuk membukanya. Setelah terbuka, maka silahkan pilih drive yang ingin dibersihkan, misalnya drive C.

Baca Juga :
3 Cara Menghilangkan Recycle Bin Desktop Windows 10,8,7

Kemudian akan muncul jendela yang menampilkan apa saja yang bisa dibersihkan. Untuk mengosongkan recycle bin, maka pastikan anda mencentang bagian Recycle Bin kemudian klik Ok.

cara mengosongkan recycle bin di Laptop Windows

Setelah itu, proses pengosongan recycle bin akan berlangsung, jadi tunggu saja hingga selesai. Kalau sudah selesai, maka jendela tersebut akan tertutup secara otomatis.

Sayangnya, jika anda menggunakan cara ini maka yang dikosongkan hanyalah dari partisi yang dipilih. Jadi, pastikan anda melakukan hal yang sama pada partisi D, E, dan lainnya.

4. Kosongkan Recycle Bin Menggunakan CMD

Selain dengan metode klik-klik, anda juga bisa kosongkan recycle bin dengan menggunakan perintah Command Prompt atau CMD. Tentu anda sudah tahu bahwa CMD bisa digunakan untuk apa saja, termasuk mengosongkan recycle bin Windows.

Untuk melakukan cara ini, maka silahkan anda membuka CMD di Laptop Windows yang digunakan terlebih dahulu. Setelah terbuka, silahkan ketik perintah rd /s /q %systemdrive%\$Recycle.bin kemudian tekan Enter di Keyboard.

cara mengosongkan recycle bin di Laptop Windows

Kalau sudah, maka file yang ada dalam direktori recycle bin akan terhapus permanen.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan jika ingin mengosongkan recycle bin agar penyimpanan Laptop menjadi lebih banyak ruang kosong. Anda bisa melakukan cara-cara di atas pada Windows 7, Windows 8.1, atapun Windows 10. Pastikan anda hanya melakukan pengosongan ini jika sudah tidak ada lagi file dalam recycle bin yang ingin dikembalikan.

BERKOMENTAR

Tuliskan komentar anda!
Masukkan nama anda