Ketahui Perbedaan eMMC dan SSD Sebelum Membeli

3607

Perbedaan eMMC dan SSD yang harus diketahui

Media penyimpanan merupakan salah satu bagian yang sangat penting dan tidak boleh terlupakan pada sebuah Laptop. Tanpa adanya sebuah penyimpanan, maka sebuah laptop tidak akan dapat anda gunakan. Mulai dari sistem operasi hingga data berupa dokumen, foto, video, dll semuanya akan tersimpan dalam sebuah komponen yang disebut media penyimpanan.

Ada beberapa jenis media penyimpanan yang bisa digunakan pada Laptop, misalnya HDD, SSD, eMMC, dll. Pada saat melakukan pemasaran, pihak produsen laptop biasanya akan mencantumkan jenis dan kapasitas media penyimpanan pada bagian promosi. Hal ini tentu saja dilakukan untuk menarik hati pembeli. Namun, kebanyakan pembeli hanya akan memperhatikan ukuran dari media penyimpanan yang terdapat pada Laptop tersebut, tanpa memperhatikan jenis penyimpanan yang digunakan. Padahal, penggunaan jenis media penyimpanan yang berbeda tentu saja akan membuat kinerja Laptop juga akan berbeda secara kesluruhan.

Jika sebelumnya sudah dibahas terkait perbedaan HDD dan SSD sebagai media penyimpanan pada Laptop, maka pada artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan eMMC dan SSD. Dengan demikian anda bisa memilih media penyimpanan mana yang harus digunakan pada Laptop yang akan dibeli.

Apa Itu Penyimpanan eMMC?

Pada saat sekarang ini dibutuhkan penyimpanan yang sangat besar, tidak terkecuali pada Ponsel. Dimana pada ponsel tidak cukup lagi jika hanya menggunakan penyimpanan internal untuk menyimpan data. Pada umumnya, ponsel saat ini menggunakan SD Card sebagai penyimpanan eksternal. Tetapi, sebelum adanya penyimpanan SD, maka terdapat penyimpanan eksternal yang cukup populer yang disebut dengan MMC. Jika anda pernah menggunakan ponsel Nokia Symbian generasi awal, maka anda pasti tidak asing dengan MMC yang digunakan sebagai kartu penyimpanan eksternal saat itu.

Penyimpanan MMC yang merupakan singkatan dari Muli Media Card adalah penyimpanan eksternal yang merupakan generasi pendahulu dari penyimpanan Secure Digital (SD Card) yang banyak digunakan saat ini. Jika MMC sudah digantikan oleh SD, apakah MMC sudah punah?. MMC masih belum punah dan masih digunakan hingga saat ini. Akan tetapi tidak lagi sebagai penyimpanan eksternal, MMC lebih sering ditemukan tertanam/tersolder ke Motherboard (embedded).

MMC yang tertanam pada Motherboard inilah yang menjadi asal mula eMMC yang merupakan singkatan dari embedded Multi Media Card. Penyimpanan eMMC biasanya ditemukan pada ponsel, tablet ataupun laptop yang memiliki ukuran kecil. eMMC menggunakan NAND flash memory yang merupakan konsep serupa yang digunakan pada flashdrive, kartu SD dan SSD.

Perbedaan eMMC dan SSD

Meskipun menggunakan konsep yang sama, yaitu sama-sama menggunakan NAND flash memory, tetapi perbedaan eMMC dan SSD bisa dikatakan sangat menonjol. Kecepatan eMMC versi 5.1 saat ini sudah mencapai 400MB/s, angka ini setara dengan kecepatan rata-rata SATA SSD. Namun, bukan sekedar kecepatan saja yang mempengaruhi performa penyimpanan. eMMC biasanya beroperasi dengan gerbang memori yang lebih sedikit dibanding SSD, artinya keduanya bisa memindah file dengan kecepatan yang sama, tetapi dalam volume yang berbeda. Perbedaan ini akan terlihat sangat jelas ketika anda mengoperasikan banyak file atau software sekaligus. Dimana akan terjadi penurunan kecepatan yang signifikan pada eMMC. Jadi, salah satu perbedaan eMMC dan SSD adalah dari segi penggunaan gerbang memori.

Jika dianalogikan seperti jalan raya, maka eMMC merupakan jalan pertama yang hanya memiliki satu jalur. Sedangkan SSD adalah jalan kedua yang memiliki banyak jalur yang bisa digunakan sekaligus. Jika jumlah mobil yang lewat hanya sedikit, maka tidak akan ada masalah pada jalan pertama dan kedua. Tetapi, jika mobil yang lewat berjumlah ratusan atau ribuan, maka pada jalan pertama yang hanya satu jalur akan mengalami kemacetan, sementara pada jalan kedua akan tetap lancar karena banyak jalur yang bisa dilalui pada waktu bersamaan.

Tidak hanya itu saja, kecepatan baca PCIe SSD yang terbaru sudah mencapai 3,2GB/s. Angka ini menunjukkan potensi kecepatan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan eMMC yang saat ini hanya 400MB/s. Tetapi, jika dibandingkan dari sisi harga maka anda akan menemukan eMMC lebih murah dibanding SSD.

Kesimpulan Perbedaan eMMC dan SSD

Setelah membaca ulasan diatas, maka seharusnya anda sudah dapat menyimpulkan perbedaan kedua jenis penyimpanan tersebut. Selain itu, anda juga sudah bisa menentukan pilihan media penyimpanan mana yang harus digunakan pada Laptop.

Keunggulan eMMC pada perangkat kecil

eMMC:

  • Memiliki harga lebih murah dibanding SSD, tetapi kecepatan kerja rata-rata juga lebih pelan dari SSD.
  • Lebih pas jika digunakan untuk file-file kecil dan kerja ringan seperti browsing atau mengedit dokumen.
  • Biasa ditemukan di smartphone, tablet, atau laptop ukuran kecil.
  • Kapasitas eMMC umumnya tidak terlalu besar, biasanya sekitar 32GB, 64GB, 128GB dan 256GB.

SSD:

  • Cocok untuk kerja dengan software berat seperti After Effect, Premiere dan sekelasnya.
  • Kapasitas maksimal SSD lebih besar dibanding eMMC, umumnya antara 128GB sampai 4TB.
  • Harga dari SSD bervariasi. SATA SSD memiliki harga yang lebih murah dibanding PCIe SSD. Tapi rata-rata kecepatan baca tulis SATA SSD lebih pelan daripada PCIe SSD.

Jadi pada kesimpulannya, SSD masih lebih unggul dari eMMC dari segi kecepatan. Jadi, haruskah menghindari dan tidak menggunakan eMMC?. Tidak juga, ada sektor yang akan bagus ketika menggunakan eMMC, misalnya saja pada ponsel, tablet atau laptop yang memiliki ukuran kecil. Selain itu, jika anda ingin menggunakannya pada Laptop sebaiknya hanya digunakan untuk pekerjaan ringan. Sebaliknya, jika kebutuhan anda menggunakan laptop untuk pekerjaan berat seperti main game, edit video, dan pekerjaan berat lainnya maka sebaiknya menggunakan penyimpanan SSD.

ARTIKEL TERKAIT

8 KOMENTAR

  1. KALAU LAPTOP YANG GK ADA SSD NYA BISA GK YA PASANGIN SSD?
    SPEK LAPTOP ASUS WIN10 ORI, INTEL I3, NVIDIA 2GB, RAM 4G. DAN KIRA-KIRA APA EFEKNYA?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here